close

Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Pasti banyak yang sering melakukan streaming film kesukaan melalui aplikasi salah satunya VIU. Melalui aplikasi ini, dapat menonton film kesukaan secara online dan dimanapun. Tapi bagaimana jika aplikasi VIU tidak bisa dibuka? Dan kenapa VIU tidak bisa dibuka?

Pengguna pasti sudah tidak asing dengan VIU. Mungkin pengguna pernah mengalami gagal membuka aplikasi streaming film Asia tersebut. Ini ulasan sebab dan cara mengatasi masalah tersebut:

Penyebab VIU Tidak Bisa Dibuka

Banyak sekali alasan yang menjadi penyebab VIU tidak bisa dibuka. Masalah yang timbul, bisa jadi berasal dari sistem VIU itu sendiri atau dari gadget. Hal tersebut sering terjadi, yang disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Maintenance Sistem

VIU secara berkala melakukan perawatan atau maintenance ke sistem aplikasi. Hal ini diperlukan untuk memperbaiki error atau menyempurnakan fitur yang sudah ada di dalam aplikasi.

Tentu saja artinya, aplikasi VIU bisa saja sewaktu-waktu tidak bisa dibuka. Dikarenakan maintenance sistem yang memang dilakukan secara berkala. Meskipun sedikit kurang nyaman, namun harus bisa bersabar menahan ketidaknyamanan ini.

2. Koneksi Internet yang Jelek

Penyebab kenapa VIU tidak bisa dibuka yang kedua adalah koneksi internet yang jelek. Karena VIU merupakan aplikasi online, tentunya dibutuhkan koneksi internet yang baik. Sehingga, aplikasi bisa dibuka dan berjalan dengan lancar tanpa masalah.

Pos Terkait:  7 Aplikasi Penambah Memori di Smartphone, Wajib Coba!

Koneksi internet jelek tentu membuat loading lama bahkan bisa sampai tidak bisa membuka aplikasi. Tidak hanya VIU tidak bisa dibuka, tapi kinerja aplikasi lain pun menjadi terganggu. Pastikan juga kuota masih ada.

3. Memori Gadget Penuh

Selain dari sistem VIU dan internet, gadget juga bisa menjadi sebab VIU tidak bisa dibuka. Salah satunya yaitu memori gadget yang penuh. Periksalah apakah ini alasan aplikasi VIU tidak bisa dibuka?

Setelah memori penyimpanan dan RAM penuh, sudah jelas performa gadget juga menurun. Karena, memori penuh memberatkan gadget. Hal ini juga berdampak dalam berjalannya sistem untuk membuka aplikasi. Pasti membutuhkan waktu yang lebih lama.

Cara Mengatasi VIU yang Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab aplikasi VIU tidak bisa dibuka, maka saatnya untuk mengatasi masalah tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ulasan cara mengatasi VIU yang tidak bisa dibuka, yaitu:

1. Hapus File dan Aplikasi

Cara pertama, hapus file dan aplikasi yang dirasa tidak lagi dibutuhkan atau tidak penting. Tujuannya adalah untuk mengosongkan memori gadget yang sudah penuh. Untuk mengurangi beban pada gadget.

Bisa memakai bantuan aplikasi cleaner untuk pembersihan. Bersihkan cache, sampah sistem, foto, video yang sudah tidak dibutuhkan. Jika bisa, uninstall aplikasi yang jarang digunakan. Disarankan juga untuk menambahkan SD Card, atau memori tambahan.

Pos Terkait:  Cara Menghapus Video Yang Sudah di Download di VIU

2. Cari Tempat Strategis

Aplikasi VIU tidak dibuka karena koneksi internet jelek? Maka solusinya, carilah tempat strategis dimana terdapat sinyal yang kuat. Usahakan kartu internet yang digunakan memang menjangkau.

Serta bisa juga memanfaatkan jaringan wifi yang umumnya memang lebih stabil. Namun mungkin akan ada kendala lain. Sehingga, harus siap untuk kemungkinan masalah yang akan timbul.

3. Bersabar

Karena sistem VIU sedang diperbaiki atau maintenance, maka hanya harus bersabar. Tunggu hingga proses maintenance VIU ini, serta perbaikan masalah error selesai. Setelah teknisi memperbaikinya, aplikasi VIU bisa digunakan kembali.

Kemudian, bisa memeriksa update informasinya di media resmi VIU. Bisa cek sosial media Instagram atau Facebook resminya. Periksa informasinya, agar tidak ketinggalan infonya.

4. Cari Alternatif Lain

Ingin nonton tapi VIU masih saja belum bisa dibuka? Maka mungkin pengguna bisa mencari alternatif lain. Masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk streaming film. Fiturnya juga tidak kalah keren dengan VIU.

Alternatif lain bisa dijadikan penyelesaian masalah jika aplikasi VIU masih belum bisa dibuka. Untuk sementara saja, jika memang tidak sabar menonton film yang disuka juga bisa ditonton secara alternatif. Nantinya, aplikasi VIU bisa digunakan kembali.

Pos Terkait:  Sound of Text WA yang Keren, Lucu dan Unik Buat Notifikasi

Itulah ulasan tentang sebab kenapa VIU tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Pengguna bisa membuat laporan ke layanan kontak pelanggan jika hal tersebut masih belum teratasi.