close

Cara Cek Spek Laptop di Windows 7, 8, 9, 10 dan 11 Terbaru

Cara Cek Spek Laptop – Pengguna laptop mulai dari Windows 7 hingga 11 harus mengetahui cara cek spek laptop terbaru yang mudah untuk diikuti. Pastinya pengguna tak akan kesulitan untuk menjalankannya karena tahapan demi tahapan yang ada tidaklah sulit.

Oleh sebab itu, pengguna harus segera memahami di setiap tahapannya. Spek laptop merupakan komponen yang penting dan berada pada satu laptop. Tentunya setiap merek memiliki spesifikasi yang berbeda dengan kelebihan maupun kelemahan yang tak sama.

Cara Melihat Spek Laptop

Spek laptop pada setiap versi Windows tentunya berbeda. Terlebih lagi terkadang beberapa merk juga menghadirkan spesifikasi yang berbeda pada laptop buatannya. Hal tersebut akan dapat diketahui secara keseluruhan.

Jika sudah mengetahui spek dari laptop yang digunakan, tentu akan membuat pengguna lebih mudah saat membutuhkannya. Pengguna juga bisa menyesuaikan penggunaan berdasarkan spek yang dimiliki.

Cara cek spek laptop pada Windows 7 hingga pada Windows 11 bisa dilakukan dengan mudah melalui pengaturan pada laptop. Tentunya semua laptop memiliki menu tersebut. Inilah tahapan dalam mengecek spek laptop melalui pengaturan:

  • Temukan menu pengaturan di laptop.
  • Jika belum bisa ditemukan, pengguna dapat mencarinya pada keyboard berlogo Windows.
  • Usai menemukannya, pilih tab sistem.
  • Kemudian terdapat menu bertuliskan “About”.
  • Klik menu tersebut.
  • Detail mengenai spek laptop akan muncul dan bisa diketahui semuanya.
  • Mulai dari Device Name hingga pada Pen & Touch bisa langsung diketahui pengguna.
  • Jika perlu untuk menyimpannya, pengguna bisa melakukan screenshot.
  • Tinggal klik tombol cepat Windows + Prt Sc untuk menangkap jepretan layar.
Pos Terkait:  4 Cara Bobol Wifi Indihome Dengan Hp 100% berhasil

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selanjutnya merupakan cara untuk mengetahui spek laptop dengan aplikasi pihak ketiga. Tentunya banyak aplikasi yang dibuat untuk membantu pengguna mengetahui spesifikasi laptopnya. Beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. CPU-Z

Aplikasi yang pertama ini kerap digunakan oleh banyak orang untuk mengecek spek dari sebuah laptop. CPU-Z sendiri bisa diunduh melalui internet. Proses install program atau aplikasi tersebut pun tidaklah sulit, pengguna cukup mengikuti instruksinya.

Nantinya usai berhasil dipasang pada laptop, CPU-Z akan segera menampilkan keseluruhan speknya. Mulai dari nama laptop, memori, grafik, dan spesifikasi lainnya yang berhubungan dengan laptop tersebut. Tentunya aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan.

2. Speccy

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Speccy juga perlu melakukan unduhan terlebih dahulu baru bisa memasangnya. Aplikasi untuk cek spek laptop yang ringan ini tentu mudah untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini menerbitkan versi yang gratis dan premium.

Pengguna versi gratis akan dapat mengecek spek laptop dengan mudah dan tak akan kesusahan. Kemudian jika versi premium, pengguna akan mendapatkan pembaruan otomatis serta dukungan lainnya. Dengan begitu akan bermanfaat menggunakan Speccy yang premium.

Pos Terkait:  4 Cara Copy Paste di Laptop atau Komputer

3. Lenovo Vantage

Aplikasi terakhir yang akan diulas ini merupakan besutan dari brand Lenovo. Setiap versi dari laptop Lenovo pasti sudah dibekali dengan aplikasi tersebut. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengguna laptop Lenovo.

Mulai dari semua hal tentang spesifikasi laptop yang dimiliki, hingga pada pembaruan sistem tersedia pada aplikasi ini. Pengguna bisa langsung mengaksesnya saat aplikasi tersebut pertama kali dibuka di layar. Tentunya kemudahan ini akan mempercepat waktu.

Kedua ulasan tentang cara cek spesifikasi laptop berdasarkan jenis OS Windows yang dimiliki oleh pengguna di atas bisa langsung diikuti. Tahapannya sesuaikan dengan Windows yang dimiliki oleh pengguna. Pastinya mudah untuk dioperasikan.

Demikian ulasan mengenai cara cek spek laptop mulai dari Windows 7, 8, 9, 10, dan juga 11 yang bisa diikuti. Tentunya pengguna bisa langsung mengikutinya karena tahapan yang telah dijelaskan di atas tidak susah diikuti.