close

Cara Melihat Password Yang Tersimpan di Google Chrome

Selain Firefox, Google Chrome sering digunakan untuk membuka internet. Begitu juga untuk membuka e-mail atau akun lainnya. Namun pengguna harus berhati-hati karena ada cara melihat password di Chrome yang bisa saja digunakan oleh orang asing.

Banyak orang yang sengaja menyimpan password akun mereka di Google Chrome. Hal ini sah saja apa jika perangkat yang digunakan milik sendiri. Pengguna sengaja membiarkan karena akan memudahkan untuk membukanya kembali di lain waktu.

Pengelolaan Password Pada Chrome

Google Chrome sendiri memang memiliki pengelolaan terutama pada password. Biasanya Google meminta kombinasi password yang kuat agar tidak mudah dilacak orang lain meskipun tersimpan. Ini adalah salah satu upaya dari Google untuk melindungi data pengguna.

Bagi pengguna yang ingin membuat akun baru biasanya harus mengisi password yang akan digunakan. Password tersebut akan masuk ke dalam pengelolaan password. Dalam pengelolaan ini, pengguna dapat menggunakannya untuk beberapa hal, antara lain:

1. Menyarankan Password

Pengguna yang ingin membuat password biasa disarankan untuk membuat password yang unik dan sulit ditebak. Contohnya dengan menggabungkan huruf kapital, angka dan simbol lainnya. ini bertujuan untuk menghindari adanya penyusup ke dalam akun.

Pos Terkait:  Cara Mengaktifkan USB Debugging Lewat PC dengan Mudah

2. Memberi Notifikasi Keamanan Password

Kesalahan atau keteledoran pengguna dalam menyimpan password bisa berakibat fatal. Bisa saja password disebar melalui internet atau media sosial lainnya. Jika sampai hal ini terjadi maka pengelola password akan langsung otomatis mengubah password.

3. Membantu Blokir

Setiap password yang dibuat dan disimpan sudah otomatis didukung dengan layanan keamanan yang diberikan oleh Google. Layanan keamanan menggunakan enkripsi. Dengan adanya layanan ini juga jika ada akses yang mencurigakan maka akan secara otomatis diblokir.

Dengan menggunakan pengelolaan password selain untuk membuat password yang unik dan melindungi kata sandi juga untuk memudahkan mengisi kolom password. Bisanya pada akun yang sudah tersimpan akan langsung terisi otomatis passwordnya.

Cara Melihat Password di Chrome

Banyak pengguna yang sengaja membiarkan passwordnya tersimpan di dalam Google dengan alasan agar lebih cepat. Hal ini tentunya akan membuat pengguna menjadi lupa akan password yang bisa digunakan.

Apalagi mengingat kadang kala perangkat digunakan oleh orang dan cara ini bisa disalah gunakan. Pada dasarnya cara ini biasa digunakan untuk membantu pengguna jika mengalami kesulitan dalam login ke akun yang diinginkan. Begini caranya:

  • Buka Chrome.
  • Pilih logo Google yang ada di kanan atas.
  • Cari menu kata sandi atau password. Biasanya menggunakan logo kunci.
  • Pilih dan pengguna akan diarahkan ke pengelolan password di Chrome.
  • Pada kolom cari kata sandi, harus diisi dengan kata kunci yang berkaitan dengan nama pengguna atau web yang digunakan.
  • Jika sudah diisi maka akan secara otomatis muncul daftar layanan beserta nama pengguna dan password yang digunakan.
  • Klik pada gambar seperti mata yang terbuka untuk meminta Chrome menampilkan passwordnya.
  • Ketik password tersebut di akun Windows dan tekan OK.
  • Secara langsung password yang awalnya tersembunyi akan muncul dan terlihat.
Pos Terkait:  4 Cara Mencari Kantor Anteraja Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Untuk cara melihat password di Chrome ini bisa menggunakan perangkat apa saja yang dimiliki. Bisa melalui PC, Tab atau bahkan HP. Jika ingin dari HP sebaiknya ubah tampilan menjadi tampilan desktop agar mudah untuk mengaksesnya.

Di atas adalah cara melihat password di Chrome dengan mudah. Untuk lebih amannya ada baiknya untuk tidak terlalu banyak menyimpan password di Chrome agar menghindari tindakan yang tidak diinginkan. Disarankan untuk memperbaharui password secara berkala.