Induk organisasi bola voli di indonesia adalah
Induk organisasi nasional adalah

Induk Organisasi Bola Voli Di Indonesia Adalah

Diposting pada

Induk Organisasi Bola Voli Nasional Adalah – Sama halnya seperti cabang olahraga pada umumnya, permainan bola voli juga memiliki induk organisasinya sendiri yang menaugi cabang olahraga ini juga sekaligus bertugas untuk mengatur regulasi pertandingan.

Setelah membahas mengenai jumlah pemain dalam permainan bola voli, combinesia kembali membahas tepik serupa mengenai cabang olahraga bola voli bamun lebih condong ke induk organisasinya.

Bagi anda yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan “Induk organisasi bola voli Indonesia atau nasional adalah…” anda akan mendapatkan jawabannya di postingan ini. Untuk itu, mari simak penjelasannya untuk mengetahui induk organisasi yang menaungi cabang olahraga bola voli.

Ukuran Lapangan Bola Voli Dan Gambarnya

Induk Organisasi Bola Voli Nasional

Seperti yang kita ketahui, olahraga bola voli cukup pouler di indonesia, meski tidak se populer cabang olahraga sepak bola dan bulu tangkis yang masih menjadi primadona, namun permainan bola voli masih memiliki perkembangan yang memuaskan.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya even-even olahraga berskala nasional yang disponsori oleh pihak-pihak tertentu. Selain itu, pertandingan bola voli juga kerap diselenggarakan di pelosok-pelosok daerah.

Induk organiasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI yang merupakan sebuah organisasi resmi yang dibentuk berskala nasional dan merupakan singkatan dari “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia”.

Induk organisasi ini mengatur segala hal yang berkaitan dengan cabang olahraga bola voli di Indonesia dan memiliki kewenangan untuk mengatur dan menyelenggarakan even atau pertandingan bola voli kedaerahan maupun Nasional.

PBVSI merupakan salah satu organisasi yang tergabung sebagai anggota rersmi VIVB sehingga memiliki kewajiban untuk turut aktif dan ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh FIVB.

Permainan bola voli bukan hanya dipertandingkan dengan even-even berskala nasional saja, permainan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada olimpiade dunia seperti sea game, asean game dan even-even bergengsi lainnya.

Maka dari itu, induk organisasi PBVSI selaku induk organisasi bola voli di indonesia berperan sangat penting untuk melatih atlet-atlet boli di indonesia agar mampu bersaing di pertandingan yang bergengsi seperti yang disebutkan diatas.

Sejarah Induk Organisasi Bola Voli Di Indonesia

Pada tahun 1953, para pengurus IPVOS (Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya) mengadakan pertemuan, tepatnya setelah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Pada saat itulah muncul ide untuk membuat sebuah induk organisasi untuk bola voli untuk menaungi cabang olahraga bola voli diseluruh pelosok indonesia. Demi terwujudnya ide tersebut, maka perwakilan IPVOS melakukan pertemuan lagi dengan Ketua Komisi Olimpiade Indonesia (KOI) yang saat itu dijabat oleh Dokter Azis Saleh.

Lalu Dokter Azis Saleh sebagai Ketua KOI menjembatani pertemuan antara IPVOS dengan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID). lalu dari ketiga pertemuan tersebut antara Ketua KOI, IPVOS dan PERVID didapatkan kesepakatan berikut:

  • Seorang tokoh olahraga nasional yaitu “J. Latumetan” menjadi ketua organisasi PBVSI yang pertama.
  • IPVOS dengan PERVID menjadi organisasi sponsor dalam pembentukan induk organisasi PBVSI ini.
  • Sementara organisasi PBVSI bermarkas di stadion IKADA Jakarta.

Lalu pada tanggal 22 Januari tahun 1955 PBVSI mengadakan rapat keanggotaan di stadion IKADA untuk merumuskan struktur dari organisasi tersebut secara lengkap. Dengan adanya rapat tersebut, maka dihasilkan keputusan susunan pengurus PBVSI, yaitu sebagai berikut:

KetuaWim J.Latumetan
Wakil KetuaErwin Baharudin
Bendahara dan PenulisSoewarno
Komisi PertandinganS.Adi Widjaja
Komisi Teknik dan PemilihDra Graza
Anggota
  1. Alimuddin Nasution
  2. Alimuddin Nasution
  3. Soemadi
  4. Heinz
  5. Coenraad
  6. Jocom
  7. Soebroto
Komisi DaerahW.Kho Kuy Liong

Demikianlah nformasi mengenai Induk organisasi Bola voli di indonesia yang bisa saya bagikan dalam postingan ini, sebagai masyarakat indonesia kita harus tau dan paham bentul mengenai apa saja yang terkandung di nusantara ini termasuk juga mulai mulai dari budaya dan juga dibidang olahraganya.

Maka dengan memahami induk organisasi di indonesia juga sangat penting supaya kita paham dan mengerti bahwa PBVSI bukan hanya sebuah singkatan saja.

 


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.