close

Kecoa Berkembang Biak Dengan Cara…

Kecoa Berkembang Biak Dengan Cara – Layaknya serangga pada umumnya, Kecoa juga memiliki siklus hidup yang akan melewati beberapa proses instar (perkembangan) dalam tahap perkembangan kehidupan.

Bagi sebagian jenis kecoa sering terlihat sedikit berbeda dalam proses perkembangbiakannya dimana akan berjalan lebih cepat dari biasanya.

Dengan memahami siklus hidup kecoa, tentunya anda dapat sesegera mungkin untuk mencegah daur hidup kecoa secara terus-menerus. Dengan begitu kita bisa mencegah penenyebar dan perkembangbiakannya, serta meminimalkan masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh serangga menjijikan ini.

Disisi lain, informasi mengenai cara berekmbang biak kecoa juga harus dipahami bagi murid-murid yang duduk di bangku SD, SMP maupun SMA terutama bagi mereka yang sedang mempelajari ilmu biologi. Berikut penjelasan mengenai Perkembang biakan Kecoa.

Cara Berkembang Biak Kecoa

Kecoa berkembang biak dengan melalui proses metamorfosis tidak sempurna, yaitu dengan cara bertelur. Dengan kata lain, kecoa berkembang biak dengan cara Ovovar. Namun bagi sebagian kecil lainnya kerap ditemukan juga kecoa yang berkembang biak dengan cara Ovovivipar.

Meski begitu, semua jenis kecoa berkembang dengan menyelesaikan siklus hidup yang terdiri dari tiga tahap berbeda, yaitu:

  • Telur (ootheca)
  • Nimfa
  • Kecoa dewasa
  • Telur (ootheca)
Pos Terkait:  Kucing Berkembang Biak Dengan Cara...

Setelahterjadinya perkawinan sepasang kecoa, kecoa betina akan menghasilkan telur yang berbentuk kapsul yang dikenal dengan sebutan ootheca.

Setiap spesies kecoa pasti memiliki bentuk telur (ootheca) yang berbeda. Hal ini seringkali digunakan sebagai alternatif dalam melakukan identifikasi jenis spesies kecoa tertentu. Sedangkan untuk jumlah telurnya sendiri cenderung bervariasi dan tergantung dari spesies kecoa terseut.

Nimfa

Setelah perkembangan yang terjadi di dalam telur selesai, nimfa akan berusaha untuk keluar dari ootheca-nya. Kecoa muda akan lahir dan melewati beberapa tahap, salah satunya ialah dengan moulting (berganti kulit) setelah kecoa muda berganti kulit, mereka akan tumbuh menjadi lebih besar hingga mulai terlihat seperti kecoa dewasa.

Meski sudah terlihat dewasa, namun nimfa atau kecoa muda tidak matang secara seksual, disisi lain, mereka belum memiliki sayap yang sepenuhnya terbentuk.

Jika terdapat sayap pada spesies tertentu, itu artinya nimfa kecoa tersebut masih akan tetap mengembangkan bantalan sayap pada tahapan selanjutnya.

Proses ganti kulit pada nimfa kecoa

Ninfa kecoa akan berganti kulit selama beberapa kali dalam siklusnya hingga ia benar-benar menjadi kecoa dewasa, dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai tahap dewasa juga cenderung bervariasi.

Pos Terkait:  Strawberry Berkembang Biak Dengan Cara...

Kecoa muda yang baru saja berganti kulit akan ditandai dengan warna kulit yang warnanya keputihan, namun akan segera menjadi lebih gelap dalam beberapa jam saja. Karena warnanya yang putih saat berganti kulit, maka banyak orang yang mengira bahwa mereka sebagai jenis kecoa albino.

Kecoa dewasa

Setelah kecoa mencapai tahap atau usia dewasa, mereka akan memiliki sayap dan antena yang sepenuhnya berkembang. Kecoa dewasa juga di tandai dengan kesiapan mereka untuk berkembang biak atau bereproduksi.

Lihat juga :

Demikianlah penjelasan mengenai proses reproduksi atau cara berkembang biak kecoa yang bisa kami rangkum informasinya disini. Semoga bermanfaat.