close

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri – Semua makhluk hidup tentunya akan melakukan adaptasi guna untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya. Proses adaptasi ini akan dilakukan oleh semua makhluk hidup mulai dari hewan hingga tumbuhan.

Perlu diketahui bahwa semua tumbuhan akan melakukan adaptasi dengan tiga cara, yaitu adaptasi fisiologi, marfologi dan adaptasi tingkah laku. Masing-masing dari tiga cara adaptasi tersebut memiliki pengertian dan ciri khasnya. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simaklah penjelasan dibawah ini.

Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan terhadap lingkungan sekitarnya dengan cara menyesuaikan fungsi dari seluruh alat tubuhnya. Contoh tanaman yang beradaptasi dengan cara ini ialah tumbuhan dikotil yang memiliki mahkota bunga yang indah dengan tujuan untuk menarik perhatian serangga agar mau mendekati sehingga terjadinya penyerbukan.

Tumbuhan berbunga juga akan melakukan adaptasi fisiologi ini dengan cara menghasilkan bau atau aroma yang khas pada bunganya guna untuk menarik perhatian serangga untuk membantunya dalam melakukan proses penyerbukan.

Adaptasi Morfologi

Adaptasi morfologi adalah bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan terhadap lingkungannya yang disertai dengan terjadinya perubahan bentuk dan alat pada tubuhnya. Adaptasi morfologi pada tumbuhan ini umumnya terjadi dengan ditandai pada perubahan bentuk daun, akar, hingga batang tanaman.

Pos Terkait:  Amoeba Berkembang Biak Dengan Cara...

Contoh dari penyesuaian ini ialah duri pada kaktus yang berfungsi untuk mengurangi penguapan. Contoh lain ialah duri pada batang tanaman mawar yang berfungsi untuk melindungi diri dari gangguan.

Jagung juga merupakn contoh dari tanaman yang beradaptasi dengan cara ini, cara jagung beradaptasi dengan adaptasi marfologi ini terjadi dengan menggulungkan daunnya pada saat musim kemarau tiba untuk mengurangi penguapan.

Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku adalah proses penyesuaian diri pada tumbuhan yang ditandai dengan tingkah lakunya terhadap lingkungan sekitar. Penyesuaian tingkah laku ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti seperti cahaya, sentuhan, suhu, air, gravitasi, dan lain sebagainya.

Adaptasi tingkah laku terhadap cahaya ditunjukkan tumbuhan polong-polongan seperti tumbuhan petai cina saat keadaan dalam kondisi gelap. Dalam kondisi gelap, tekanan tangkai daun petai cina akan menurun dan menjadikan daunnya terlihat layu layaknya tanaman putri malu.

Contoh lain dari tanaman yang beradaptasi dengan cara ini ialah bunga pukul empat yang layu di pagi hari dan akan mekar pada sore hari karena pengaruh cahaya. Tanaman yang berada di tempat tertutup akan membelokkan tubuhnya ke arah datangnya cahaya.

Lihat juga : Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih

Demikianlah penjelasan mengenai cara tumbuhan menyesuaikan diri. Semoga bermanfaat.