close

Cara Membuat Spiral Betty yang Lagi Trend di Tiktok

Beberapa waktu lalu, TikTok sempat diramaikan dengan banyaknya unggahan foto berbentuk spiral dari para penggunanya. Bagi yang belum familiar, foto-foto tersebut merupakan hasil editan dari situs bernama spiralbetty.com. Tren tersebut populer dengan hashtag Spiral Betty.

Spiral Betty adalah situs penyedia tools untuk membuat efek spiral pada foto. Situs ini menyediakan secara gratis tiga jenis spiral untuk diterapkan. Pembuatan Spiral Betty terinspirasi karya Claude Mellan, yaitu ukiran satu baris Saint Veronica.

Cara Membuat Spiral Betty

Cara penggunaan Spiral Betty sangat sederhana, tidak serumit aplikasi ataupun software yang ada di smartphone dan laptop. Secara garis besar, prosesnya hanya mengunggah, memangkas, serta memberi efek saja. Tersedia efek spiralize dots, spiral, dan lines.

Jika ingin memenuhi foto dengan bulatan-bulatan kecil, pilihlah dots. Untuk tampilan foto yang bergaris-garis, pilihlah lines. Nah, jika menginginkan efek bulatan-bulatan besar hingga membentuk spiral, pilihlah efek spiral. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Spiral Betty:

  • Bukalah browser handphone ataupun laptop, kemudian ketiklah spiralbetty.com pada kolom pencarian dan tekan ‘Enter’. Tunggulah sampai layar beralih ke laman baru.
  • Apabila sudah muncul lamannya, pilihlah menu ‘Spiral’. Letak menunya ada di bawah tulisan ‘Spiral Betty’.
  • Setelah ini, unggahlah foto yang ingin diberi efek. Caranya dengan mengklik ‘+Upload Image’, nanti pengguna akan diarahkan ke galeri penyimpanan foto.
  • Klik tanda ‘Centang’ jika sudah selesai mengatur bagian foto aman yang ingin diberi efek. Setelah ini, aturlah ‘Rings’, ‘Scale’, ‘Lightness’, dan ‘Contrast’ sesuai keinginan.
  • ‘Rings’ berfungsi untuk mengatur banyaknya spiral, sedangkan ‘Scale’ digunakan untuk mengatur besar kecil foto. ‘Lightness’ mengatur kecerahan foto, dan ‘Contrast’ mengatur kontras warna.
  • Apabila ingin mengubah warna batas, pengguna bisa mengklik ikon beralih. Letaknya ada di antara ikon save dan hapus.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik ikon download berbentuk panah ke bawah yang ada di layar.
  • Foto dengan hashtag ‘Spiral Betty’ sudah siap untuk dibagikan ke TikTok ataupun media sosial yang lainnya.
Pos Terkait:  Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA yang Cepat dan Efisien

Mengetahui Manfaat Lain dari Spiral Betty

Meskipun kesannya hanya untuk iseng-iseng saja, namun ternyata output gambar dari Spiral Betty ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Namun jika membutuhkannya untuk kebutuhan komersial, pengguna bisa membeli dahulu lisensi dari situs tersebut.

Spiral Betty menyediakan lima jenis lisensi. Tiga jenisnya merupakan lisensi royalty free, satu lisensi khusus untuk crafters, dan satu lisensi khusus untuk keperluan enterprise. Setelah memiliki salah satu lisensinya, pengguna bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan berikut:

  • Gambar untuk kaos sablon. Penggunaan gambar dari Spiral Betty bisa membuat gambar di kaos terlihat unik.
  • Untuk piringan dari bahan kayu. Karena situs ini saja terinspirasi dari ukiran satu baris, maka penggunaannya pada piringan kayu pun akan menghasilkan gambar yang bagus.
  • Untuk garskin laptop. Nantinya stiker ini bisa digunakan untuk garskin laptop, buku, ataupun stiker sablon permanen untuk barang seperti mug dan piring.
  • Desain bordir kain. Tidak hanya untuk stiker dan sablon, desain dari Spiral Betty ini juga bisa diterapkan pada kain. Gambar bisa dibuat dengan mesin bordir.
  • Layout untuk memo. Memo yang biasanya polos akan terlihat unik jika memiliki hiasan seperti efek dari Spiral Betty.
Pos Terkait:  220 Nn RP Yeoja Aesthetic dan Langka

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat Spiral Betty yang sempat tren di TikTok dan beberapa manfaat lainnya. Untuk menghargai jerih payah kreator Spiral Betty, jangan lupa membeli lisensi di situs spiralbetty.com jika penggunaannya untuk keperluan komersil.

Contents »»