close

Implementasi : Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Implementasi Adalah – Banyak orang suka menggunakan sebuah istilah namun tak mengetahui arti dari istilah tersebut, salah satunya adalah implementasi.

Istilah ini memang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya mengacu pada pelaksanaan suatu hal yang sudah direncanakan.

Seringkali mendengar kata implementasi baik di media elektronik maupun surat kabar, umumnya sih isi informasinya urusannya dengan kebijakan, tapi masih bingung dengan istilah tersebut? Lantas apa pengertian implementasi yang sesungguhnya?

Baca juga : Nasionalisme Adalah – Pengertian. Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Implementasi

Secara bahasa implementasi memiliki kata dasar “to implement” yang artinya mengimplementasikan. Sementara menurut kbbi pengertian implementasi adalah penerapan atau pelaksanaan.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian implementasi yakni suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjalankan rencana yang telah disusun secara matang dan rinci serta mengacu pada aturan tertentu demi mencapai tujuan tersebut, implementasi sangat berkaitan erat pada sistem dan mekanisme.

Lalu apakah suatu kegiatan yang dilakukan tanpa perencanaan dapat disebut implementasi? Enggak dong guys, jadi implementasi bukan hanya sekedar kegiatan melainkan juga terdapat perencanaan yang matang sebelumnya.

Implementasi yang sering sobat temui dimasyarakat adalah kebijakan publik atau kebijakaan pemerintah.

Baca juga : 6 Contoh Surat Resmi Sekolah, Perusahaan & Organisasi

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Bukan hanya menurut kbbi, implementasi juga banyak lho didefinisikan oleh para ahli. Oleh karena itu kalian wajib untuk mengetahui pengertian implementasi menurut para ahli, sebagai berikut:

Nurdin Usman (2002)

Menurut buku Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum yang ditulis oleh Nurdin Usman, pengertian implementasi adalah bermuara pada suatu aktivitas, aksi, tindakan atau mekanisme dari sebuah sistem.

So, menurut Norman pelaksanaan implementasi bukan hanya suatu aktivitas melainkan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya sesuai dengan pedoman norma tertentu dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

Prof. H Tachjan (2006) dan Uzey (2010)

Menurut ahli Tachjan seorang guru besar ilmu administrasi Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, pengertian implementasi mengarah kepada kebijakan, implementasi kebijakan adalah proses kegiatan administrasi yang dilaksanakan setelah adanya kebijakan yang sudah disetujui sebelumnya oleh pihak terkait

Sementara seorang ahli bernama Uzey, mengartikan implementasi pancasila sebagai nilai moral pancasila dimana implementasi yang terkandung pada pancasila yang dijadikan sebagai norma etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Gordon (1994) dan Nettina (2002)

Beberapa ahli memberikan pendapat terkait dengan pengertian implementasi keperawatan, pertama yaitu ahli bernama Gordon yang mengemukakan bahwa implementasi keperawatan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang perawat untuk membantu pasiennya dari masalah kesehatan menuju fase lebih baik dimana hasilnya sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Kemudian Nettina juga mengartikan implementasi keperawatan yaitu suatu kegiatan yang terdiri atas kolaborasi antara pasien, keluarga dan tim kesehatan lainnya untuk mengawasi, mencatat respon pasian terhadap tindakan keperawatan yang dilakukan saat pasien mengalami masalah pada kesehatannya.

Jadi implementasi keperawatan adalah kegiatan yang melibatkan beberapa tenaga medis termasuk perawat untuk membantu pasien menyelesaikan masalah kesehatannya.

Hanifah Harsono (2002), Budi Winarno dan Guntur Setiawan (2004)

Pengertian implementasi juga diutarakan dalam buku lainnya. Menurut buku yang ditulis oleh Hanifah Harsono dengan judul Implementasi Kebijakan dan Politik.

Implementasi adalah suatu proses yang dilakukan untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan dari politik ke administrasi pengembangan kebijakan untuk menyempurnakan suatu program.

Menurut ahli Budi Winarno, implementasi merupakan sebuah tindakan yang sudah semestinya dilaksanakan oleh sekelompok orang yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan tujuan yang telah disepakati sebelumnya.

Pos Terkait:  Pelanggaran HAM : Pengertian, Penyebab dan Contoh

Dilengkapi oleh Guntur Setiawan, mengartikan bahwa implementasi juga memerlukan jaringan birokrasi yang efektif agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan.

Van Meter & Van Horn

Menurut ahli Van Meter dan Van Horn, implementasi ialah pelaksanaan tindak oleh individu, pejabat, instansi pemerintah, maupun kelompok swasta dengan tujuan untuk menggapai cita-cita yang sudah ditetapkan dalam keputusan tertentu.

Mazmanian dan Sabatier

Kedua ahli ini menghubungkan antara implementasi dengan kebijakan, mengatakan bahwa pengertian implementasi yakni pelaksanaan atau action dari kebijakan dasar hukum baik berbentuk perintah, keputusan bahkan keputusan pengadian.

Proses pelaksanaan yang dilakukan berjalan setelah jumlah tahapan seperti tahapan proses undang-undang, kemudian output dalam bentuk pelaksanaan kebijakan hingga kebijakan korektif yang berkepentingan.

Selain itu ahli Pressman dan Wildavsky (1873) juga merincinkan pengertian implementasi, meliputi penyelesaian, pemenuhan, pelaksanaan, produksi serta penyelesaikan sebuah kebijakan yang telah disepakati sebelumnya.

Hal ini berarti implementasi merupakan suatu serangkaian proses panjang yang harus diselesaikan sesuai dengan kebijakan yang ada.

Baca juga : Pancasila Adalah – Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Makna

Fungsi dan Tujuan Implementasi

Apabila sistem sudah dirancang dan dilakukan analisa, selanjutnya sistem siap untuk dijalankan atau di implementasikan.

Setelah melalui tahap pengujian supaya sistem terjamin bebas kendala serius yang dapat muncul pada saat pengguna menggunakan sistem tersebut.

Mengacu pada hal dan pengertian tersebut, adapun beberapa tujuan implementasi adalah sebagai berikut.

  • Tujuan utama implementasi adalah untuk melaksanakan rencana yang telah disusun dengan cermat, baik oleh individu maupun kelompok.

Jika diambil contoh pada suatu perusahaan travel maka strategi mereka mengutamakan service ke customer. Bentuk implementasi yang dilakukan yaitu memberikan tempat duduk nyaman pada kendaraan, selama perjalanan driver mengemudikan kendaraan dengan kecepatan normal dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, pemberian fasilitas makanan.

  • Untuk menguji serta mendokumentasikan suatu prosedur dalam penerapan rencana atau kebijakan.

Jika diambil contoh perusahaan rokok produksi brand baru dengan memberikan harga promosi kepada costumer. Strategi pemasaran melalui Sales Promotion Girl (SPG) ke café atau setiap event memberikan pertanyaan terkait selera rokok pelanggan, harga, serta merk rokok yang biasa dibeli oleh costumer dan mendokumentasikannya.

  • Untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu kebijakan atau rencana yang telah dirancang demi perbaikan atau peningkatan mutu.

Contoh perusahaan setiap akhir tahun terdapat laporan kinerja karyawan dalam bentuk balance score card guna mngevaluasi apakah rencana atau kebijakan yang dirancang dan diimplementasikan sudah sesuai dengan harapan perusahaan.

  • Untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang hendak dicapai di dalam perencanaan atau rancangan kebijakan.
  • Untuk mengetahui kemampuan masyarakat dalam menerapkan suatu kebijakan atau rencana sesuai dengan yang diharapkan.

Contoh Implementasi

Ada banyak sekali bentuk dan contoh implementasi suatu rencana atau kebijakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Adapun beberapa contoh implementasi adalah sebagai berikut:

Implementasi Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang mengajarkan tentang nilai-nilai luhur yang harus dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila tersebut menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia dan menjadi moral kehidupan.

Selanjutnya, nilai-nilai Pancasila tersebut harus diimplementasikan oleh masyarakat Indonesia agar tujuan-tujuan berbangsa dan bernegara dapat tercapai. Beberapa bentuk implementasi nilai-nilai Pancasila tersebut misalnya;

  • Menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kegiatan kerja bakti secara bergotong-royong.
  • Menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat dengan cara memperkuat kesatuan dan persatuan masyarakat dan bersama-sama mengamankan lingkungan sekitar.
  • Memberikan pertolongan kepada tetangga yang membutuhkan, terutama mereka yang terkena musibah.
Pos Terkait:  Sistem : Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsi

Implementasi Kebijakan Publik

Pemerintah memiliki pertimbangan setiap kali mengeluarkan kebijakan publik, misalnya kebijakan publik di bidang pendidikan. Setiap kebijakan publik di bidang pendidikan tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Contoh implementasi kebijakan di bidang pendidikan;

Implementasi Keperawatan

Serangkaian perilaku perawat berkoordinasi dengan pasien, keluarga serta anggota tim kesehatan lain untuk membantu masalah kesehatan pasien berdasarkan dengan perencanaan dan kriteria hasil yang telah ditentukan dengan cara mengawasi, mencatat respon pasien terhadap tindakan keperawatan. Berikut contoh implementasi keperawatan:

  • Menciptakan komunikasi terapeutik, menetapkan jadwal personal, pengungkapan perasaan, memberikan dukungan spiritual.
  • Pemberian perawatan kebersihan kulit, melakukan aktivitas rutin keperawatan, menemukan perubahan dari data dasar klien, mengorganisir respon klien yang abnormal, melakukan tindakan keperawatan mandiri, kolaborasi, dan rujukan.
  • Membantu dalam memenuhi activity daily living (ADL), memberikan perawatan diri, mengatur posisi tidur, menciptakan lingkungan terapeutik, memberikan dorongan motivasi, pemenuhan kebutuhan psiko-sosio-spiritual, perawatan alat invasive yang dipergunakan klien, melakukan dokumentasi.
  • Ketepatan jadwal pemberian obat, ketepatan cara pemberian obat, ketepatan dosis pemberian obat, respon klien setelah pemberian obat dan evaluasi keperawatan.
  • Pemberian nutrisi pada klien sesuai dengan diit yang telah dibuat oleh ahli gizi, latihan fisik (mobilisasi fisik) sesuai dengan anjuran dari bagian fisioterapi.

Implementasi Bidang Sosial Budaya

  • Menjaga kelestarian kebudayaan nasional dan daerah. Seperti acara rutin setiap tahun ‘Grebeg Suro’ di Keraton Yogya, Larung Saji di beberapa pesisir Jawa.
  • Mencoba menggali nilai-nilai kebudayaan nasional dan daerah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
  • Meningkatkan rasa toleransi dan kebersamaan di tengah keberagaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Fungsi toleransi dalam kehidupan di Indonesia sangat penting mengingat begitu beragamnya kebudayaan, agama dan tradisi di negara kita.

Implementasi Bidang Komunikasi, Informasi, dan Media Massa

  • Memaksimalkan manfaat dari teknologi komunikasi dan informasi untuk kepentingan masyarakat luas.
  • Meningkatkan kualitas komunikasi di berbagai bidang, dengan mencegah adanya penyebaran berita bohong, meminimalisir terjadinya miss komunikasi dan menjaga keterbukaan informasi.
  • Menjaga kebebasan pers yang bertanggung jawab.
  • Pelaksanaan Electronic Government (e-Government) mencakup e-Budgeting, e-Procurement, e-Audit, e-Catalog, e-Payment, e-Controlling, bahkan e-Health pada instansi pemerintah terkait transformasi di bidang informasi segala urusan birokratis bisa berjalan secara efektif, efisien, dan transparan. Guna meningkatkan level kepuasan masyarakat.

Implementasi Bidang Pertahanan dan Keamanan

  • Menjaga kualitas dan meningkatkan profesionalitas Tentara Nasional Indonesia, serta meningkatkan kekuatan pertahanan keamanan negara hingga ke wilayah-wilayah pelosok dengan memberinya sarana, prasarana dan anggaran yang memadai.
  • Memperluas dan meningkatkan kualitas pada kerjasama antar negara di bidang pertahanan dan keamanan untuk bisa menjaga stabilitas keamanan regional dan ikut berperan dalam pemeliharaan perdamaian dunia.
  • Mengatur kembali Tentara Nasional Indonesia sebagai alat perlindungan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala ancaman yang bisa membahayakan keutuhan negara dengan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia dan memberikan baktinya dalam menyelenggarakan pembangunan negara.

Implementasi Bidang Politik

  • Memperkuat dan menjaga keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memegang teguh Bhineka Tunggal Ika. Untuk itu perlu dilakukan upaya rekonsiliasi nasional sesuai Undang-Undang untuk menyelesaikan segala masalah mendesak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Meningkatkan fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat dan lembaga-lembaga tinggi negara lainnya juga menegaskan wewenang dan tanggung jawab dengan berprinsip pada pemisahan kekuasaan dan memperjelas hubungan antara lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.
  • Meningkatkan sistem politik nasional berdasarkan demokrasi dan keterbukaan, menghormati keberagaman aspirasi politik serta mengembangkan sistem penyelenggaraan pemilu yang demokratis berdasarkan undang-undang tentang pemilu dengan menyempurnakan berbagai peraturan undang-undang di bidang politik.
  • Meningkatkan pendidikan politik secara intensif dan komprehensif untuk membuat budaya demokrasi lebih berkembang serta membuat masyarakat lebih bisa menghormati keberagaman aspirasi dan menjunjung tinggi supremasi hukum dan hak asasi manusia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.
  • Memastikan penyelenggaraan pemilu yang lebih berkualitas dengan partisipasi politik rakyat atas dasar demokrasi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan beradab. Pemilu perlu dilaksanakan oleh badan penyelenggara secara independen.
  • Mensosialisasikan dan menerapkan prinsip kesamaan dan melarang sikap diskriminatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pos Terkait:  Observasi : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh

Implementasi Bidang Hukum

  • Mengembangkan budaya hukum di seluruh lapisan masyarakat. Tujuan dari hal ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum yang berlaku dengan cara meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kerangka supremasi hukum dan tegaknya negara hukum.
  • Menegakkan hukum secara konsisten dan adil untuk bisa memberi kepastian hukum ke seluruh masyarakat serta menciptakan keadilan dan menjaga hak asasi manusia.
  • Meningkatkan integritas dan profesionalitas seluruh aparat penegak hukum. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kesejahteraan, pendidikan, serta dukungan sarana dan prasarana dan juga pengawasan yang efektif.
  • Menyelenggarakan proses hukum secara cepat, mudah, murah, terbuka dan bebas dari korupsi dan nepotisme. Prinsip keadilan dan kebenaran harus dijunjung tinggi serta tidak pandang bulu dalam penegakan hukum, termasuk dalam upaya pemberantasan korupsi yang banyak dilakukan oleh pejabat negara.
  • Mengembangkan peraturan dan undang-undang terkait bidang perekonomian agar lebih mendukung turutnya negara dalam era perdagangan bebas tanpa merugikan kepentingan nasional.
  • Memastikan lembaga peradilan untuk tetap mandiri, objektif dan bebas dari pengaruh orang atau kelompok manapun.
  • Menata sistem hukum nasional secara menyeluruh dan terpadu serta tetap mengakui dan menghormati hukum agama dan hukum adat.

Implementasi Bidang Teknologi

  • Aplikasi Halodoc merupakan aplikasi pelayanan konsultasi kesehatan dengan bertukar data sampai memberikan resep. Konsultasi dapat dilakukan melalui video call dan teks untuk menceritakan gejala. Aplikasi ini juga berkolaborasi dengan toko obat dan apotek sehingga obat bisa diantar ke rumah sesuai resep.
  • HARA perusahaan pertanian di Indonesia menjangkau para petani lalu menghubungkan dengan asuransi, institusi keuangan untuk mendapatkan pinjaman dengan membuat platform pertukaran data petani. Data tersebut berupa waktu panen, pengairan dan lain-lain. Lalu memberikan insentif bagi para petani yang bisa ditukar untuk mendapatkan pupuk.

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian implementasi secara umum dan menurut para ahli, tujuan, serta contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai macam bidang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.