close

Kartu Memori Tidak Terbaca? Ini 5 Cara Ampuh Untuk Solusinya!

Kartu memori tidak terbaca adalah suatu permasalahan yang sering terjadi dalam penggunaan alat penyimpanan tersebut. Hal ini bisa berakibat fatal, karena banyaknya dokumen yang tersimpan di dalamnya.

Tidak perlu panik, kartu memori yang tidak terbaca masih bisa diatasi dengan beberapa cara tanpa harus melakukan format ulang. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar kartu memori bisa terbaca:

Baca juga: 5 Cara Menambah Memori HP Agar Kinerja HP Tidak Terganggu

1. Lakukan Pembersihan Kartu Memori

Terkadang kartu memori tidak terbaca bisa disebabkan oleh hal sepele seperti kartu kotor. Ini sering tidak disadari, karena kartu memori terus tersimpan di dalam ponsel. Lempengan SD Card adalah bagian yang sering kotor dan tergores.

Cobalah untuk membersihkan kartu memori dengan kain lembut. Lakukan secara perlahan, agar kartu tidak tergores dan hindari menggunakan cairan pembersih apapun. Cukup usapkan kain, agar debu dan kotoran hilang namun tidak menggores bagian lempengan.

2. Pasang Memori di Perangkat Lain

Kartu memori yang tidak bisa dibaca bisa saja bukan karena kartunya rusak, namun karena perangkatnya tidak kompatibel. Untuk memastikannya, pasang SD Card di perangkat lain. Kartu memori yang memiliki kapasitas besar bisa saja tidak terbaca di HP.

Pos Terkait:  Ketahui Cara Kerja IoT (Internet of Things) dan Unsur-unsurnya

Dengan memasang kartu memori ke ponsel lain atau card reader, maka bisa diketahui dengan pasti apakah masalah ada pada kartu atau ponselnya. Dengan begitu, solusi yang tepat bisa dilakukan tergantung dengan penyebabnya.

3. Perbaiki Kartu Memori di Komputer

Kartu memori yang rusak atau tidak terbaca bisa diperbaiki melalui komputer. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki kartu memori:

  • Masukkan kartu memori ke card reader.
  • Hubungkan card reader ke komputer.
  • Buka menu Windows Explorer, kemudian pilih File Explorer.
  • Kemudian klik kanan yang ada di bagian drive kartu memori.
  • Selanjutnya, klik menu properties.
  • Dilanjutkan dengan klik tools.
  • Kemudian pilih opsi Check Now, dan dilanjutkan dengan mencentang kolom yang bertuliskan Fix System Errors.
  • Pilih tombol Scan for and Attempt Recovery of Bad Sector.
  • Klik menu Start dan tunggu proses perbaikan yang akan dimulai hingga selesai.

4. Restart Ponsel

Restart perangkat bisa menjadi pertolongan pertama saat kartu memori tidak terbaca. Cara ini paling mudah dilakukan serta tidak menimbulkan resiko apapun. Mungkin saja sistem pada ponsel belum siap mengakses kartu memori sehingga tidak terbaca.

Cobalah untuk restart ponsel kemudian lepas kartu memori untuk beberapa saat. Pasang kembali kartu dan lihat apakah kartu memori masih tidak bisa terbaca. Hindari terlalu sering melepas kartu memori agar tidak terjadi kerusakan.

Pos Terkait:  6 Fungsi dari Microsoft Excel yang Perlu Diketahui

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga juga bisa digunakan untuk mengecek serta memperbaiki kerusakan pada SD Card. Salah satu aplikasi yang bisa dicoba adalah Minitool Partition Wizard. Berikut langkah-langkah memperbaiki kartu memori menggunakan aplikasi tersebut:

  • Install versi gratis Minitool Partition Wizard di komputer atau laptop.
  • Hubungkan kartu memori ke laptop menggunakan smartphone.
  • Pilih driver yang sesuai dengan SD Card.
  • Klik Check File System.
  • Pilih Check and Fix Detected Errors.
  • Klik Start.
  • Tunggu hingga perbaikan selesai.

Apabila semua cara sudah dilakukan namun kartu memori masih saja tidak terbaca, maka pilihan terakhir adalah dengan melakukan format ulang. Meskipun cara ini beresiko, namun ini bisa dilakukan jika memang kartu memori masih ingin digunakan.

Kartu memori tidak terbaca bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dengan mencoba mengatasinya dengan cara paling sederhana, penyebab kondisi tersebut bisa ditemukan. Oleh sebab itu, cobalah cara sederhana sebelum berlanjut menggunakan cara kompleks dan beresiko.