close

Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola – Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu cabang olahraga bernama sepak bola ini. Bukan tanpa alasan, dari dulu hingga saat ini Sepak bola merupakan salah satu jenis olah raga yang banyak digemari oleh masyarakat terutama bagi football lovers.

Dengan demikian, tidak jarang banyak orang yang memperbincangkan sebuah ajang pertandingan sepak bola dengan lawan bicaranya.

Selain itu, banyak juga masyarakat yang suka bermain sepak bola bersama kawan-kawannya  mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dilapangan terbuka. dan mungkin kamu salah satu diantaranya.

Gambar Lapangan Sepak Bola

Gambar lapangan sepak bola

Seperti yang kita ketahui, bermain sepak bola memanglah sangat menyenangkan, terlebih lagi siapa saja boleh untuk memainkan permainan yang satu ini.

Selain itu, kita dibebaskan untuk bermain dimana saja mulai dari tanah lapang milik warga “Dengan catatan sudah mendapatkan izin dari sang pemilik” atau bahkan bermain di pinggir jalan “asalkan tidak mengganggu kenyamanan orang yang berkendara.

Namun jika sebuah pertandingan sepak bola sudah bertaraf resmi, maka lapangan sepak bola dan ukurannya pun harus diperhatikan serta harus memenuhi syarat atau standar FIFA.

Untuk iru, tahukan kamu berapa ukuran lapangan sepak bola ?

Nah. bagi kamu yang belum mengetahui berapa panjang, luas dan lebar lapangan sepab bola, berikut saya deskripsikan ukuran lapangan sepak bola secara lengkap.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya yang mudah digambar
Gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya yang mudah digambar

Standar FIFA

Keterangan Ukuran
Panjang Lapangan: 90 – 120 meter.
Lebar lapangan: 45 – 90 meter.
Lingkaran Tengah: radius 9,15 meter.
Panjang Kotak Penalti: 40,32 meter.
Lebar Kotak Penalti: 16,5 meter.
Jarak tendangan penalti: 11 meter.
Panjang Area Gawang: 7,32 meter.
Lebar Gawang: 2,44 meter.
Tinggi Gawang: 2,4 meter.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ukuran kuran lapangan sepak bola bertaraf Resmi haruslah memenuhi syarat standar FIFA. Detai mengenai ukurannya dapat anda lihat pada tabel di atas.

Standar Internasional

Ukuran lapangan pertandingan sepak bola standar Internasional yaitu sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapang yang memenuhi syarat standard internasional yaitu 100-110m
  • Sedankan lebar lapangan berkisar antara 64-75 m.
  • Ukuran gawang atau kotak kiper yaitu tinggi 2,44 m dan lebar 7,32m
  • Ukuran kotak pinalti sama dengan lapangan standar nasional

Standar Nasional

Sedangkan Ukuran lapangan sepak bola standart Nasional biasanya berukuran lebih sempit. Luasnya berkisar antara:

  • 9,15 m merupakan ukuran lingkaran tengah lapangan sepak bola.
  • Ukuran kotak kiper yang digunakan juga sedikit berbeda yaitu 18. 30 m x 5,5 m.
  • Sedangkan kotak penalti menggunakan ukuran 40,3 m x 16,5 m

Informasi berikut wajib diketahui bagi Masyarakat terutama para pecinta sepak bola, disisi lain informasi berikut juga sangat dibutuhkan oleh para pelajar saat mengerjakan soal Penjaskes yang diberikan oleh gurunnya.

Ukuran Gawang Sepak Bola

ukuran gawang sepak bola

Untuk mengetahui ukuran Tinggi dan panjang gawang sepak bola dapat dihitung dari mistar di atasnya dan sisi dalam tiang sebuah gawang.

Berikut merupakan rincian ukuran gawang sepak bola:

Tinggi gawang Sepakbola: 2.44 m
Panjang gawang: 7.32 m
Diameter Luar Pipa Depan: 3,5 inchi, tebal 2 mm.
Diameter Puar Pipa Belakang: 2,5 inchi, tebal 2 mm.
Jaring pada gawang memiliki ukuran lubang dengan renggang: 10 cm

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Selain informasi mengenai gambar dan ukuran lapangan, hal lain yang perlu di pahami ialah teknik dasar dalam permainan itu sendiri.

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh setiap pemain, yaitu:

Pos Terkait:  Gambar Lapangan Bola Basket Beserta Ukurannya

Dribbling (Teknik menggiring bola)

Dribbling merupakan teknik dasar dalam permainan sepak bola yang wajib di kuasai oleh permain sebelum menguasai teknik-teknik lainnya.

Teknik dribbling atau menggiring bola ini dilakukan dengan cara menggiring bola menggunakan kaki dengan tujuan mengontrol pergerakan dan laju bola.

Ada beberapa macam teknik dribbling, yaitu Speed Dribbling dan Closed Dribbling. Dalam teknik dribbling ada sebuah trik yang dikenal teknik speed dribbling di mana kamu akan berlari, mengejar bola dan membuang bola ke depan.

Selain itu, ada pula trik yang dinamakan closed dribbling, teknik ini dilakukan dengan cara mengontrol dan menggiring bola dengan baik ,serta dapat dilakukan pada saat kamu sedang dihadang oleh pemain dari tim lawan.

Selain itu, ada tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu menggiring dengan punggung kaki, menggiring dengan kaki bagian dalam, serta kaki bagian luar. Berikut penjelasannya

  • Menggiring dengan Punggung Kaki: teknik menggiring dengan menggunakan punggung kaki dilakukan dengan cara: Meluruskan pandangan mata ke depan, taruh bagian tertentu kakimu di ujung bola lalu dorong bola dengan punggung kakimu; Lakukan beberapa kali kemudian hentikan pergerakan bola dengan telapak kaki.
  • Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam: menggiring bola dengan menggunakan kaki bagaian dalam dilakukan dengan cara: meluruskan pandangan ke depan; Putar pergelangan kaki ke luar lalu mendorong bola dengan kaki bagian luar; Lakukan cara ini beberapa kali, lalu hentikan pergerakan bola dengan telapak kakimu.
  • Menggiring dengan Kaki Bagian Luar: menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar caranya tidak jauh berbeda dengan menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Lakukan langkah demi langkah yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam. Namun, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, kemudian dorong bolanya.

Shooting (Teknik menendang bola)

Teknik selanjutnya yang perlu di kuasai oleh pemain sepak bola adalah Shooting atau yang disebut juga dengan teknik menendang.

Shooting merupakan teknik yang berguna untuk membobol pertahanan lawan, teknik ini juga sangat berguna untuk melakukan teknik passing. Jika kedua teknik ini sudah dikuasai dengan baik, maka seorang pemain memiliki nilai lebih.

Ada tiga teknik tendangan yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, kaku bagian dalam, serta dengan punggung kaki.

Ketiga teknik tendangan tersebut dapat dilakukan dengan cara focus seraya menargetkan pandangan pada sisi gawang yang berpotensi gol, posisikan badan dengan benar, lalu taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola.

Selanjutnya ayunkan salah satu kaki yang memiliki kekuatan paling besar untuk dijadikan melakukan tendangan. Tendang bola dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah sudut gawang yang akan ditargetkan.

Passing (Teknik mengoper bola)

Teknik ini akan lebih berguna dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu. Kamu tidak sendiri dalam bermain bola, kamu memiliki 10 teman di lapangan (selain kiper) yang siap untuk membantu satu sama lain.

Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.

Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper.

Pos Terkait:  Gambar Lapangan Lompat Jauh Beserta Ukurannya

Teknik Juggling

Juggling merupakan teknik dasar dalam permainan sepak bola yang cukup sulit untuk dikuasai. Teknik ini dapat dilakukan untuk menunjukan kelihaian lebih kamu dalam bermain bola.

Dengan teknik ini juga kamu bisa melatih untuk mengontrol bola dengan penguasaan yang lebih baik lagi. Bukan hanya itu, kamu bisa menipu dan mengecoh musuh di lapangan.

Yang perlu kamu lakukan untuk untuk menguasai teknik ini adalah, pertama fokuskan pandanganmu ke arah bola, kemudia tarik bola menggunakan telapak kamu menuju ujung kaki.

Ketika bola sudah menyentuh bagian ujung kaki, angkat kaki sehingga bola ikut terangkat ke atas. Tetap focus untuk menendang-nendang bola ke atas dengan lembut, dan usahakan bola tidak jatuh ke tanah.

Teknik Menghentikan Bola

Ketika teman satu tim sedang mengoper bola padamu, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper. Kamu bisa menghentikan pergerakan bola bola menggunakan paha, kaki, dan dada.

Untuk menghentikan bola dengan menggunakan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung:

  • Menghentikan Bola dengan Kaki: cara menghentikan bola dengan kami adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah padamu, lalu hentikan dengan kaki menggunakan bagian-bagian tertentu tergantung arah datangnya bola.
  • Menghentikan Bola dengan Dada: untuk menghentikan pergerakan bola dengan menggunakan dada, dapat dilakukan dengan cara mefokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, kemudian maju atau mundurkan badan dengan posisi dada yang siap menadi pendaratan bola, lebarkan kedua tangan supaya bola tidak menyentuk tangan, lalu tahan bola dengan dada.
  • Menghentikan Bola dengan Paha: cara menghentikan pergerakan dengan paha yaitu dengan melakukan hal yang sama seperti cara menghentikan bola lainnya. Namun ketika bola datang, kamu hanya perlu mengangkat salah satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan supaya bola dapat jatuh dengan sempurna di depanmu.

Heading (Teknik menyundul bola)

Heading atau teknik menyundul bola merupakan teknik yang akan kamu gunakan ketika kamu tidak bisa menggapai bola dengan kaki, dalam kasus ini posisi bola terlalu tinggi. Dengandeikian, kamu dapat menggunakan anggota tubuh bagian atas untuk membobol gawang lawan, teknik ini juga bisa dilakukan untuk passing.

Untuk melakukan teknik ini, kamu hanya perlu mengatur posisi tubuh dengan waktu yang tepat untuk lompat dan menyambut bola dengan kepalamu. selanutnya gunakan dahimu untuk menyundul bola.

Ingat, gunakan dahi agar kamu bisa mengarahkan bola sesuai keinginan serta kearah target yang akan kamu tembak, dengan begitu, bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Intercepting (Teknik merebut bola)

Teknik dasar untuk merebut bola ini bisa juga disebut dengan istilah intercepting. Teknik ini sangat baik digunakan ketika ingin merebut bola yang sedang sikuasai lawan.

Untuk melakukan teknik ini, kamu hanya perlu membaca pergerakan lawan. Selain itu, kamu juga bisa menghentikan tembakan umpan musuh.

Teknik yang satu ini sangat penting untuk dilakukan agar supaya tetap bisa bertahan dari serangan lawan, namun kamu juga perlu berhati-hati, terkadang fitnah selalu terjadi di permainan bola, ketika kita merebut bola, lawan akan berekting kesakitan seolah-olah kita sedang menyakiti kakinya.

Jika hal ini terjadi, bisa-bisa kamu kena kartu kuning dari wasit, bahkan jika kamu dengan sengaja melakukan kesalahan ini kamu akan mendapatkan kartu merah. Oleh karena itu kamu harus cermat dalam membaca pergerakan lawan.

Pos Terkait:  Induk Organisasi Sepak Bola Internasional Adalah

Teknik Lemparan ke Dalam

Teknik ini akan kamu gunakan pada saat pertandingan berlangsung dan bola keluar dari sisi kiri atau kanan lapangan. Untuk melakukan teknik ini, kamu hanya perlu melempar bola dengan menggunakan kedua tangan, dan posisikan kedua tangan dibelakang kepalamu.

ketika kamu hendak melakukan lemparan ke dalam, kamu juga bisa meng-jinjitkan kaki supaya lemparanmu bisa lebih bertenaga sehingga teman satu tim bisa menerima bolanya dengan baik.

Sliding Tackle (Teknik Menyapu Bola)

Teknik ini termasuk dalah satu teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena risikonya juga sangat besar.

Kamu bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan peringatan dari wasit. Untuk itu, kamu memerlukan timing yang tepat agar bola berhasil direbut.

Untuk melakukan teknik ini dengan baik, kamu perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh agar tidak teradi benturan kasar, jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya (Ingat! Menahan laju bola, bukan kaki lawan).

Goalkeeping (Teknik Menangkap Bola)

Teknik Goalkeeping merupakan sebuat teknik untuk menangkap bola, dalam hal ini khusus diperuntukan bagi kamu yang ingin bermain di posisi penjaga gawang.

Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik yang sangat penting untuk dikuasai oleh kiper karena ini merupakan bentuk pertahanan terakhir tim.

Kamu juga perlu melatih refleksi tangan untuk menangkap bola ke kiri atau kanan, selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan kekuatan yang sangat kuat agar kamu bisa memberi umpan pada teman satu tim.

Induk Organisasi Sepak Bola

Apa induk organisasi sepak bola di Indonesia dan dunia?

  • Induk organisasi sepak bola di Indonesia adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).
  • Induk organisasi sepak bola di dunia adalah FIFA (Fédération Internationale de Football Association)

Sedikit pembahasan, Induk organisasi sepak bola di dunia merupakan sebuah lembaga atau organisasi yang mengurus serta mengendalikan segal sesuatu yang berkaitan dengan sepak bola di seluruh dunia.

FIFA kepanjangan dari  Fédération Internationale de Football Association dan merupakan sebuah induk organisasi sepak bola dunia yang berasal dari bahasa Perancis didirikan pada tanggal 21 Mei tahun 1904 di Paris.

FIFA sendiri berdomisili di Zurich dan memiliki 211 anggota assosiasi. Dan FIFA merupakan badan yang bertanggung jawab dalam beberapa, seperti:

  • Mempromosikan sepak bola ke seluruh dunia
  • Mengatur transfer pemain antar tim
  • FIFA akan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA di setiap bulannya
  • FIFA juga yang menentukan pemain dengan predikat sebagai pemain terbaik dunia.

Demikianlah informasi mengenai ukuran lapangan sepakbola dan gambarnya yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga dengan artikel tersebut dapat menambah wawasan mengenai cabang olahraga Sepak Bola.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Pelajari juga: