close

6 Fungsi dari Microsoft Excel yang Perlu Diketahui

Fungsi Microsoft Excel sangat beragam, Excel sendiri memiliki fungsi utama yakni software atau aplikasi pengolah angka. Adapun kegunaan utama dari Microsoft Excel ini seperti mengentri data, dan hampir semua aspek menggunakan Microsoft Excel.

Microsoft Office Excel banyak dimanfaatkan di berbagai bidang industri, sehingga banyak yang mempelajari Microsoft Office Excel. Namun, sebelum mempelajari skill dasar dari Microsoft Office Excel, terlebih dahulu untuk memahami dan mengerti fungsinya, berikut beberapa fungsinya:

1. Fungsi Kompatibilitas

Excel memiliki berbagai macam perubahan salah satunya di fungsi kompatibilitas. Dimana ada fungsi baru yang memiliki akurasi yang baik, yakni mempunyai nama yang dapat mencerminkan pengguna pada Excel 2010 yang memperbarui fitur kompatibilitas.

Pada Excel 2007 fungsi ini masuk dalam kategori Statistik atau Matematika. Fungsi Kompatibilitas ini, memiliki beberapa fungsi yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti fungsi RANK yang dapat mengembalikan peringkat  dalam satu daftar bilangan.

2. Fungsi Keuangan

Microsoft Excel juga sering digunakan dalam bidang perbankan maupun di berbagai sektor industri. Seperti fungsi dari Microsoft Office Excel ini sering digunakan di berbagai bidang keuangan. Seperti fungsi ACCRINT yang berfungsi untuk mengembalikan bunga akrual.

Pos Terkait:  Ketahui Cara Kerja IoT (Internet of Things) dan Unsur-unsurnya

Fungsi ini juga berfungsi dalam kehidupan sehari-hari di dunia pendidikan, seperti pada jurusan Akuntansi. Fungsi ini juga dapat berfungsi dalam bidang investasi. Seperti fungsi PDURATION 2013 yang berfungsi untuk mengembalikan jumlah periode diperlukan dalam investasi.

3. Fungsi Tanggal dan Waktu

Untuk fungsi Tanggal dan Waktu Ini digunakan untuk meminimalisir kesalahan memasukkan angka dalam data. Perlu diketahui bahwa fungsi ini juga digunakan diberbdi berbagair industri seperti dalam absensi yang berfungsi untuk mengatur daftar kehadiran para karyawan.

Fungsi Tanggal dan Waktu juga dapat menghitung usia pengguna. Seperti pada fungsi DATEDIF yang dapat menghitung jumlah tahun, jumlah bulan dan hari antara dua tanggal sekaligus. Fungsi ini berguna juga di dalam rumus ketika menghitung usia.

4. Fungsi Database

Excel memiliki banyak fungsi yang sangat membantu dalam mengolah suatu data, salah satunya yaitu, fungsi Database. Fungsi yang didesain untuk pengolahan data yang berhubungan dengan database. Fungsi ini biasanya digunakan untuk data yang cukup banyak.

Fungsi ini juga dapat menghitung nilai dari simpangan baku berdasarkan dari sentry database seperti pada fungsi DSTDEV. Fungsi ini berfungsi dapat mengekstrak dari  rekaman database yang cocok pada suatu kriteria tertentu seperti DGET.

Pos Terkait:  Begini Cara Membuat Link WA di Bit.ly Gratis dan Mudah

5. Fungsi Matematika dan Trigonometri

Fungsi Matematika dan Trigonometri menjadi pembelajaran dasar dalam menggunakan Microsoft Office Excel. Serta fungsi ini bahkan sering digunakan hampir di seluruh kalangan dan berbagai macam tingkatan. Yang menjadi suatu pacuan awal dalam mempelajari dasar Excel.

Fungsi ini sudah tak asing lagi seperti, fungsi SUM yang dapat digunakan dalam menjumlahkan beberapa data dalam satu range. Fungsi Matematika dan Trigonometri seperti fungsi ROUND, SQRT, SUMIF dan masih banyak lagi.

6. Fungsi Teks

Excel bukan hanya digunakan dalam pengolahan angka saja namun Excel juga berfungsi dalam mengkonversi angka menjadi teks, yang biasa digunakan dengan format mata uang. Fungsi Teks juga berfungsi untuk mengembalikan karakter dengan nomor kode tertentu.

Itulah fungsi dari Microsoft Office Excel dari banyaknya fungsi, yang dimanfaat dan sering digunakan oleh para pengguna untuk berbagai hal. Seperti dalam perbankan, pendidikan, dan sektor bidang industri lainnya yang memanfaatkan pengolahan data pada angka.