close

Ikan Pari Berkembang Biak Dengan Cara…

Ikan Pari Berkembang Biak Dengan Cara – Dalam bahasa inggris Ikan pari disebut dengan nama “Stingrays”, ikan ini termasuk ikan dari subcelass “Elasmobranchii”. Itu artinya ikan pari merupakan jenis ikan yang bertulang rawan dan terbentuk dari kartilago tulang lunak.

Sekedar informasi, ikan yang termasuk kedalam subkelas Elasmobranchii ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Selachii atau hiu
  2. Batoidea atau pari.

Ikan pari juga dikelompokkan sebagai ikan batoid karena ikan pari termasuk jenis ikan yang bertulang rawan serta memiliki ekor yang bentuknya seperti cambuk. Diperkirakan, ada 560 spesies ikan pari di seluruh dunia dan tergolong dalam 13 famili.

Taksonomi

Tubuh ikan pari berbentuk pipih dengan duri panjang dan tajam di bagian ekornya. Pari dengan ciri tersebut ditempatkan dalam satu keluarga tunggal, yaitu Dasyatidae.

Namun, sering juga dipisahkan menjadi dua keluarga berbeda, salah satunya adalah Urolophidae. Berikut ini adalah tabel klasifikasi ikan pari secara ilmiah:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub filum Vertebrata
Kelas Pisces
Sub kelas Elasmobranchii
Ordo Batoidei
Famili Trygonidei
Genus Dasyatis
Spesies Dasyatis sp.

Morfologi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Ikan pari termasuk jenis ikan yang bertulang rawan dengan tubuh yang berbentuk pipih atau gepeng.

Pos Terkait:  Pohon Pisang Berkembang Biak Dengan Cara...

Dari sisi kanan hingga sisi kirinya melebar disertai adanya sepasang sirip dada yang menyatu dengan sisi kiri dan kanan kepalanya sehingga bentuknya menyerupai sayap.

Itulah mengapa ikan pari ini cenderung terlihat bundar atau berbentuk oval jika dilihat dari atas maupun dari bawah tubuhnya. Secara umum dari keseluruhan spesies ikan pari memiliki ekor yang bentunya memanjang dan menyerupai sebuah cambuk atau cemeti.

Selain memiliki bentuk ekor yang menyerupai cambuk, terdapat pula beberapa jenis ikan pari ekornya dilengkapi duri yang penyengat, sehingga ikan pari ini disebut sebagai stingrays (dalam Bahasa inggris).

Mata ikan pari berada tepat di samping kepalanya, sedangkan posisi dan bentuk mulutnya berada dibagian bawah tubuhnya dekat dibagian insang.

Ikan pari juga termasuk ikan predator karena sering mengkonsumsi ikan-ikan lainnya yang ukurannya lebih kecil darinya.

Cara ikan ini bernapas ialah melalui celah insang yang berjumlah sekitar 5 sampai 6 pasang diposisi bawah tubuhnya, posisi insangnya ini berada di dekat mulut bagian ventral.

Sedangkan untuk ukuran ikan pari yang telah dewasa sangat bervariasi. Untuk ukuran terkecil dari ikan ini hanya sekitar 10 cm saja dengan lebar tubuh mencapai 5 cm.

Pos Terkait:  Organ Pada Burung Yang Dapat Menyimpan Sadangan Udara Saat Terbang Adalah

Spesies ikan pari terbesar yang dikenal dengan nama pari manta memiliki panjang tubuh mencapai 7 meter dengan lebar tubuh mencapai 6 meter dan berat tubuhnya berkisar antara 1-3 ton.

Cara Berkembang Biak Ikan Pari

Cara berkembang biak ikan pari
Cara berkembang biak ikan pari

Yang menjadi pertanyaannya ialah “Ikan pari berkembang biak dengan cara apa.. Ovipar, Vivipara tau Ovovivipar.?”
Biasanya, ikan pari betina akan melahirkan anak-anaknya dengan jumlah sekitar 5 sampai 6 ekor anak untuk setiap indukan. Sedangkan pari betina akan berkembang biak dengan cara bertelur atau yang juga disebut dengan Ovovivipar.

Sedangkan untuk alat reproduksi bagi ikan pari jantan dilengkapi dengan sepasang kelamin yang disebut dengan clasper dan berada di pangkal ekor.

Lihat juga:

Demikianlah informasi yang dapat kami rangkum dan bagikan terkait perkembangbiakan ikan pari lengkap dengan taksonomi dan marfologinya, semoga apa yang kami tulisa bisa dengan mudah dimengerti sehingga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih dan semoga bermanfaat.