Tulisan Arab Innallaha Ma’ashobirin dan Artinya

Innallaha Ma’ashobirin – Kalimat ini merupakan sebuah untaian kata yang dimana sering digunakan sebagai motivasi agar setiap orang bersabar ketika menghadapi permasalahan apapun, saya yakin anda juga pernah mendengar kalimat ini.

Yang menjadi pertanyaannya ialah Apa arti innallaha ma’ashobirin?. Pertanyaan itu pasti tersirat di fikiran setiap orang baru mendengarnya, untuk itu, kami akan mengulas sedikit tentang kalimat tersebut.

Kalimat tersebut ada kaitannya dengan sifat sabar setiap manusia yang dimiliki oleh seorang mukmin yang bertakwa kepada Allah SWT dimana ia menyukai mu’min yang sabar terutama dalam menghadapi cobaan atau ujian yang Allah SWT berikan.

Lihat juga : Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Arab & Artinya

Tulisan Innallaha Ma’ashobirin dan Artinya

jika ditulis dalam bahasa arab, tulisannya ialah sebagai berikut:

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Jika di artkan kedalam bahasa indonesia, bunyinya kurang lebih sebagai berikut: (Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.)

kalimat ini juga mengandung makna utama yang terkandung didalamnya. kalimat innallaha ma’ashobiri adalah perintah dari Allah SWT kepada ummat islam untuk senantiasa memiliki sifat sabar.

Jika diartikan secara bahasa, Sabar merupakan suatu tindakan menahan atau mengekang, sedangkan secara istilah sabar merupakan suatu tindakan menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridha dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Doa Khataman Qur'an Lengkap Dan Artinya

Sabar yang dibahas dalam hal ini ialah menahan dan mengekang diri hawa nafsu.

Baca juga : Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan Artinya

Ayat Innallaha Ma’ashobirin

Sabar merupakan salah satu kunci dalam hidup agar memperoleh kedamaian, ketenangan, dan suasana yang tentram. Namun tidak mudah bagi setiap orang untuk menrapkan rasa sabar dalam dirinya karena kapasitas sabarnya seseorang berbeda dengan orang lainnya.

Selain itu sifat sabar sendiri dapat menunjukkan bahwa orang tersebut benar-benar beriman kepada Allah SWT seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadis Riwayat Muslim berikut ini :

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ، صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Artinya: “Aku benar-benar takjub dengan perkara orang beriman. Sesungguhnya perkaranya semua adalah kebaikan dan itu tidak dimiliki oleh seorang pun kecuali bagi orang beriman. Jika mengenainya suatu kesenangan, dia bersyukur. Hal itu adalah baik baginya. Jika mengenainya suatu kesusahan, dia bersabar. Hal itu adalah baik baginya.”

Tingkatan Dalam Kesabaran

Kesabaran setiap orang memiliki tingkatannya masing-masing, Tingkatan Dalam Kesabaran setidaknya ada 4 macam, yaitu :

  • Sabar ketika menjalani ketaatan kepada Alloh
  • Sabar ketika menahan diri dari berbagai macam perbuatan bermaksiat
  • Sabar ketika menghadapi ujian
  • Sabar ketika mendapatkan kebahagiaan lalu Alloh cabut kebahagiaan tersebut sewaktu-Waktu.
Pos Terkait:  Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah (Perempuan dan Laki-Laki)

Gambar Tulisan Arab Innallaha Ma’ashobirin

Berikut kami berikan beberapa contoh gambar Tulisan Arab Innallaha Ma’ashobirin.

Demikianlah pembahasan mengenai kalimat (إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ). Perlu kita ketahui bahwasanya kalimat tersebut jika di artikan secara meluas tentunya memiliki banyak perbedaan semua itu tergantung dari siap kita belajar dan bagaimana cara kita menyikapinya. Semoga tidak ada kekeliruan dalam artikel yang kami tulis, dan semoga bermanfaat