close

10 Contoh Seni Rupa Murni dan Penjelasannya

Seni Rupa Murni – Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan seni. Mengapa demikian? Ternyata seni merupakan hasil dari ekspresi manusia. Maka dari itu tidak bisa terpisahkan dari manusia.

Bahkan seni bisa langsung dirasakan oleh mata dan bisa juga diraba. Seni model seperti ini adalah seni rupa. Secara umum terdapat dua jenis seni rupa yang kita kenal yaitu seni rupa murni dan terapan.

Sesuai namanya, murni artinya seni satu ini benar-benar bisa harus dinikmati keindahannya saja tanpa melihat fungsinya. Biasanya memiliki estetika yang tinggi. Sementara untuk terapan berarti bisa dipakai sehari-hari.

Pastinya banyak orang yang penasaran pengertian dari seni rupa murni. Bagaimana contohnya dan apa fungsinya? Apalagi jenis seni ini tidak dilihat dari kegunaan dan fungsinya bagi hidup manusia.

Lihat juga : Contoh Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Penjelasannya

Pengertian Seni Rupa Murni

Setelah mengetahui adanya perbedaan dan seni terapan sendiri memang jelas karena seni yang berfungsi untuk hidup manusia sehari-hari. Lantas bagaimana dengan yang murni?

Sesuai namanya, pengertian karya yang dihasilkan dari seni murni merupakan karya yang lebih berat pada keindahan. Seseorang yang mencoba memahami seni rupa jenis murni ini memang hanya sebagai penikmat saja.

Tak sampai situ, pengertian dari aliran seni merupakan sebuah ekspresi jiwa orang yang membuatnya. Dalam prosesnya, hasil karya dari seni murni lebih fokus pada nilai estetis dan tidak peduli akan nilai praktis dari sebuah karya.

Mungkin keindahan ini tidak dipahami oleh semua orang. Tapi tetap saja banyak orang yang menikmati jenis seni murni ini. Apalagi dijadikan hiasan dan pajangan. Nilai seni akan meningkat dengan tajam.

Lihat juga : Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Penjelasannya


Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Murni

Sesuai dengan pengertiannya di atas, maka bisa disimpulkan bahwa seni satu ini memang hanya sebagai pajangan atau hiasan belaka. Memang fungsinya untuk membuat sesuatu menjadi indah.

Jadi kamu juga tidak bisa mencari sebenarnya apa fungsi praktis bagi kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa tujuan yang sebenarnya baik untuk diketahui. Beberapa hasil karya dari seni murni ini bisa membantu mengenalkan nilai.

Pos Terkait:  Corak Yang Merupakan Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut

Nilai yang bisa dikenalkan antara nilai budaya nusantara. Ada banyak makna yang tersirat dalam sebuah karya murni terutama kebudayaan sebuah daerah. Dengan begitu ada nilai yang bisa didapat oleh orang yang melihatnya.

Dengan menikmati seni murni, seseorang juga lebih mengenal wawasan dan arti dari seni itu sendiri. Maka banyak seniman yang senang untuk membuat seni murni karena mereka dengan mudah mengembangkan karya seni rupa.

Para seniman jadi mengetahui prinsip dasar dari seni itu sendiri sehingga tak sulit bagi mereka untuk mengembangkan seni berdasarkan perkembangan teknologi. Selain itu, bisa membantu seniman membuat sebuah seni terapan.

Memang jika dilihat tujuannya, seni murni banyak dipakai untuk pengembangan seni. Tapi tenang saja sebagai orang yang bukan seniman, kesenian murni tetap bisa dinikmati karena memang dibuat dengan prinsip seni yang tepat.


Contoh Seni Rupa Murni

Contoh gambar seni rupa murni
Contoh gambar seni rupa murni

Seni rupa satu ini sebenarnya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan jenisnya, ada dua bentuk yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Nah dari dua bentuk ini menjadi berbagai contoh seni rupa yang mendahulukan estetika.

Lukisan

Seni rupa satu ini merupakan contoh 2 dimensi yang dibuat dengan bantuan media lukis. Beberapa contoh media lukis antara lain kertas dan kanvas. Kemudian untuk membuatnya dengan bantuan kuas, cat, pensil dan lainnya.

Lukisan termasuk salah satu jenis seni rupa yang memang punya keindahan yang sangat tinggi. Maka tak heran orang berlomba-lomba mencari lukisan terbaik dan rela membayarnya dengan uang yang besar.

Tak sampai situ, para kolektor lukisan juga melihat nilai sejarah dari lukisan tersebut. Biasanya semakin tua akan semakin menambah nilai estetika karena mengandung sebuah nilai budaya tertentu.

Patung

Nah inilah seni rupa murni dalam bentuk 3 dimensi. Patung merupakan salah satu karya seni yang menggunakan teknik tertentu pada suatu media misalnya batu, logam, tanah dan lainnya.

Pos Terkait:  Tari Jaipong Berasal Dari Daerah...

Biasanya patung akan membentuk sebuah objek yang disesuaikan dengan konsep yang ingin diambil. Selain itu, patung juga termasuk jenis seni rupa yang banyak ditemukan di mana saja.

Apalagi patung juga sudah ditemukan sejak dulu. Hal ini terbukti banyak patung yang terbukti dari berbagai peninggalan sejarah. Nilai seni itu juga mengandung nilai sejarah yang sangat penting.

Grafis

Mirip dengan lukisan, seni satu ini adalah salah satu jenis karya 2 dimensi. Dalam proses membuatnya, seni satu ini memakai teknik cetak. Cara tersebut bisa dilakukan secara modern atau memakai teknologi yang canggih.

Selain itu, teknik cetak grafis juga bisa memakai teknik yang konvensional. Beberapa jenis teknik yang biasa dipakai antara lain sablon, monotype, cukil kayu, collagraph dan juga etsa.

Mozaik

Seni rupa satu ini termasuk salah satu kesenian yang sering ditemukan saat pelajaran di sekolah. Untuk membuatnya, mozaik cukup merangkai pecahan kecil menjadi sebuah bentuk yang indah. Biasanya mozaik dibuat dengan memakai pecahan batu, keramik dan lainnya.

Uniknya, seni mozaik ini sudah ada sejak zaman Romawi. Banyak ahli seni yang menyambungkan bangunan peninggalan zaman dahulu dengan seni mozaik. Bentuknya yang mirip memperkuat mozaik adalah peninggalan zaman dulu.

Ukiran

Mirip dengan patung, ukiran merupakan sebuah seni memahat. Media yang digunakan biasanya batu dan kayu. Hasil pahat ini kemudian menjadi bentuk karya seni indah.

Biasanya seni ukir ini bentuknya hewan dan tumbuhan. Uniknya, ukiran tidak hanya termasuk seni murni tetapi ada sebagian ukiran yang masuk jenis seni terapan. Ukiran tersebut bisa dibentuk perabot yang berguna.

Relief

Ada yang unik dari jenis seni satu ini sebab gambar hasilnya bentuknya 3 dimensi atau yang disebut dengan trimatra. Tapi gambar tersebut dibuat di bidang 2 dimensi yang disebut dengan dwimatra.

Biasanya relief ditemukan pada tempat bersejarah misalnya aspark dan candi. Relief tersebut biasanya berisi nilai budaya dan kisah zaman dahulu. Tak hanya itu saja, ada nilai agama yang biasa disebarkan melalui relief.

Pos Terkait:  Gambar Karikatur Biasanya Mengandung...

Kaligrafi

Salah satu seni murni yang cukup terkenal adalah seni menulis yang disebut dengan kaligrafi. Seni murni satu ini adalah sebuah rangkaian kata dan kalimat indah. Biasanya tulisan ini ditulis di batu, kertas, kayu dan lain-lainnya.

Kaligrafi biasanya memakai tulisan arab untuk menjadi media tulisannya. Namun perkembangan zaman ternyata mengubah tulisan kaligrafi menjadi tulisan latin.

Seni Fotografi

Seni murni satu ini muncul dengan bantuan kamera. Karya seni foto ini didapatkan dari sebuah proses melukis dengan bantuan cahaya. Sebuah objek akan ditangkap dengan cahaya. Hal yang utama dalam seni satu ini adalah bagian mata.

Seni Koreografi

Jenis ini satu ini sebenarnya sama dengan seni tari. Kesenian ini akan mengubah sebuah gerakan menjadi satu tarian utuh. Hal ini akan membuat orang lain bisa menikmati sebuah pertunjukan tersebut.

Kerajinan dari Keramik

Keramik memang bisa dipakai untuk berbagai fungsi misalnya bisa menjadi tempat makan karena bentuknya piring. Tapi bukan berarti keramik masuk ke dalam seni terapan. Justru kerajinan ini masuk ke dalam seni murni.

Misalnya saja gelas atau piring keramik yang memiliki nilai seni tinggi. Piring tersebut pastinya tidak akan dipakai oleh sang pemilik untuk makan dan minum. Tetapi piring tersebut hanya dipakai untuk pajangan semata.

Wah ternyata banyak hal yang bisa dipelajari dari seni rupa murni. Jenis seni satu ini memiliki banyak fungsi misalnya memberikan nilai turun temurun. Selain itu, banyak sekali contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.