close

Cara Menghapus Video Yang Sudah di Download di VIU

Memori handphone yang berkurang membuat hp lemot. Hal ini terjadi jika menyimpan dan mengunduh file dari aplikasi. File yang besar dapat berupa video dari aplikasi seperti pada aplikasi Viu. Lantas bagaimana cara menghapus video di Viu?

Aplikasi tonton video ini menyediakan video untuk dilihat secara offline, sehingga video perlu diunduh terlebih dahulu. Mengingat hal ini dapat memenuhi memori, maka perlu menghapus video di Viu agar hp tidak lemot. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Baca juga: Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Video di Viu

Aplikasi Viu termasuk dalam aplikasi hiburan yang menyediakan berbagai video sesuai minat penggunanya. Video yang disediakan berupa film movie, drama Indonesia, drama Korea, dan lainnya. Biasanya peminat penonton Indonesia berdasarkan survei cenderung pada konten terbaru.

Beruntungnya, Viu memang menyediakan film terbaru. Bagi penonton drama Korea, Viu termasuk yang terkenal dengan drama Koreanya. Namun bagi yang ingin melihat televisi dapat menikmati fasilitas televisi kawasan Asia, dan bahkan termasuk siaran langsung di menu On-Air.

Melihat Viu yang menyediakan fitur televisi dapat dipahami bahwa tidak selamanya Viu memenuhi memori hp penggunanya. Namun, bagi yang sangat perlu menghemat data untuk streaming, Viu menyediakan menonton secara offline tanpa iklan jika unduh videonya.

Baca juga: Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan USB/Kabel Data Biasa

Keunggulan menonton secara offline, sayangnya berisiko penuhnya memori. Karenanya, pengguna Viu perlu bijak mengunduh video. Ada juga masa percobaan selama 30 hari bagi pengguna baru. Setelahnya, bisa memutuskan lanjut atau tidak dalam berlangganan.

Pos Terkait:  Ketahui Cara Kerja IoT (Internet of Things) dan Unsur-unsurnya

Ketika pengguna berlanjut berlangganan video di Viu dapat menyediakan biaya sebesar 30 ribu rupiah per 1 bulan, dan Rp. 75.000 untuk 3 bulan. Namun bisa juga disesuaikan kebutuhan. Fitur yang dijelaskan sebelumnya jelas dapat digunakan sepuasnya.

Cara  Menghapus Video di Viu

Ada beberapa saran agar penonton tetap nyaman ketika melihat video di Viu. Permasalahan seperti penuhnya memori dapat diatasi dengan menghapus dan mendapatkan momen melihat video. Setelah selesai menonton apalagi secara offline, jangan ragu untuk menghapusnya.

Bagi pengguna premium dengan masa coba 30 hari juga perlu memperhatikan saran tersebut. Kecuali memang perlu memanfaatkan masa uji coba dengan kapasitas memori mendukung. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Membersihkan Memori

Saran ini memang sedikit lebih rumit, namun rekomendasi lainnya, dapat menggunakan memori tambahan. Mengingat memori tambahan jika hanya digunakan sekedar untuk Viu agaknya perlu menyortir file.

Kecuali android dapat menambah memori dari internalnya sendiri. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan memori sebagai berikut.

  • Buka folder pengelola file.
  • Pilih file gambar atau video yang tidak perlu disimpan di android.
  • Kemudian, pilih hapus atau unggah file. Jika unggah file, pilih google drive. Pastikan jika unggah, sudah tersambung data.
  • Setelah file terunggah di google drive, hapus file yang masih tersimpan di android.
Pos Terkait:  Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

2. Menghapus Video di Viu

Cara menghapus video di Viu dapat dilakukan di aplikasinya langsung. Tapi bukan berarti menghapus aplikasinya langsung. Biasanya, akan berpikir lebih efektif dengan cara seperti ini.

Namun perlu diingat bahwa sebelum menggunakan Viu telah mendaftarkan akun. Berikut langkah hapus video di aplikasi Viu:

  • Buka aplikasi dan klik menu akun saya. Tahap awal ini untuk masuk terlebih dahulu ke aplikasi Viu. Setelah login, cari ikon download.
  • Selanjutnya, perlu mengecek video di menu download. Letak menu ini ada di sebelah kiri ikon Setelah mengklik menu download, akan melihat video yang telah diunduh. Pengguna dapat langsung memilih untuk menghapus.
  • Setelah terhapus, maka memori penyimpanan otomatis longgar kembali. Ini memberi kesempatan untuk mengunduh kembali. Namun jika ingin melanjutkan menghapus akun, setelah login, bisa log out dan menyetujui konfirmasi, “Ya, saya ingin keluar.”
  • Kemudian terakhir, dapat menuju menu setting di hp. Kemudian cari dan klik menu kelola aplikasi. Selanjutnya klik Hapus Semua Data. Secara otomatis telah terhapus permanen.

Semua cara menghapus video di Viu tersebut secara umum mudah dilakukan. Apabila sering mencari informasi lamanya putar video, akan lebih bijak menonton dan mengunduh. Dengan begitu, memori penyimpanan tetap aman.