close

Jangkrik Berkembang Biak Dengan Cara…

Jangkrik Berkembang Biak Dengan Cara – Saat duduk di bangkus sekolah, tentunya kita sering mempelajari Bab mengenai metamorfisis yang terjadi pada beberapa hewan.

Daur hidup merupakan sebuah keadaan dimana setiap mahluk hidup akan mengalami masa pendewasaan disepanjang hidupnya seperti yang terjadi pada beberapa hewan yang memulai daur hidup dari telur hingga dewasa.

Namun tahukan kamu, setiap mahluk hidup memiliki daur hidup yang berbeda-beda? Semua mahluk hidup tentunya akan melewati proses daur hidup, namun tidak semuanya dapat mengalami metamorfsis.

Definisi Metamofrosis

Metamorfosis adalah sebuah proses daur hidup pada hewan yang mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya secara bertahap mulai dari lahir hingga dewasa. Contoh hewan yang mengalami metamorphosis adalah katak, kupu-kupu hingga jangkrik, baca daur hidup katak untuk mengetahui metamorfosis katak.

Metamorfosis sendiri terbagi menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Jangkrik sendiri merupakan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna karena hanya memiliki 3 tahapan perubahan saja dalam hidupnya.

Untuk membedakan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna dapat anda ketahui melalui definisi metamorfosis berikut ini

Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna merupakan sebuah tahapan daur hidup hewan yang melewati 4 proses, yaitu dari Telur -> Larva -> Pupa -> Imago atau dewasa.

Pos Terkait:  Lebah Berkembang Biak Dengan Cara...

Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna ialah kupu-kupu, katak nyamuk dan lalat

Metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis tidak sempurna merupakan merupakan sebuah proses pertumbuhan hewan yang hanya mengalami 3 proses saja, yaitu dari Telur -> Larva -> Imago Imago atau Dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna biasanya terkihat dari bentuk tubuhnya saat masih larva yang cenderung tidak jauh berbeda dengan induknya, namun hanya terdapat beberapa bagian tubuh yang belum berkembang secara sempurna. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna ialah Capung, kecoa, belalang dan jangkrik.

Sebetulnya dalam artikel ini kami hanya akan membahas mengenai daur hidup jangkrik saja, guna untuk menjawab pertanyaan “Katak berkembang biak dengan cara…?”

Tentunya pertanyaan sederhana diatas akan terasa sangat sulit dijawab jika kita tidak mengathui proses reproduksi jangkrik dengan baik.

Untuk itu kami akan membahas materi tersebut disisi guna untuk membantu adik-adik sekalian dalam menyelesaikan soal-soal ujian. Berikut penjelasan mengenai proses reproduksi jangkrik dan daur hidup jangkrik yang tergolong metamorfosis tidak sempurna.

Daur Hidup Jangkrik

Jangkrik berkembang biak dengan cara bertelur, proses reproduksi dengan bertelur ini lebih dikenal dengan nama Ovipar.

Pos Terkait:  Hydra Berkembang Biak Dengan Cara...

Cara berkembang biak jangkrik dengan Ovipar ini terbukti dari proses daur hidupnya yang dimulai dari Telur, kemudian telur tersebut akan menetas dan memasuki tahap nimfa atau arva, setelah memasuki tahapan nimfa seekor jangkrik akan berkembang menjadi jangkrik dewasa dan siap untuk kawin dan menghasilkan generasi jangkrik yang baru dengan siklus yang sama.

Perkembangbiakannya sendiri terjadi setelah jangkrik jantan dan betina kawin, kemudian jangkrik betina yang siap untuk bertelur akan meletakkan telurnya di dalam pasir dengan kedalaman 1 sampai 2 cm.
Jika suhu didalam tanah/pasir tersebut stabil maka telur jangkrik akan dapat berkembang dengan baik sampai siap menetas. Setelah melewati kurang lebih 12 hari didalam pasir, biasanya telur-telur jangkrik akan menetas dan menjadi larva jangkrik secara bersamaan.

Ketika bayi-bayi jangkrik sudah menetas, mereka akan berkeliaran secara terpisah. Pada proses ini seleksi alam pun akan terjadi, bayi-bayi jangkrik yang bisa bertahan hidup merupakan jangkri-jangkrik yang bisa mencari makan sendiri.

Dalam fase ini juga jangkrik akan melewati 8 kali pergantuan kulit seiring dengan berkembangnya jangkrik-jangkrik tersebut hingga dewasa dan siap untuk berkembang biak.

Lihat juga :

Demikianlah pembahasan kali ini yang mengkaji tentang proses reproduksi atau daur hidup jangkrik. Semoga bermanfaat.