close

Flowchart Adalah – Pengertian, Fungi, Jenis dan Contohnya

Flowchart Adalah – Siapa yang pernah mendengar kata flowchart? Apa sih sebenarnya pengertian flowchart itu? Flowchart itu biasa juga disebut diagram alir umumnya berfungsi untuk mengetahui alur dari program yang akan dibuat oleh seorang programmer.

Walaupun terdengar sangat familiar digunakan oleh seorang programmer maupun developer tapi kini flowchart ini biasa juga kok digunakan oleh seseorang dengan pekerjaan apapun misalnya bagi seorang peneliti dalam menjelaskan diagram alir proses penelitiannya bahkan kita gunakan sehari-hari lho sobat.

Nah supaya lebih paham kalian simak ya informasi pengertian flowchart secara umum, menurut ahli, jenis-jenis, tujuan dan simbol, beserta contohnya dibawah ini.

Pengertian Flowchart

Siapa sangka kata pengertian flowchart berasal dari Bahasa inggris, menurut etimologi memiliki arti diagram alir. Awalnya flowchart ini digunakan untuk mempermudah pemahaman dari bahasa program terutama dalam mengartikan alur proses suatu program yang akan dibuat.

Pada suatu flowchart terdapat simbol-simbol tertentu yang masing-masing memiki makna yang berbeda lho guys, simbol-simbol tersebut umumnya menggambarkan tentang urutan proses secara detail bahkan salah satu simbolnya menggambarkan hubungan antara suatu proses dengan proses yang lain didalam suatu program.

Bayangkan kalau programmer enggak ngerti nama dan fungsi symbol algoritmanya bahkan enggak ada flowchart? Bisa-bisa programmer akan sulit melakukan koding ya guys.

So, untuk melengkapinya seorang programmer juga wajib untuk belajar algoritma supaya lancar terus kaya jalan tol dalam membuat aplikasi yang diinginkan.

Baca juga : Observasi Adalah – Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart

Setelah membaca pengertian umum, bagaimana apa sobat sudah cukup mengerti? Jika dirasa masih mengganjal, sebelum lebih jauh alangkah baiknya sobat mengetahui pengertian flowchart menurut para ahli, supaya kalian benar-benar paham.

Berikut ini pengertian flowchart menurut para ahli yang telah dirangkum khusus buat kalian, check it out!

1. Menurut Jogiyanto (2005) (NGAMPUS.ID)

Menurut ahli Jogiyanto mengartikan flowchart sebagai sebuah bagan atau diagram yang menunjukan alir atau arus dari sebuah program secara logika dan prosedur. Dari pengertian tersebut sangat jelas Jogiyanto memaknai flowchart secara detail.

2. Menurut Pahlevy

Menurut Pahlevy pengertian flowchart adalah sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma sebuah program. Hal ini mengindentifikasikan bahwa flowchart cenderung identik pada seorang programmer.

Ditambahkan lagi, dimana diagram alir tersebut menyatakan secara jelas mengenai arah dan alur dari program tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa flowchart adalah langkah atau tahapan algoritma program yang digunakan oleh programmer.

3. Menurut Krismiaji (2010)

Krismiaji menyampaikan pendapat tentang flowchart yang telah dituangkan pada bukunya dengan judul “Sistem Informasi & Akutansi” dimana pengertian flowchart yakni sebuah teknik-teknik analitis yang mana digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi dengan jelas, tepat serta logis.

4. Menurut Sariadin Siallagan (2009)

Sariadin Siallagan seorang ahli mengemukakan bahwa flowchart adalah bagan atau suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal ini berarti flowchart menjadi suatu alat yang dapat memecahkan masalah, karena berisikan penjelasan alur dengan simbol sebagai tahapan suatu proses.

5. Menurut Indriajani (2011)

Tak berbeda dengan pendapat Jogiyanto menurut ahli Indriajani flowchart merupakan garmbaran secara grafik dari langkah-langkah serta urutan prosedur sebuah program sehingga dapat disimpulkan menurut Indriajani flowchart ini terstruktur dan jelas ya sob.


Fungsi Flowchart Secara Umum

Setelah mengetahui pengertian flowchart, mungkin sudah terfikir dibenak kalian untuk apa flowchart digunakan yaitu untuk menengok suatu proses atau program yang telah dibuat secara rinci, betul kan? Tapi enggak hanya sekedar itu guys, banyak kok fungsi flowchart lainnya, masa iya? Kalo enggak percaya cuss baca informasinya dibawah ini:

1. Pengelola dan Pengatur Alur Kerja

Fungsi yang pertama adalah fungsi sebagai pengelola alur kerja, bahkan flowchart ini sangat berperan penting lho! Hal ini disebabkan flowchart berperan dalam penentuan kualitas dari proses tersebut, yaitu dapat menciptakan hasil yang berkualitas berdasarkan prosedur.

Pos Terkait:  Buaya Berkembang Biak Dengan Cara...

Misalnya pada sebuah program akan mencegah malfungsi dari program yang dibuat sehingga dapat bekerja optimal.

Contoh lainnya adalah pada suatu industri makanan, flowchart berfungsi sebagai pedoman atau yang mengatur alur kerja untuk melaksanakan proses pembuatan makanan dari persiapan bahan baku hingga produk siap untuk didistribusikan sehingga produk yang dihasilkan sesuai standar perusahaan yang telah ditetapkan serta mencegah hal yang tidak diinginkan.

2. Melihat Seluruh Proses Saat Dijalankan

Akibat bentuknya berupa diagram alir dan simbol – simbolnya yang singkat, padat dan jelas membuat sobat dengan mudah dapat melihat rangkaian program secara universal, jadi enggak terbatas hanya untuk programmer saja.

Sehingga kalian juga bisa melihat proses yang akan terjadi saatb program tersebut akan dijalankan, maksudnya adalah kalian bukan hanya dapat melihat apa saja prosesnya namun pula bagaimana alurnya bahkan titik kritis dalam setiap proses pada suatu program.

Contohnya yakni pada neraca keuangan dikolom pemasukan penjualan sobat bisa melihat dari mana penjualan diperoleh lengkap dengan bagaimana cara mendapatkannya.

3. Pedoman Menyusun Program Baru

Dan fungsi yang ketiga adalah pedoman dalam menyusun program baru. Seperti yang sobat ketahui, flowchart ini bisa melihat tahapan proses dalam sebuah program bahkan lengkap dengan segala kegiatan yang terjadi secara rinci ya, nah dengan begitu bisa menjadi salah satu referensi dalam membuat atau mengembangkan sebuah program atau produk nih guys.

Saat kalian mengetahui alur program sebelumnya, maka sobat bisa mencari kekurangan dari alur tersebut sehingga bisa merancang proyek atau program baru dengan memetakan proyek baru ke dalam bentuk flowchart pula, tentu hal ini akan membantu sobat untuk merancang langkah-langkah saat bersama rekan kerja alias berdiskusi bisa juga dalam bentuk persentasi.

4. Dokumentasi dan Mengaudit Setiap Proses

Siapa sangka, flowchart bisa lho menjadi media yang bagus sebagai dokumentasi proses dalam suatu proyek. Jelas ya guys, hal ini dikarenakan flowchart lebih efektif dan efisien digunakan daripada dokumentasi dengan narasi justru hal ini akan menyulitkan orang lain untuk membaca dan membuat malas untuk membacanya.

Contohnya saja, saat kalian uji coba dalam proses pembuatan biskuit saat sobat mendapatkan formulasi dan proses yang tepat sobat bisa membuat dokumentasi berupa diagram alir sehingga memudahkan atasan kalian untuk membaca dan mengamatinya.

Tak hanya itu, dokumentasi tersebut dapat mendeteksi kesalahan dan kekurangan selama proses sekaligus mendapatkan solusinya guys.

5. Persentasi Algoritma

Dan fungsi kelima ini sangat erat dengan seorang programmer, dimana programmer ini terlebih dahulu menentukan algoritma demi menyelesikan proyek tersebut menggunakan SDL. Bagi kalian yang enggak ngerti, SDL itu merupakan suatu bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan perilaku dari sistem tersebut.

Karena flowchart menawarkan berbagai simbol dan gambarnya yang unik sehingga dapat digunakan oleh programmer untuk memetakan sistem yang dirancang, dengan algoritma tersebut maka proyek akan selesai sekaligus sebagai sumber daya yang dapat diterapkan dalam memecahkan suatu masalah.

Baca juga : Poster Adalah – Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Tujuan


Simbol-Simbol Flowchart dan Fungsinya

Sudah dikatakan diawal bahwa dalam pembuatan flowchart biasanya menggunakan simbol-simbol sebagai penanda atau petunjuk dalam suatu proses, apa saja ya simbol-simbol tersebut? Simbol-simbol dalam flowchart yang bisa kalian gunakan dalam merancang suatu sistem atau program berikut fungsi dan gambarnya antara lain:

1. Terminal Point Symbol

Bagi sobat yang ingin memulai merancang flowchart, kalian bisa memulainya dengan simbol ini. Simbol yang biasa disebut simbol titik terminal ini biasa digunakan sebagai penunjuk permulaan (start) dan simbol akhir (stop) dalam suatu flowchart.

2. Flow Direction Symbol / Simbol Arus

Umumnya dalam suatu program ataupun proses menggunakan symbol ini sebagai penghubung antara simbol satu dengan symbol lainnya, atau proses satu dengan proses lainnya, sehingga dapat pula menunjukan garis alir dari suatu proses.

3. Processing Symbol

Sesuai dengan namanya, simbol ini berfungsi untuk menunjukan kegiatan yang dilakukan oleh computer. Sedangkan bagi kalian yang berkecimprung di dunia industri, pasti enggak asing deh. Simbol proses biasa disebut simbol inspeksi dimana menjadi suatu perintah/intrupsi untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan tulisan yang ada didalam simbol tersebut.

Pos Terkait:  Ikan Pari Berkembang Biak Dengan Cara...

4. Decision Symbol / Simbol Keputusan

Pada flowchart program sangat tidak asing kalian menggunakan simbol keputusan, yups saat akan merancang flowchart kemudian memilih proses atau keputusan maka kalian wajib menggunakan simbol ini, buatlah keputusan sesuai dengan kondisi yang ada ya, jangan mengada-ngada, simbol ini biasa digunakan pada flowchart program.

5. Connector (On-page)

Jika sobat sedang merancang beberapa proses, untuk menyambungkannya kalian gunakan simbol connector (on-page) karena simbol ini yang berfungsi untuk menyambungkan satu proses ke proses lainnya dalam halaman yang sama.

6. Connector (Off-page)

Untuk menghubungkan simbol pada halaman satu dengan lainnya alias halaman berbeda maka sobat dapat menggunakan simbol ini, label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka. Sehingga dapat disimpulkan simbol ini berfungsi sebagai simbol penghubung halaman berbeda.

7. Manual Operation Symbol

Jika dalam suatu proses atau kegiatan tidak dilakukan menggunakan komputer atau tidak otomatis maka kalian dapat menyimbolkannya dengan manual Operation Symbol / Simbol Kegiatan.

8. Manual Input Symbol

Simbol manual input simbol berfungsi untuk input data secara manual dengan menggunakan online keyboard pada suatu program. Kalau ada tanda ini di suatu flowchart program hal ini berarti input datanya enggak otomatis ya guys.

9. Simbol Input dan Output

Simbol masuk dan keluar pada suatu flowchart sudah tentu menunjukan proses input dan ouput namun tidak mempertimbangkan jenis peralatan apapun yang digunakan. Nah kalau aplikasi flowchart di industri misalnya food industry pada proses pembuatan jelly drink maka simbol ini ada di sebelah kanan atau kiri misalnya input penambahan gula atau pewarna makanan.

10. Preparation Symbol

Preparation symbol atau simbol persiapan merupakan simbol yang digunakan untuk mempersiapkan tempat penyimpanan (storage) pada suatu proses, selain itu simbol ini juga berfungsi untuk memberi nilai awal pada suatu variabel.

11. Display Symbol

Simbol diatas merupakan simbol display dimana berfungsi untuk menunjukkan penggunaan peralatan output yang digunakan dalam suatu proses atau program, peralatan yang digunakan misalnya layar monitor, printer, plotter dan lain sebagainya.

12. Delay Symbol

Delay Symbol adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan proses delay (menunggu) yang perlu dilakukan. Pada flowchart proses biasanya simbol ini berfungsi untuk material dalam trolley menunggu keputusan diproses lebih lanjut, menunggu hasil quality control awal, menunggu elevator maupun surat untuk diarsipkan.

13. Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisi

Simbol proses terdefinisi sangat umum digunakan pada flowchart proses. Tujuan penggunaan simbol ini adalah untuk menunjukkan pelaksanaan suatu bagian prosedur (sub-proses). Maksudnya adalah, prosedur yang terinformasi di sini belum dirinci secara detail dan ada penjelasannya ditempat lain.

Misalnya dalam flowchart pembuatan minyak kelapa hanya tertulis kata penyaringan, maka akan dirinci proses penyaringannya menggunakan apa, waktunya dan bagaimana proses nya di flowchart lain.

14. Document Symbol

Simbol dokumen sangat sering dipakai pada flowchart laporan, symbol ini memiliki fungsi untuk menunjukkan adanya input yang berasal dari dokumen dalam bentuk kertas, atau output yang perlu dicetak di atas kertas.

15. Multiple Symbol

Tak berbeda dengan simbol dokumen, multiple simpel ini juga berhubungan dengan dokumen namun bedanya adalah input atau output dokumen yang digunakan atau diperlukan jumlahnya lebih dari satu dalam simbol ini.

16. Communication Link Symbol

Jika sobat menemukan simbol ini didalam suatu flowchart program, maka kalian dapat memaknai simbol ini yang menyatakan adanya perpidahan data alias transmisi data dari satu lokasi ke lokasi lain.

17. Simbol Pasangan (Symbol Couple)

Simbol pasangan merupakan simbol berfungsi untuk menunjukkan suatu data/elemen yang dikirimkan dari satu modul kemodul lainnya. Dimana anak panah dengan lingkaran hitam menunjukkan elemen kontrol yang dikirimkan. sedangkan anak panah satunya dengan lingkaran yang kosong menunjukkan data yang dikirimkan.

Pos Terkait:  Bagian Bunga Yang Merupakan Sel Kelamin Jantan

Jenis-Jenis Flowchart

Enggak cuma satu aja sobat, flowchart juga ada banyaknya jenisnya mulai dari flowchart system, hingga flowchart dokumen. So bagaimana fungsi dan penggunaannya masing-masing ya? Check it out!

1. Flowchart Sistem (System Flowchart)

Flowchart sistem diibaratkan sebagai induk dari beberapa flowchart, mengapa demikian? Hal ini sesuai dengan pengertian flowchart sistem yaitu bagan yang menunjukan keseluruhan pekerjaan dari sistem, jadi kumpulan dari beberapa diagram alir proses atau program sesuai dengan urutan prosedur yang ada pada sistemnya sobat juga memperlihatkan apa yang telah dikerjakan oleh sistem.

Contoh dari flowchart sistem adalah flowchart proses pembuatan biscuit meliputi proses pembuatan adonan dan topping semua berada dalam satu sistem, sehingga akan terlihat apa yang sedang berjalan, sudah dikerjakan dan belum dikerjakan sesuai dengan estimasi waktu yang ditentukan.

2. Flowchart Dokumen (Dokument Flowchart)

Berhubungan dengan penggunaan flowchart sebagai media dokumentasi, flowchart jenis ini juga sering disebut flowchart formuliran, dimana menggambarkan proses produksi atau program dalam bentuk laporan dilengkap formulir lengkap serta tembusan-tembusannya.

Untuk simbol-simbol yang akan digunakan pada flowchart dokumen enggak beda kok dengan flowchart sistem.

3. Flowchart Proses (Process Flowchart)

Bagi kalian yang akan membuat diagram alir proses pembuatan suatu produk atau proses pekerjaan sangat tepat untuk memutuskan menggambarkan proses tersebut secara mendetail, jelas dan tepat menggunakan flowchart proses. Sehingga sobat akan bisa melihat urutan proses didalam sistem dengan rinci dan mempermudah membacanya.

Bukan Cuma untuk melihat prosedur dalam suatu proses produksi. Flowchart proses juga umum digunakanuntuk melihat jarak dari langkah satu ke langkah yang lain, lengkap dengan waktu proses, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam setiap proses.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)

Flowchart program adalah salah satu flowchart turunan selain flowchart proses dari flowchart sistem yakni berisikan diagram alir yang memperlohatkan tahapan proses dalam suatu program. Adanya flowchart ini berguna untuk memudahkan para analisis dan programmer dalam memahami suatu program.

Perbedaan lainnya adalah flowchart program terbagi atas dua antara lain flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terperinci (detailed computer program flowchart).

5. Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

Mungkin diantara kalian menggap flowchart skematis ini mirip dengan flowchart sistem, dimana keduanya sama-sama digunakan untuk menggambarkan prosedur dalam suatu sistem dan simbol-simbolnya pun sama. Namun tetap ada bedanya ni guys, skematis memiliki simbol yang beraneka ragam serta menggunakan gambar komputer dan peralatan lainnya.

Sehingga penggunan flowchart jenis ini sedikit berbeda dibandingkan lainnya, karena memiliki simbol yang tidak umum yang sulit dapat dimengerti oleh pembaca alias bersifat secret, akibat kerumitannya udah dipastikan membuat flowchart ini memakan waktu yang lebih lama ya guys.


Contoh Flowchart

Agar sobat benar-benar memahami dan siap untuk membuatnya, sebaiknya kalian juga simak dulu nih contoh flowchart yang sangat familiar sobat temui, penasaran? Cuss lihat contoh flowchartnya dibawah ini:

1. Flowchart Proses Cuci Tangan

Berikut ini contoh flowchart proses dalam kegiatan mencuci tangan, simbol yang digunakan meliputi terminal point, simbol output dan input dan simbol keputusan.

Flowchart mencuci tangan

2. Flowchart Proses Pembuatan Gula Kelapa

Bagi kalian yang sedang membuat flowchart proses untuk kebutuhan industri terutama pada pengolahan pangan bisa nih menjadi referensi sobat. Contoh flowchat proses pembuatan gula kelapa sebagai berikut.

Dengan demikian membuat flowchart kini bukanlah hal yang sulit ya guys, bukan hanya programmer sobat juga bisa lho membuatnya. So kalian siap mencobanya?