close

Cara Mengaktifkan USB Debugging Lewat PC dengan Mudah

Mengaktifkan USB melalui PC ini berfungsi sebagai jembatan antara PC dengan Smartphone, sehingga pengguna dapat memulihkan file yang hilang, terhapus, dan sebagainya. Namun, bagaimana cara mengaktifkan USB debugging lewat PC?

Untuk mengaktifkannya pengguna memerlukan perangkat android juga menggunakan perangkat lunak pemulihan. Perangkat lunak seperti FILERECOVERY dan juga RescuePRO yang dapat membantu pengguna untuk mengaktifkan USB debugging lewat PC tapi apa yang disebut USB Debugging?

Baca juga: 3 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Apa Itu USB Debugging?

USB Debugging yang sering digunakan merupakan yaitu salah satu opsi yang dapat diakses dengan menggunakan fungsi USB pada Android dan juga PC. Fungsi utama pada USB Debugging yaitu sebagai jembatan perantara antara PC dengan Android.

Sehingga para Developer menggunakan proses ini sebagai bahan untuk menguji software dan menemukan masalah dengan menggunakan Android Software Development. USB Debugging juga digunakan untuk membantu menginstal custom recovery, melakukan root, menginstal custom rom, dan sebagainya.

Opsi Pengembang ini, juga memiliki banyak tools yang dapat digunakan dan dimanfaatkan, seperti Debugging Networking, Input Drawing, Monitoring dan pengaturan lainnya. Fitur ini sangat berfungsi bagi para Developer Aplikasi Android, maupun lainnya.

Baca juga: Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan USB/Kabel Data Biasa

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Sebelum mengaktifkan USB Debugging, maka pengguna perlu masuk ke dalam mode pengembangan atau disebut Developer Option. Mode ini biasa digunakan untuk mengetahui fitur atau informasi lebih tentang sistem pada Smartphone salah satunya fitur USB Debugging.

Pos Terkait:  Kartu Memori Tidak Terbaca? Ini 5 Cara Ampuh Untuk Solusinya!

1. Menggunakan Android

Fitur tersebut biasanya digunakan untuk Android 4.2 ke atas, sedangkan untuk Android 4.2 ke bawah bisa melewatkan langkah ini. Cara mengaktifkan Developer Options pada versi Android 4.2 seperti pada langkah dibawah ini:

  • Langkah yang pertama masuk ke menu setting pada ponsel.
  • Kemudian masuk ke menu tentang telepon dan akan muncul informasi seperti versi android, nomor, dan lain-lain.
  • Selanjutnya klik 5-10 kali pada informasi tentang OS Smartphone.
  • Tunggu sampai muncul peringatan bahwa pengguna masuk ke mode pengembang.
  • Jika tidak ada maka pengguna dapat klik sembarang atau tap random di setiap informasi seperti versi Android dll.
  • Selanjutnya cari menu mode pengembang biasanya masuk melalui klik setting > developer options. Dan ada beberapa melalui setting > more > developer options.
  • Lalu aktifkan mode pengembang atau developer options.

2. Menggunakan PC

Setelah diaktifkan maka pengguna dapat menghubungkan Smartphone dan PC. Namun langkah di atas hanya untuk Android 4.2 ke atas. Berikut cara mengaktifkan USB debugging lewat PC di Android selain dari versi Android 4.2:

  • Android 2.0-2.3.x dapat mengaktifkan dengan buka Setting > Applications > Development (Pengembang) > klik centang pada USB Debugging > Ok.
  • Pada Android 3.0-4.1.x klik Settings > Development Options (Opsi Pengembang) Ok.
  • Versi Android 5.0 ke atas, menggunakan cara di atas yaitu pengguna dapat melakukan cara dengan versi Android 4.2, yang membedakan hanya pada tampilannya saja.
Pos Terkait:  Cara Menghapus Video Yang Sudah di Download di VIU

Namun pengguna hanya dapat mengaktifkan USB Debugging ketika membutuhkannya. Sebab jika dibiarkan hidup setelah digunakan maka akan mempengaruhi tingkat keamanan pada Android.

Solusinya pengguna dapat mengaktifkan USB Debugging setelah digunakan atau menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Mudah untuk dilakukan bukan?

Demikianlah cara mengaktifkan USB Debugging lewat PC dengan mudah, USB Debugging ini sangat berguna salah satunya untuk mengakses sistem Android dan memodifikasinya. Namun USB Debugging juga memiliki resiko seperti pencurian data pribadi, dan lainnya.