Induk Organisasi Bola Voli Internasional Adalah

Induk Organisasi Bola Voli Internasional Adalah

Diposting pada

Induk Organisasi Bola Voli Dunia Adalah – Seperti yang telah disinggung dalam postingan sebelumnya, permainn bola voli juga memiliki induk organisasi nasional maupun internasional yang menaungi cabang olahraga ini dan bertugas untuk mengatur regulasi pertandingan.

Kalau bisaca tentang bola voli, maka akan banyak sekali pembahasan yang menjadi topik perbincangan mulai dari kejuaraan-kejuaraan, teknik dasar, ukuran lapangan bola voli dan banyak lagi yang lainnya seperti dalam artikel ini yang akan membahas mengenai Induk organisasi bola voli internasional.

Induk organisasi di indonesia (Nasional) adalah PBVSI “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia”. Sedangkan Induk organisasi bola voli internasional adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball), jika diartikan kedalam bahasa indonesia artinya kurang lebih adalah Federasi Voli Internasional.

Induk Organisasi Bola Voli Di Indonesia Adalah

Kedua organisasi bola voli diatas merupakan lembaga yang bertugas untuk mengatur regulasi pertandingan bola voli di indonesia maupun di dunia.

Sebenarnya permainan bola voli ini sudah dikenal sejak sekitar abad pertengahan, lalu permainn ini diperkenalkan lagi di jerman. Namun saat itu permain ini berlum memiliki nama volyball melainkan “Faustball” pada tahun 1893.

Selang dua tahun kemudian seseorang bernama G.Morgan menciptakan sebuah permain yang mirip seperti yang disebutkan diatas, lalu permainn tersebut diberi nama minonette.

Teknik dasar yang digunakan dalam permainan minonette ini ialah memukul bola yang melayang secara bergantian di udara. Pada tahun 1896 permain yang bernama minonette ini berubah menjadi volleyball (bola voli).

Namun dikarenakan banyaknya masyarakat yang suka dengan permainan bola voli ini, maka perkembangan permainan tersebut menjadi sangat cepat menyebar ke manca negara.

Lalu pada tahun 1947 dibentuklah induk organasasi bola voli di dunia yang bernama IVBF “International Volley Ball Federation” yang beranggotakan 15 negara dan bermarkas di paris, Perancis.

Induk organsisasi bola voli internasional bernama IVBF berubah nama menjadi FIVB “Federation Internationale de Volleyball” adalah induk organisasi bola voli yang mengatur regulasi pertandingan dan peraturan umum dalam permainan bola voli di seluruh dunia.

Sejarah Berdirinya Organisasi Bola Voli di Dunia

Sekitaran tahun 1947-an beberapa federasi nasional di eropa mendirikan suatu lembaga atau organisasi internasional khusus untuk permainan bola voli. 14 federasi nasional dari manca negara menghadiri pertemuan Kongres Konstitutif pada bulan april taun 1947 dan mewakili lima benua yang berbeda.

Pada saat itu juga entitas dibentuk secara resmi dari perancis dengan menjadikan Paul Libaud sebagai presidennya untuk yang pertama.

Setelah 2 tahun berlalu, salah satu tujuan dari kongres yang diselenggarakan pada tahun 1947 tersebut akhirnya tercapai dengan diadakannya sebuah acara kejuaraan untuk cabang olahraga bola voli internasional yang pertama kalinya. Lalu pada tahun 1952 turnamen kejuaraan voli untuk perempuan pun turut diperkenalkan.

Kemudian penambahan cabang permainan bola voli untuk program olimpiade didukung oleh IOC pada tahun 1964. Pada tahun itu juga jumlah federasi atau lembaga nasional yang bergabung dengan FIVB turut bertambah menjadi 89 anggota dari beberapa negara.

Setelah banyaknya federasi yang ikut bergabung ke FIVB maka pada tahun 1969 kejuaraan internasioan piala dunia mulai diperkenalkan.

Setelah Mr. Libaud sebagai presiden pertama tersebut pensiun lalu terpilih lah Mr. Rubén Acosta Hernandez dari meksiko untuk posisi presiden pada tahun 1984, kantor pusat FIVB yang awalnya berada di Paris, Perancis dipindahkan ke Lausanne, Swiss.

Kemudian kebijakan-kebijakan untuk memajukan permainan bola voli di seluruh dunia mulai ditingkatkan lagi, seperti membentuk kompetisi untuk laki-laki dan untuk perempuan, kemudian indikasi voli Pantai sebagai event Olimpiade pada tahun 1996 dan beberapa perubahan dalam aturan permainan yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas publik.

Dan sebanyak 220 federasi nasional telah ikut bergabung atau beafiliasi dengan FIVB pada tahun 2010. Demikianlah artikerl tentang induk organisasi dunia (Internasional). Semoga bermanfaat,


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.