close

Ular Berkembang Biak Dengan Cara…

Ular berkembang biak dengan cara – Ada banyak sekali jenis-jenis ular yang hidup di dunia, setidaknya ada 2000 spesies lebih ular hidup dan tersebar di penjuru dunia. Meski terlihat menakutkan serta memiliki bisa yang sangat mematikan (Bagi sebagian jenis), namun banyak juga orang-orang yang suka dan mengkoleksi berbagai jenis ular.

Namun tahukah kamu “bagaimana cara berkembang biak seekor ular?” Tentunya informasi mengenai daur hidup ular sangat bermanfaat untuk diketahui bagi setiap orang, terlebih lagi bagi siswa/siwsi yang duduk di bangku sekolah dan sedang mempelajari proses perkembangbiakan hewan. Selain bisa menambah pengetahuan informasi ini juga bisa bermanfaat dalam mempertahankan ekosistem ular agar tetap eksis tanpa mengalami kepunahan.

Disisi lain ular juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, selain dapat membasmi hama tikus, ular juga dapat berguna untuk menyembuhkan asma, penyakit kulit, hingga penyakit diabetes sekalipun.

Dengan memelihara dan membudidayakan ular sebagai koleksi dan juga sebagai bahan kebutuhan tersebut dengan pengetahuan mengenai daur hidup ular dengan baik, maka kita tidak akan mengurangi populasinya. Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana proses reproduksi ular, berikut kami rangkum penjelasannya untuk anda.

Pos Terkait:  Ayam Berkembang Biak Dengan Cara...

Cara Berkembang Biak Ular

Seperti yang kami kutip dari Live science (Seorang peneliti dari Utah state university), bahwasanya masih banyak orang yang belum mengetahui perkembang biakan serta system reproduksi ular.

Namun kami akan menjelaskan bagaimana proses reoproduksi ular dengan penjelasan yang singkat berdasarkan sejumlah riset yang akan berguna bagi anda yan sedang mempelajari daur hidup hewan yang satu ini. Silahkan lanjut baca.

Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh para Reptiler (pecinta reptile) mengenai cara berkembangbiak ular. Kebanyakan dari mereka menemukan fakta bahwa ada sekitar 70% dari total spesies ular yang tersebar di dunia yang berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar seperti ular rumput, ular kobra, ular mamba, dan ular tikus dan lain sebagainya.

Ketik waktu mereka untuk bertelur sudah tiba, biasanya ular betina akan mencari lubang-lubang atau batang pohon yang sudah hancur untuk dijadikan sebagai tempatnya bersarang.

Proses Reproduksi Ular

Layaknya hewan pada umumnya yang kawin dengan melalui proses seksual, ular juga berkembang biak dengan sistem perkawinan antara pejantan dan betinanya. Dalam perkembangbiakan ular, pejantan ular akan berusaha keras agar betinanya mau membuka kloaka sehingga keduanya bisa kawin.

Pos Terkait:  Burung Bernapas Dengan...

Namun terkadang pejantan ular akan memaksa ular betina dengan mencekik betinanya hingga memicu stress yang nantinya akan membuka kloaka untuk mengeluarkan kotoran, lalu pejantan akan kawin dengan ular betina meskipun dengan cara licik.

Perlu kita ketahui, bahwa hampir seluruhnya dari jenis ular memiliki masa perkembang biakan yang tidak banyak, para ular biasanya akan berkembang biak sebanya sekitar 1 sampai 2 kali dalam satu tahun. Bukan tanpa alasa, hal ini dilakukan supaya ular betina memiliki umur yang panjang.

Ular yang berkembang biak dengan cara melahirkan

Selain bertelur, ular juga bisa berkembang biak dengan cara melahirkan. Proses berkembang biak dengan cara ini kerap disebut sebagai Vivipar (Sebuah proses perkembang biakan hewan melalui cara melahirkan).

Beberapa spesies ular yang berkembang biak dengan cara vivipara ialah ular Boa constrictors, dan Ular Anaconda. Untuk spesies ular yang berkembang biak dengan cara ini biasanya dilakukan oleh para betinanya dengan robeknya Plasenta pada perut ular betina secara otomatis. Hal ini dilakukan sebagai jalan untuk bayi ular lahir. Cara ini hamper sama, layaknya manusia yang sedang dalam proses melahirkan melalui cara sesar.

Ular yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan

Pos Terkait:  Kuda Laut Berkembang Biak Dengan Cara...

Meski kebanyakan ular melahirkan dengan cara bertelur, namun untuk beberapa spesies ular juga bisa berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan. Proses reproduksi yang satu ini disebut sebagai Ovovivipar, yaitu proses berkembang iak dengan cara bertelur dan melahirkan.

Secara teknis, proses perkembang biakan dengan cara ini dilakukan oleh ular dengan cara bertelur terlebih dahulu. Setelah bertelur, lalu ular betina akan menahan telurnya di dalam perut mereka untuk dierami.

Lalu telur-telur tersebut akan menetas didalam perut induknya dan induk ular akan mengelurkan bayi-bayi mereka setelah menetas. Kebanyakan spesies ular yang berkembang biak dengan cara ini ialah spesies ular yang memiliki bisa di dalam tubuhnya.

Lihat juga :

Demikianlah penjelasan mengenai cara berkembang biak ular. Semoga bermanfaat