close

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara…

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara – Kadal adalah sekelompok reptilia yang bersisik dan berkaki empat yang populasinya tersebar sangat luas di dunia.

Secara ilmiah, kelompok terbesar dari hewan bersisik dan berkaki empat ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia yang merupakan anggota dari bangsa reptilia bersisik bersamaan dengan ular.

Hewan ini memiliki proses perkembangbiakan yang sangat unik, kadal memiliki dua cara untuk bereproduksi, yaitu dengan cara seksual dan eseksual. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai perkembang biakan kadal silahkan lanjut baca rangkuman dibawah ini.

Cara Kadal Berkembang Biak

Kadal Berkembang Biak Dengan Cara
Kadal Berkembang Biak Dengan Cara

Ini artinya, sepasang kadal bisa bereproduksi dengan atau tanpa kawin. Meski begitu, kebanyakan kadal membutuhkan pasangan untuk bereproduksi karena hanya sebagian kecil kadal saja yang bisa bereproduksi tanpa kawin.

Untuk kadal yang bereproduksi dengan cara seksual terdapat kelenjar Pada pangkal ekornya dan selama musim kawin kelenjar tersebut akan menghasilkan bau yang sangat kuat dimana bau tersebut akan menarik perhatian lawan jenisnya.

Uniknya lagi para kadal betina akan tertarik pada kadal jantan yang mengeluarkan bau paling kuat. Disisi lain, sang pejantan mungkin akan melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pasangannya.

Pos Terkait:  Bawang Merah Berkembang Biak Dengan Cara...

Setelah proses perkawinan telah terjadi maka pasangan tersebut akan berpisah. Kadal jantan akan mulai mencari betina lain untuk dikawini, sedangkan kadal betina harus mulai mencari cara untuk memastikan anaknya tetap hidup.

Perkembang biakan kadal biasanya tergantung pada lokasi aau habitat dari jenis kadal itu sendiri, beberapa jenis kadal berkembangbiak dengan cara bertelur atau “ovipar” dan sebagiannya lagi berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan dimana telur-telur kadal ini akan menetas di dalam perut induknya lalu anaknya akan dilahirkan.

Proses perkembang biakan ini disebut dengan “ovovivipar”. Dan umumnya kadal-kadal akan berkembang biak dengan cara Ovovivipar ini.

Untuk spesies kadal yang berkembang biak dengan cara Ovipar atau bertelur, biasanya mereka akan mencari tempat yang aman untuk telur-telur mereka, telur-telur tersebut biasanya akan menetas dalam jangaka waktu 3 bulan.

Telur kadal memiliki kulit yang sangat kuat, sebelum betina kadal melahirkan ia akan mencari tempat yang strategis serta aman dari ancaman predaor dan menjaga telur agar tetap hangat.

Daerah yang biasanya berupa pasir atau daerah vegetasi yang busuk, namun ada beberapa spesies kadal yang hanya meletakkan telur-telurnya begitu saja.Akan tetapi sebagian besar spesies kadal akan menyimpan beberapa telurya ke sarang di suatu waktu.

Pos Terkait:  Kelelawar Berkembang Biak Dengan Cara...

Setelah kadal-kadal tersebut menetas, maka kadal-kadal muda harus menemukan sendiri jalan keluar. Selain itu, kadal muda juga harus memenuhi kebutuhan mereka sendiri seperti makan, minum dan lain sebagainya.

Secara naluri, reptil muda tahu bagaimana cara untuk berjuang sendiri, mereka merupakan replika atau miniatur dari orang tuanya sendiri.

Jika kadal tersebut merpakan jenis kadal yang berkembang biak dengan cara ovovivipar maka kadal betina yang membawa kadal muda di tubuhnya dan akan meninggalkan mereka setelah mereka dilahirkan.

Kesimpulan:

Kadal bisa berkembang biak dengan dua cara yaitu ovipar dan ovovivipar, atau berkembang biak dengan cara bertelur serta bertelur dan melahirkan. Namun kedua cara itu ditentukan dari jenis atau spesies kadal itu sendiri.
Namun untuk sebagian besar kadal biasanya akan berkembang biak dengan cara Ovovivipar atau bertelur dan melahirkan.

Lihat juga:

Demikianlah informasi mengenai perkembangbiakan yang dialami oleh kadal, semoga informasi tersebu bisa menambah wawasanmu, Terimakasih dan semoga bermanfaat.