close

23 Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Modal Kecil

Usaha Sampingan – Sudah memiliki pekerjaan namun merasa gaji yang didapatkan kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Mengapa tidak mencoba membuka usaha sampingan. Ini akan membantu memberikan pendapatan sampingan untuk memenuhi kehidupanmu.

Saat ini membuka usaha sampingan meskipun sudah bekerja menjadi hal yang biasa dilakukan. Mengingat kondisi perekonomian yang terkadang menjadi tidak menentu membuat harga barang-barang semakin meningkat

Jadi mengandalkan gaji bulanan yang didapatkan rasanya tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Karena itulah membuka bisnis sampingan dapat menjadi solusi terbaik untuk memenuhi ketidakcukupan dalam hidup.


Tips Memulai Usaha

Meskipun usaha sampingan menjadi solusi demi mendapatkan penghasilan tambahan. Namun ini tak mudah dilakukan karena kamu harus bisa membagi waktu dan pikiran untuk bisnis dan pekerjaan utamamu. Tips dibawah ini bisa membantu kamu mengatur strategi.

1. Membuat Jadwal Yang Ketat

Sebelum memilih bisnis apa yang ingin kamu jalani, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal yang kamu miliki sebaik mungkin. Ini sangat membantu untuk memprioritaskan sekecil waktu apapun yang kamu miliki.

Apalagi kamu harus membagi waktu dengan baik antara 2 pekerjaan tersebut. Sehingga keduanya bisa berjalan baik secara bersamaan. Dengan adanya jadwal tersebut, jadi waktu antara bisnis dan pekerjaan utama sebagai karyawan bisa terpisah jelas.

Membuat jadwal yang ketat disini adalah kamu harus bisa mengerjakan semua pekerjaan sesuai deadline dan prioritas waktu.

2. Fokus, Kerjakan Satu Bisnis Saja

Saat ingin membuka sebuah usaha, terkadang banyak orang berpikir untuk memiliki banyak usaha sehingga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Hal ini sebenarnya tidak salah, namun sebaiknya lakukan ini saat bisnis telah berkembang dalam waktu lama.

Jika masih awal apalagi jika kamu memiliki kewajiban sebagai karyawan, akan lebih baik untuk memfokuskan pada 1 bisnis saja. Sehingga pikiranmu bisa lebih fokus saat menjalankan serta mengembangkan usaha sampingan tersebut

3. Sesuaikan Kemampuan Dan Kondisi

Meskipun ingin membuka usaha, bukan berarti jika kamu melupakan pekerjaan utama sebagai karyawan. Karena itulah pembagian waktu penting dilakukan

Selain itu memilih usaha sampingan juga harus disesuaikan dengan kondisi serta kemampuan yang dimiliki, jangan sampai dipaksakan. Misalnya saja kamu hanya memiliki waktu di akhir pekan, maka bukalah jenis bisnis yang bisa dikerjakan di akhir pekan saja.

sesuaikan pula dengan kondisi finansial. Jangan memaksa membuka usaha sampingan dirumah yang membutuhkan modal besar. Sedangkan kondisi finansialmu sedang tidak mencukupi.

4. Buat Perencanaan Bisnis Yang Matang

Apapun bisnis sampingan rumahan yang akan dikerjakan, semuanya butuh persiapan matang. Inilah kunci jika kamu ingin bisnis tersebut bisa sukses nantinya. Buat perencanaan dengan jelas dan terukur dalam bisnis tersebut.

Sehingga nantinya memudahkan kamu saat ingin menjalankan bisnis. Dan tentu saja ini juga akan mempermudah kemajuan usaha sampingan tersebut kedepannya.

Lalu apa yang harus dibuat dalam perencanaan bisnis tersebut? Sesuaikan dengan kondisi sekarang serta beberapa waktu kedepan. Perhitungkan dengan baik sehingga kamu bisa menjalankan 2 pekerjaan tanpa mengorbankan salah satunya.

5. Siapkan Modal

yang dimaksudkan modal disini tidak hanya uang. Meskipun uang juga menjadi salah satu modal yang dibutuhkan, namun masih banyak modal lain yang juga harus dipenuhi. Sehingga hindari pemikiran tentang uang selalu menjadi modal utama dalam berbisnis.

Persiapkan pula skill yang kamu miliki, yang mana bisa dimanfaatkan dalam bisnis sampingan tersebut. Sehingga bisnis tersebut nantinya bisa berkembang lebih besar lagi kedepannya.

6. Lakukan Segera

Setelah semua persiapan telah matang, kini langkah selanjutnya adalah segera lakukan. Jangan menunda memulai bisnis, karena banyak diluaran sana yang memiliki ide bisnis seperti yang kamu miliki.

Yakin akan usaha yang akan kamu rintis tersebut bisa sukses. Buang rasa takut akan gagal karena itulah yang malah bisa menghambat kesuksesan yang dapat kamu raih.


Jenis Usaha Sampingan

Usaha sampingan

Saat ini ada banyak jenis-jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan sebagai karyawan, baik menggunakan modal besar maupun modal kecil sekalipun. Jika kamu sedang mencari cari peluang bisnis yang menguntungkan, mungkin ide bisnis ini bisa dicoba.

1. Berjualan Online

Jika mencari ide bisnis yang menjanjikan bagi karyawan, maka bisnis berjualan online seperti ini bisa dilakukan.

Apalagi zaman yang kini serba canggih dan instan, sehingga membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk berbelanja online.

Peluang ini tentunya bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Apalagi bisnis ini bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun, sehingga kamu bisa mengatur waktu agar tidak mengganggu pekerjaan utama sebagai karyawan.

Selain itu kamu juga bisa menjual apapun secara online, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, barang elektronik, hingga makanan sekalipun bisa dijual secara online. Dan kamu pun juga bisa memanfaatkan sosial media, e-commerce dan website untuk berjualan.

2. Berjualan Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik juga jadi bisnis di rumah modal kecil yang bisa dipilih karyawan. Baik teman kantor, teman kos, bahkan tetangga bisa menjadi target pasar yang menggiurkan. Bahkan tanpa disadari tentunya akan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Pos Terkait:  Wirausaha : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Contohnya

Kamu bisa memulai bisnis dengan modal kecil terlebih dahulu dan memilih jenis pulsa elektrik. Sangat mudah tanpa harus mengeluarkan biaya besar bahkan waktu berbisnis juga fleksibel.

bagaimana modal yang dibutuhkan? Dengan modal 500 ribu hingga 1 juta rupiah saja kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. Untuk memulai, umumnya kamu hanya perlu mendaftar dan mendepositkan dana. Setelah itu saldo bisa digunakan untuk bertransaksi.

3. Jasa Laundry Kiloan

Di kehidupan modern saat ini, semua orang ingin hal yang serba praktis dan tidak repot. Termasuk pula untuk urusan mencuci hingga menyetrika pakaian. Ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan

Kamu bisa membuka jasa laundry kiloan, dimana modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Kunci sukses menjalankan bisnis ini dengan memilih lokasi usaha yang tepat. Terutama dekat dengan kampus, perkantoran, maupun kos-kosan.

Namun kamu pun bisa membuka usaha ini di rumah jika ingin lebih menghemat biaya. Kamu bisa memulainya dengan 2 mesin cuci dan pengering saja. Jika terlalu merepotkan dikerjakan sendiri, tak ada salahnya memiliki 1-2 karyawan.

4. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Rasanya bisnis ini tidak pernah sepi konsumen, mengingat banyak orang yang kini memiliki kendaraan pribadi sendiri. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak orang saat ini yang tak ingin repot. Sehingga urusan cuci kendaraan, mereka pasti akan memilih jasa seperti ini.

Modal yang dikeluarkan relatif lebih terjangkau. Dan untuk pemula, mungkin bisa membuka jasa cuci motor terlebih dahulu saja. Kebutuhan alat yang dimiliki juga sederhana karena hanya membutuhkan pompa air, kompresor, sabun motor, kain lap, dan semir motor.

Meskipun dalam bidang ini mungkin kamu akan memiliki banyak kompetitor, namun harga, kualitas dan pelayanan terbaiklah yang akan menjadi kunci utama dalam mengembangkan bisnis ini.

5. Menjual Pakaian Murah

Bisnis ini mungkin akan sangat cocok bagi karyawan yang ingin mengelola usaha sampingan yang sederhana. Hal ini karena pakaian adalah produk yang tahan lama dan tidak ada kadaluarsa, apalagi pakaian adalah kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan.

Bisnis ini sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan karyawan saja, namun ibu rumah tangga hingga mahasiswa juga bisa melakukannya karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar tergantung dari stok yang akan diambil.

Apalagi jika kamu menjalankan bisnis pakaian murah, dengan modal sedikit saja sudah banyak barang yang bisa kamu dapatkan. Yang terpenting kamu bisa mencari produsen pakaian yang menjual dengan harga murah namun tetap berkualitas.

6. Menjual Kue

Bagi kamu yang memiliki skill atau gemar membuat kue, manfaatkan kemampuan dan hobi yang kamu miliki tersebut untuk memulai bisnis sampingan. peluang usaha modal kecil ini bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit jika dikerjakan dengan serius.

Mulai dari kue basah ataupun kue kering bisa kamu coba. Untuk permulaan, kamu bisa menawarkan macam-macam kue buatanmu kepada teman kerja di kantor. Pastikan rasa dan kualitas kue buatanmu memang enak dengan harga yang juga terjangkau.

7. Menjual Makanan Untuk Sarapan

Sama seperti usaha sebelumnya, ide bisnis ini juga bisa dikerjakan jika kamu memiliki kemampuan memasak. Menyediakan sarapan ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan, terlebih banyak karyawan yang biasanya tidak sempat menyiapkan sarapan sendiri

Kamu bisa menjualnya di halaman depan rumah atau bahkan menawarkannya kepada teman-teman di kantor. Buatlah menu-menu yang menarik, enak dan juga mengenyangkan. Apalagi dengan harga yang murah pasti akan banyak konsumen yang menyukainya.

8. Blogger

Menjadi blogger juga menjadi peluang bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan bagi kamu yang juga bekerja sebagai karyawan. Bukan hanya tidak membutuhkan banyak modal, namun bisnis ini bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun sesuai waktu yang kamu miliki.

Kunci sukses menjalankan bisnis ini adalah bagaimana untuk membuat blog yang kamu buat ramai dikunjungi. yaitu dengan membuat konten-konten menarik dan ramah SEO, sehingga banyak orang yang mengaksesnya

Jika blog tersebut ramai, tentunya ini akan menarik pihak lain untuk memasang iklan atau mengajak kamu berkolaborasi. Dan lambat laun bukan tidak mungkin pekerjaan blogger yang kamu lakukan tersebut bisa menjadikanmu seorang influencer

9. Jasa Penerjemah

Dalam dunia pendidikan saat ini, penggunaan bahasa asing dalam buku, jurnal, dan karya ilmiah adalah hal yang wajar. Hanya saja tak semua orang di Indonesia bisa memahami dan menguasai bahasa asing dengan baik.

Karena itulah jasa penerjemah kini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa dijalani tanpa harus mengeluarkan modal. Bahkan banyak mahasiswa yang kini juga menjalani ide usaha sampingan ini.

Jika kamu memang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, menjadi penerjemah adalah pilihan bisnis yang brilian. Bahkan kamu bisa memasarkan jasa kamu melalui internet.

Pos Terkait:  3 Cara Agar Lebih Fokus Dalam Bisnis Online

pasanglah tarif dan pelayanan yang terbaik, dengan begitu akan semakin banyak konsumen yang menggunakan jasamu.

10. Warung Kopi

Kehadiran kedai kopi saat ini memang menjamur dan memiliki banyak peminat. Sehingga bukan menjadi ide yang buruk bagi kamu yang ingin membuka bisnis sampingan. Apalagi jika kamu memiliki kemampuan dalam meracik kopi, tentu ini bisa menjadi tambahan

Pertimbangkan target pasar, lokasi, serta budget yang dibutuhkan. Jika dana yang dimiliki terbatas, buka saja warung kopi sederhana kekinian di rumah. Terutama jika lokasi rumahmu dekat dengan kampus atau perkantoran, ini akan sangat menguntungkan.

Jika dihitung-hitung, bisnis ini sangatlah menjanjikan dan keuntungan yang didapatkan pun juga bisa berlipat-lipat. Tak hanya kopi, kamu pun juga bisa menjual minuman atau makanan lain yang mungkin disukai.

11. Usaha Fotokopi dan Printer

Ide bisnis ini akan sangat cocok jika bermukim di kawasan kampus maupun perkantoran. Kamu tak perlu membukanya sepanjang hari, cukup saat di waktu senggang saja sudah bisa sangat menguntungkan.

Kamu pun bisa menerima pesanan terlebih dahulu dan kemudian memberikan hasil cetakan print atau fotokopi pelanggan. Target yang menjadi pasar kebanyakan adalah mahasiswa atau pekerja, sehingga tak perlu menerapkan biaya yang mahal agar tetap laris manis

Selain print dan fotokopi, kamu juga bisa menawarkan layanan lain seperti jilid buku. Tak perlu memiliki mesin fotokopi super canggih untuk memulainya. Bahkan kini banyak mesin fotokopi murah yang bisa digunakan.

12. Penulis Freelance (Penulis Lepas)

Memiliki kemampuan menulis ternyata bisa menciptakan ide bisnis yang bisa berikan banyak keuntungan. Salah satunya yaitu menjadi penulis lepas atau freelance. Kamu bisa menulis berbagai konten menarik untuk website, media sosial, dan lainnya.

Saat ini banyak sekali situs-situs freelance dimana kamu bisa mencari ataupun menawarkan jasa yang kamu miliki.

Kunci sukses dalam bisnis ini adalah rajin untuk mencari klien di marketplace, jalin networking yang baik, serta komitmen yang tinggi dengan deadline.

Jika kualitas tulisan yang kamu miliki cukup baik, bukan tidak mungkin nantinya kamu bisa dibayar cukup mahal. Jadi pertahankan bahkan terus perbaiki portofolio tulisan yang kamu miliki.

13. Jasa Titip Beli

Bisnis jasa titip beli atau jastip ini memang cukup naik daun belakangan ini seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini karena bisnis ini dilakukan secara online. Cara kerja usaha ini adalah kamu hanya perlu membelikan barang yang dipesan konsumen.

Setelah itu mengirimnya lagi kepada konsumen dengan tambahan ongkos kirim. Jasa kamu nantinya akan dibayar pada per item yang dibeli. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar namun omset yang didapatkan hingga jutaan rupiah.

Kamu bisa mempromosikan usahamu di sosial media, yaitu dengan mengunggah foto barang yang akan dipasarkan sehingga bisa menarik perhatian calon konsumen

14. Jasa Jahit Atau Permak Pakaian

Siapa bilang jasa jahit atau permak pakaian sudah tidak laku? jasa ini bisa kamu jadikan bisnis sampingan yang menguntungkan apalagi jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam menjahit atau permak pakaian.

Kamu bisa membuka usaha ini di rumah, dengan mesin jahit sederhana saja kamu sudah bisa memulainya. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan kamu bisa mengerjakannya saat waktu senggang

15. Menjual Foto Di Internet Atau Menjadi Fotografer

Skill atau hobi yang kamu miliki ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, asalkan kamu bisa mencari peluang yang terbaik dan memanfaatkannya.

Seperti misalnya kemampuan atau hobi fotografi, ini bisa dimanfaatkan menjadi fotografer lepas.

Kamu bisa menjual jasa yang kamu miliki dan menjadi fotografer di berbagai acara. Kamu bisa menawarkan jasa ini ke teman atau rekan kerja sebagai awal mempromosikan jasamu.

Atau jika tidak kamu bisa menjual foto-foto terbaik hasil jepretanmu di berbagai situs penjualan foto. kamu bisa mendapatkan komisi saat ada yang ingin menggunakan atau ingin membeli fotomu secara online.

16. Makelar Properti

Inspirasi usaha sampingan lainnya yang cocok dikerjakan karyawan adalah menjadi makelar properti. Jika di sekitar tempat tinggalmu terdapat perumahan atau apartemen baru maka ini bisa dimanfaatkan.

Kamu bisa menjadi makelar properti dan menawarkannya ke teman kerja maupun orang lain. Namun tentu saja untuk mengawali usaha ini kamu harus melakukan kerja sama dengan pihak yang memasarkan properti.

Sehingga kamu bisa mengetahui bonus atau keuntungan yang bisa didapatkan ketika kamu bisa menjual satu rumah atau bahkan lebih.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal dana, yang dibutuhkan adalah skill komunikasi yang baik, ilmu pemasaran, serta membangun kepercayaan dengan konsumen.

17. Jasa Desain Grafis

Desainer grafis menjadi salah satu pekerjaan yang tak hanya dapat dijalankan secara full time namun juga paruh waktu. Inilah yang membuat pekerjaan ini tepat sebagai bisnis sampingan yang bisa dikerjakan di rumah.

Pos Terkait:  Pengertian Teknologi, Jenis-jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Jika kamu memiliki skill desain grafis serta ide kreatif yang banyak, tak ada salahnya untuk menawarkan jasamu di berbagai situs freelance. Sehingga kamu bisa terhubungkan dengan klien-klien potensial.

Tentu saja karyamu bisa mendapatkan imbalan besar. Keahlianmu bisa digunakan untuk membuatkan berbagai produk seperti undangan pernikahan, sablon kaos, souvenir, dan masih banyak lainnya. Jadi tak heran jika peluang bisnis ini cukup besar.

18. Desainer Website

Sama seperti desainer grafis, kamu juga bisa mengerjakan bisnis ini saat memiliki skill dalam bidang tersebut dengan baik. Apalagi kemajuan teknologi yang cukup berkembang saat ini, peluang bisnis ini sangatlah besar.

Di era digital seperti saat ini, rasanya sudah banyak orang yang membuat website menggunakan domain sendiri. Terutama bagi pemilik bisnis, sehingga memudahkan konsumen untuk memahami produk yang ditawarkan.

Jika desain sebuah website terlihat menarik, maka ini bisa memberikan kesan sebuah usaha yang profesional di mata konsumen. Karena itulah banyak toko atau usaha online yang terkadang membutuhkan jasa desainer website yang handal.

19. Jasa Les Privat

Memiliki kemampuan mengajar? mengapa tidak dimanfaatkan sebagai usaha di rumah modal kecil. Entah itu kemampuan mengajar bahasa asing, bermain musik, atau mengajar berbagai mata pelajaran bisa dimanfaatkan.

Kamu bisa membuka jasa les privat di rumah. Atau jika kondisi tempat tidak memungkinkan, kamu bisa datang ke tempat murid dan mengajar di rumah mereka. Modal yang paling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah keahlian yang kamu miliki.

Untuk biaya jasa yang kamu tawarkan, bisa disesuaikan dengan kondisi target pasar. Misalnya saja, jika di sekitar kamu kebanyakan memiliki perekonomian kelas menengah ke bawah maka jangan memasang tarif tinggi.

20. Bisnis Bingkisan (Hampers)

Bingkisan atau hampers menjadi hal yang sangat dibutuhkan dan dicari banyak orang saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, perayaan hari besar, ulang tahun, dan lainnya. Jadikan saja ide ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Kamu tak perlu mengerjakannya setiap hari, karena hampers hanya dipesan di waktu-waktu tertentu saja. Sehingga pekerjaanmu sebagai karyawan pun tidak akan terganggu.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, yang terpenting kreativitas dalam membuat bingkisan tersebut terlihat menarik. Ada banyak jenis hampers yang bisa dibuat mulai dari yang berisi buah, kue, makanan kecil, hingga perabotan rumah tangga

21. Agen Asuransi

Usaha sampingan lainnya yang bisa dikerjakan dengan modal kecil bahkan tanpa modal uang sekalipun adalah menjadi agen asuransi. Kamu hanya memerlukan wawasan mengenai asuransi serta pandai menjual produk asuransi tersebut.

Penghasilan yang kamu dapatkan nantinya berasal dari penjualan polis asuransi yang berkelanjutan dalam periode tertentu. Tergantung pula pada jenis asuransi yang kamu jual, besar kecil komisi yang didapatkan pun juga berbeda.

Kamu bisa mulai menawarkan polis asuransi pada kenalan anda, seperti teman, rekan kerja bahkan tetangga. bahkan tidak mungkin jika usaha ini bisa sukses dan memberikan keuntungan melebihi pekerjaan utama jika dikerjakan dengan serius.

22. Makeup Artist

Bisnis sampingan ini juga memberikan banyak keuntungan, mengingat ada banyak acara yang sangat membutuhkan jasa ini. Seperti lamaran, tunangan, wisuda, pernikahan, dan lainnya. Waktu mengerjakannya pun cukup fleksibel, karena kamu bisa menyesuaikan.

Jika kamu tak memiliki kemampuan dalam bidang ini, kamu pun bisa mengikuti kursus untuk bisa meningkatkan keahlian dalam merias.

Bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu karena umumnya acara-acara tersebut diadakan di akhir pekan. Modal yang dibutuhkan pun hanyalah seperangkat makeup lengkap dan juga keahlian yang kamu miliki pastinya.

23. Menyewakan kamar

Mungkin ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki kamar-kamar yang tidak terpakai di dalam rumah. Kamu bisa menjadikan kamar yang tidak digunakan tersebut sebagai peluang usaha.

Kamu bisa menyewakannya sebagai kos maupun hanya untuk menginap harian. Apalagi jika kamu tinggal di kota yang memiliki banyak tempat wisata, usaha ini tentu sangat menguntungkan.

Baca juga : 26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan (Jamin Sukses)

Hanya saja perlu diingat sebelum akan menyewakan kamar-kamar tersebut adalah kamu harus mengajukan izin kepada RT atau RW tempat tinggal. Selain itu tetapkan peraturan sehingga bisa menjaga kenyamanan bersama.

Bagaimana? Banyak bukan usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang bisa kamu kerjakan di rumah?

Mulai saja dari skala kecil dan fokus jalani bisnis yang kamu pilih. Bukan tidak mungkin ini bisa mendatangkan banyak keuntungan bagimu kedepannya.