Doa untuk orang meninggal
Doa untuk orang meninggal

Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah (Perempuan dan Laki-Laki)

Diposting pada

Doa orang meninggal – Ketika ada seseorang yang meninggal baik itu laki-laki maupun perempuan didalam kuburnya ibaratkan seseorang yang tenggelam dan meminta pertolongan, maka sebaiknya kita berbicara yang baikbainya saja dan mendoakannya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ad – Dailami:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti – nantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang ia percaya. Apabila doa itu telah sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia seisinya. Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang – orang yang masih hidup kepada orang – orang yang sudah meninggal ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad – Dailami)

Maka dari itu kita harus mendoakannya karena tidak ada lagi yang bisa menolongnya selain doa, amalan dan memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka.

Adapun doa yang bisa kita bacakan kepada orang meninggal ialah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Yang Artinya:

“Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik.”

Doa diatas merupakan doa yang pernah dibacakan oleh istri rasulullah sendiri, yaitu “Ummu salamah” ketika ia mengadu kepada rasulullah SAW.

Ummu salamah berkata: “Ketika Abu Salamah wafat, aku menemui Nabi SAW, lalu aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, Abu Salamah telah meninggal.’

Beliau (Rasulullah) bersabda: ‘Ucapkanlah: “Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqbaa hasanah” (Ya Allah, ampunilah aku dan dia, dan berikanlah kepadaku darinya pengganti yang baik)”.’

(Ummu Salamah) berkata: “Aku membacanya, lalu Allah memberikanku ganti yang lebih baik setelah dia, yakni Rasulullah SAW”.

Perlu kita ketahui, pengucapan doa diatas dapat disesuaikan dengan dlamir atau kata ganti orang, sesmisal bacaan itu kita tujukan untuk perempuan yang sudah meninggal maka yang diganti adalah “wa la ha”, dan “wa la hu” untuk laki-laki.

Hadist Tentang Doa Orang Meninggal

Doa untuk orang meninggal
Doa untuk orang meninggal

Selain hadist yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa hadist lagi yang membahas mengenai keutamaan seseorang yang mau mendoakan orang yang sudah meninggal. berikut beberapa hadist tersebut:

Rasulullah SAW bersabda:

“Ada empat hal yang dapat dilakukan untuk orang yang sudah meninggal, yaitu berdoa dan beristighfar baginya, melaksanakan pesan-pesan yang mereka tinggalkan, berbuat baik kepada keluarga dan teman-teman mereka, dan menghubungkan tali silaturahmi yang tidak bersambung kecuali dengan perantaraan keduanya.”

Doa Rasullullah untuk orang yang sudah meninggal (HR Muslim):

“Semoga kesejahteraan bagi kalian wahai para penghuni kubur dari kalangan mukminin dan muslimin. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul. Aku meminta kepada Allah SWT keselamatan buat kami dan kalian.” (HR Muslim)

Hadist tentang berbuat baik kepada orang tua yang sudah meningal:

Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As Sa’idi ia berkata:

“Ketika kami sedang bersama dengan Rasulullah SAW, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau.”

Lalu aki-laki itu bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal dunia?”

Rasulullah SAW menjawab: “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka, dan memuliakanlah keluarga dan teman-teman mereka.”

Itulah beberapa hadista yang membahas mengenai keutamaan doa untuk orang meninggal. Lalu bagaimana doa-doa yang bisa dibacakan untuk laki-laki dan perempuan. Kamu bisa membaca doa-doa dibawah ini.

Doa untuk orang meniggal untuk perempuan

Selain doa yang sudah dituliskan diatas, ada juga doa-doa lain yang bisa kita bacakan untuk orang yang sudah meninggal terutama bagi perempuan.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan latin:

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa untuk orang meniggal untuk laki-laki

Selain doa orang meninggal untuk perempuan, tentunya ada juga doa orang meninggal untuk laki-laki yang bisa kita bacakan.

Doanya ialah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan latin:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

“Yaa Allah.. ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Selain untuk laki-laki, ada doa khusus untuk ibu jika ibu kita meninggal dunia. Jika ibu kita meninggal tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain mendoakannya dan memberi hadiah berupa amalan dan memohon istighfar kepada Allah SWT untuknya.

Seperti hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim:

“Apabila seorang manusia meninggal, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga: yakni sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim)

Adapun doa orang meninggal untuk ibu ialah sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Bacaan Latin:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Itulah kajian mengenai bacaan doa untuk orang meninggal serta doa-doa yang bisa kamu bacakan, semoga bisa menambah wawasanmu dan bermanfaat bagi kamu semua.

Referensi: Santripedia.com | Yuksinau.id


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.