Induk Organisasi Sepak Bola Internasional Adalah
Induk Organisasi Sepak Bola Internasional Adalah FIFA

Induk Organisasi Sepak Bola Internasional Adalah

Diposting pada

Induk Organisasi Sepak Bola Internasional – Seperti yang kita ketahui, setiap cabang olahraga memiliki induk organisasinya masing-masng baik di tingkat nasional mapun di tingkat internasional.

Induk organisasi sendiri merupakan sebuah badan yang terdiri dari sekumpulan orang orang yang sebelumnya telah dibentuk dalam sebuah kelompok dan kelompok tersebut bertugas untuksaling melakukan kerja sama untuk mencapa i keberhasilan dalam tujuan yang ingin digapai.

Induk organisai ini bertugas untuk mengurus dan regulasi pertandingan para cabang olahraga yang di naunginya seperti organisasi FIFA sebagai induk dari organisasi sepak bola.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai cabang olahraga sepak bola. Namun seperti yang sudah kalian baca dalam judul, maka dalam artikel ini kami hanya akan fokus membahas mengenai induk organisasi internasional-nya saja. Untuk itu, berikut informasinya kami bagikan.

Induk Organisasi Sepak Bola Dunia

Induk organisasi sepak bola internasional adalah FIFA, organisasi inilah yang bertangung jawab asat peraturan dalam permainan sepak bola dan juga termasuk regulasi, serta tata kelola dalam cabang olahraga tersebut.

FIFA sendiri adalah singkatan dari “Fédération Internationale de Football Association” yang diambil dalam bahasa Perancis, dilansir dari wikipedia, FIFA merupakan sebuah lembaga yang memegang kendali penuh atas olahraga sepak bola bertingkat internasional atau dunia.

Organisasi ini bermarkas di Zurich dan setidaknya memiliki 211 anggota yang tergabung diberbagai negara. Sesuai namanya yang diambil dari bahasa prancis, ternyata FIFA mulai berdiri pada tangal 21 mei 1904 di prancis. Umumnya tugas dari organisasi ini ialah mempromosikan sepak bola, mengawasi transfer antar pemain dan lain sebagainya.

Dalam pemberian peringkat, FIFA memiliki hak atau kenadi penuh untuk memberikan gelar untuk pemain terbaik di dunia serta menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA dan terus diupdate setiap bulannya.

Selain itu, dalam hal penggalangan dana organisasi ini merupakan sumber dana terbesar untuk pelaksanaan sepak bola dalam pertandingan antar Negara.

Tugas-Tugas FIFA

Untuk lebih jelas lagi mengenai tugas-tugas dari FIFA dapat anda lihat pada poin-poin berikut ini:

  • Menerbitkan daftar peringkat pemain terbaik di dunia dan terus di Update secara berkala di setiap bulannya.
  • Memilih dan menentukan pemain sepak bola terbaik di dunia.
  • Mengadakan pertandingan sepak bola dunia atau berskala internasional.
  • Mengatur regulasi klub-klub sepak bola dunia.
  • Mempromosikan cabang olahraga sepak bola ke berbagai penjuru dunia.
  • Menerapkan aturan dalam permainan sepak bola yang wajib diikuti oleh semua pemain sepak bola secara internasional.

Sejarah Berdirinya Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Sejarah induk organisasi sepak bola internasional dimulai pada tanggal 21 Mei kisaran tahun 1904 di Perancis. Meski permainan serupa sempat menjadi primadona di Kawasan Britania Raya, namun Perancis dipilih sebagai tempat lahirnya organisasi FIFA, bahkan nama organisasi tersebut juga diambil dalam bahasa Perancis dan belum pernah diganti hingga saat ini.

Sedangkan markas pusat induk organisasi sepak bola internasional berlokasi di Zurich, Swiss dan Robert Guerin sebagai ketuanya.

Pada tahun 1906, posisi Guerin digantikan oleh Daniel Burley Woolfall. Lalu pada tahun 1908, induk organisasi sepak bola dunia dunia ini melaksanakan program berskala internasional yang dimana program ini merupakan yang pertama kalinya dan disebut olimpiade. Dalam even tersebut, permainan sepak bola menjadi olahraga utama yang dipertandingkan.

Perang dunia pertama menyebabkan perkembangan olahraga sepak bola dan induk organisasinya (FIFA) terhambat. Hal tersebut dikarenakan terjadinya perang dingin antar negara yang berlangsung hingga 20 tahun-an.

Pada tahun 1930, baru-lah induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) ini kembali bangkit dari tidurnya dengan menyelenggarakan even Piala Dunia untuk pertama kalinya. Berbeda dengan program sebelumnya (olimpiade) yang mempertandingkan oleh beberapa cabang olahraga, Piala Dunia ini khusus mempertandingkan olahraga sepak bola saja.

Daftar Presiden FIFA

Sejak pertama kali didirikan yakni pada tahun 1904 silam, Organisasi ini setidaknya telah dipimpin oleh 9 Presiden, yaitu:

Robert Guérin Periode1904-1906Prancis
Daniel Burley Woolfallperiode 1906-1918Inggris
Jules Rimetperiode 1921-1954Prancis
Rodolphe Seeldrayersperiode 1954-1955Belgia
Arthur Drewry periode 1955-1961Inggris
Sir Stanley Rousperiode 1961-1974Inggris
João Havelangeperiode 1974-1998Brasil
Sepp Blatterperiode 1998-2015Swiss
Gianni Infantinoperiode 2016-

Demikianlah rangkuman informasi mengenai induk organisasi sepak bola internasional yang bisa kami bagikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.