close

Planaria Berkembang Biak Dengan Cara…

Planaria Berkembang Biak Dengan Cara – Planaria merupakan hewan yang termasuk kedalam spesies “Filum Platyhelminthes” dari Kelas “Turbellaria”.

Hewan ini merupakan hewan “triploblastik aselomata” dengan bentuk tubuh yang simetri bilateral dan hidup di habitat air tawar yang jernih, terestrial dan perairan laut.

Dalam atikel kali ini kita akan mengkaji materi seputar reproduksi yang dialami oleh planaria. Informasi ini tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar siswa-siwai yang duduk di bangku sekolah terutama bagi mereka yang sedang mempelajari proses reproduksi mahluk hidup.

Pembahasan

Planaria dapat berkembang biak secara aseksual dengan fragmentasi, dapat pula berkembang biak secara seksual dengan pembentukan gamet.

Secara garis besar, Planaria berkembang biak dengan cara Fragmentasi. Fragmentasi merupakan pemutusan bagian-bagian tubuh. Terjadinya perkembangbiakan planaria dengan cara Fragmentasi ini terjadi ketika tubuhnya mencapai ukuran yang normal maka tubuh planaria akan terbagi menjadi beberapa bagian secara spontan.

Setiap bagian tubuh planaria yang terpotong ini akan berkembang menjadi planaria dewasa, lalu proses tersebut akan kembali terulang.

Adapun klasifikasi ilmiah dari hewan planaria ialah sebagai berikut :

Kerajaan : Animalia
Filum : Platyhelminthes
Kelas : Rhabditophora
Ordo : Tricladida

Perlu diketahui, Fragmentasi merupakan proses reproduksi aseksual pada planaria. Sedangkan proses reproduksi seksual planaria (sexual strain) ialah dengan membentuk organ reproduksi yang berkembang pasca masa embrional.

Pos Terkait:  Jahe Berkembang Biak Dengan Cara...

Planaria yang sudah memasuki usia matang (dewasa) mempunyai sistem reproduksi jantan dan betina, dimana keduanya bersifat monoecious (hermafrodit). Testis dan ovarium Planaria berkembang dari sel-sel formatif.

Untuk proses reproduksi seksual planaria sendiri dilakukan dengan cara dua planaria (Jantan dan betina) saling melekat pada sisi ventral-posterior dari bagian tubuhnya dan terjadilah kopulasi (cross fertilisasi). Dengan begitu,  sepasang Planaria akan saling bertukar produk seks antara dua planaria yang berbeda.

Sedangkan individu Planaria yang bereproduksi secara aseksual (asexual strain) cenderung gagal membentuk organ reproduksi sehingga mutlak bereproduksi melalui pembelahan transversal

Kesimpulan

Jadi jika kalian menjumpai soal (Planaria berkembang biak dengan cara…) maka jawaban yang tepat bukanlah Ovipar, Vivipar apalagi Ovovivipar, melaikan berkembang biak dengan cara Fragmentasi seperti yang telah dijelaskan diatas.

Lihat Juga :

Itulah pembahasan mengenai cara berkembang biak Planaria yang bisa kami rangkum penjelasan singkatnya dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.