hydra berkembang biak dengan cara

Hydra Berkembang Biak Dengan Cara…

Diposting pada

Hydra Berkembang Biak Dengan Cara – Berdasarkan informasi yang diketahui dari jumlah spesies satwa yang ada didunia ternyata jumlahnya ada lebih dari 7 juta jenis.

Setiap jenis dari satwa-satwa terseut pastinya memiliki keunikannya sendiri, serta dengan jumlah satwa yang begitu banyak tentunya akan banyak sekali topik yang bisa dibahas dan dipelajari seperti yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Kali ini kita akan membahas salah satu jenis hewan pemangsa yang hidup didalam air dan mungkin bisa dikatakan sudah cukup terkenal dan pastinya sudah banyak juga orang yang tahu gambaran dari jenis hewan yang hidup di perairan ini, topik yang akan kami bahas yaitu tentang cara berkembang biak hydra.

Materi yang membahas reproduksi hewan ini biasanya dibutuhkan oleh siswa/siswi yang mempelajari ilmu biologi dan sedang mencari tahu tentang informasi mengenai pertanyaan “Hydra berkembang biak dengan cara apa..?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami rangkum informasinya untuk anda.

Deskrisi

Hydra merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dibilang cukup unik dan menarik.Jenis satwa ini memang banyak dan tersebar diseluruh perairan lepas dan juga memiliki ukuran yang beragam serta bervariasi.

Jika dilihat dari bentuknya yang hamper menyerupai tanaman, maka tidak heran jika da beberapa orang yang menganggap bahwa satwa ini termasuk kedalam kingdom plantae.

Namun jika kita merujuk kedalam sistem taksonominya maka kita akan menemukan fakta bahwa hydra termasuk kedalam kingdom animalia.

Ada beberapa informasi umum yang harus kita ketahui mengenai gambaran dari hewan yang satu ini, seperti dalam beberapa poin dibawah ini:

  • Mengingat ukurannya yang sangat kecil, maka hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis hewan yang sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Maka dari itu kita membutuhkan mikroskop dengan pembesaran tertentu untuk mengetahui dan mengamati hewan ini secara jelas. hal tersebut dikarenakan bentuk dari hewan ini yang sangat kecil dengan hanya sebesar 10 milimeter saja dengan bentuk seperti tabung yang memanjang.
  • Berdasarkan habitatnya Hydra merupakan salah satu jenis satwa yang hidup di perairan lepas.
  • Hydra merupakan salah satu jenis hewan pemangsa yang termasuk kedalam Filum Cnidaria dan Kelas hydrozoa.
  • Hydra merupakan hewan yang hanya bisa hidup secara bebas di perairan tropis dan tidak tercemar oleh berbagai macam limbah pabrik. Inilah yang menjadikan hewan yang satu ini menjadi sebuah satwa yang cukup unik.
  • Layaknya gurita, hewan ini biasanya memiliki tentakel, namun tentakelnya hanya ada pada salah satu ujungnya. Fungsi dari tentakel ini sebagai alat untuk menangka mangsa yang mendekat karena bisa membantu untuk memanjangkan badannya.
  • Hydra juga bisa dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat kebersihan dalam suatu perairan, terutama di perairan air tawar.

Sistem Taksonomi Hydra

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika kita merujuk pada informasi sistem taksonomi Hydra, maka kita akan menemukan fakta yang jelas bahwa satwa ini merupakan bagian dari kingdong Animalia.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang taksonominya dapat anda lihat dalam tabel dibawah ini:

KingdomAnimalia
SubkingdomEumetazoa
FilumCnidaria
SubfilumMedusozoa
KelasHydrozoa
SubkelasLeptolinae
OrdoAnthomedusae
SubordoCapitata
FamiliHydrae
GenuHydra

Cara Berkembang Biak Hydra

Cara berkembang biak hydra

Secara garis besar sistem perkembangbiakan pada hewan terbagi menjadi dua bagian yaitu sistem perkembangbiakan generatif dan system perkembangbiakan vegetatif.

Seperti yang kita kita ketahui bahwa sistem perkembangbiakan generatif pada hewan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu vivipar, ovipar dan ovovivipar.

Sedangkan sistem perkembangbiakan vegetatif pada hewan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tunas, fragmentasi, dan membelah diri.

Hydra Adalah hewan yang termasuk kedalam salah satu hewan yang berkembang biak secara vegetatif yaitu melalui tunas.

Namun, fakta unik yang terjadi pada hydra adalah hewan ini tidak hanya dapat berkembang biak secara aseksual saja, melainkan hewan ini juga dapat berkembang biak secara seksual.

Meski hydra bisa melakukan dua jenis reproduksi tersebut namun dibutuhkan syarat-syarat tertentu yang harus di penuhi oleh hydra serta memiliki siklus perkembangan yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Lihat juga:

Demikianlah informsai terkait cara hidra berkembang biak lengkap dengan informasi system taksonominya, semoga artikel yang kami tuliskan bisa menambah wawasanmu. Semoga bermanfaat.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.