close

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tulisan Arab Assalamualaikum – Ketika hendak menuliskan sebuah pesan seperti bismillah dan lain sebagainya sering kali kita menginginkan untuk menulis tulisan berbahasa arab langsung, begitu juga sengan kalimat assalamu’alaikum.

Dengan menggunakan tulisan arab assalamu’alaikum secara langsung maka pesan yang dibuat juga akan terkesan lebih formal bagi yang ingin menyebar undangan-undangan atau broadcast pengujian.

Bagi kalian yang sedang membutuhkan tulisan assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh arab, berikut kami bagikan lengkap beserta ulasan mengenai beberapa hal seperti Makna, adab pengucapan hingga kumpulan hadis yang berkaitan dengan pengucapan salam. 

Tulisan Arab Assalamualaikum

Kalimat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh jika ditulis dalam aksara arab ialah sebagai berikut:

Tulisan Assalamualaikum Arab Panjang اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tulisan Assalamualaikum Arab Sedang اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
Tulisan Assalamualaikum Arab Pendek اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

Lihat juga :Tulisan Arab La Tahzan Innallaha Ma’ana & Artinya 

Kalimat (اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ) merupakan sebuah doa yang diucapkan seorang muslima kepada muslim lainnya baik ketika ia saling berpapasan dijalan maupun ketika masuk ke rumah.

Selain itu, kalimat ini juga sering diucapkan melalui telepon hingga mengirim pesan melalui aplikasi chating, surat dan sebagainya.

Pos Terkait:  Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan Artinya

Arti Assalamualaikum

tulisan assalamualaikum arab

Seperti yang telah di tuliskan dalam tabel diatas, tulisan arab assalamualaikum memiliki beberapa tingkatan pelafalan yang dimana setiap tingkatannya memiliki keutamaan yang berbeda.

Yang membedakan antara tingkatan pelafalan ini dapat dilihat dari seberapa panjang kalimat ini diucapkan. Semakin tinggi tingkatannya, maka pelafalannya semakin panjang dan doa yang disampaikan juga lebih sempurna. Beriku beberapa pelafalan kaimat assalamualaikum dan artinya.

  • Assalamu’alaikum artinya : “Semoga keselamatan terlimpah untukmu”.
  • Assalamu’alaikum Warahmatullah artinya : “Semoga keselamatan dan rahmat terlimpat untukmu”. Atau “Semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat untukmu”.
  • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh artinya : “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah untukmu” atau “Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu”.

Jika kalimat ini diartikan per-kata, maka kurang lebih artinya sebagai berikut:

  • Salam ( السلام ) Artinya keselamatan.
  • ‘Alaikum ( عليكم ): ‘ala (علي) artinya untuk atau atas dan kum (كم) yang berarti kalian.
  • Wa (و) Artinya dan.
  • Rahmatullah (رحمةالله ) Artinya rahmat Allah.
  • Barakatuh (بركاته) artinya keberkahan-Nya.

Itulah beberapa tingkatan dalam pelafalan kalimat assalamualaikum dan artinya dalam bahasa indonesia. Dengan beberapa tingkatan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ketika kita mengucapkan salam yang lebih lengkap, mak kita akan mendapatkan pahala yang lebih karena kita telah mendoakn saudara kita dengan ucapan yang lebih sempurna.

Pos Terkait:  Angka Dalam Bahasa Arab 1 Sampai 100

Adab Pengucapan Salam

Mengenai adab yang benar dalam mengucapkan salam ialah sebagai berikut:

  • Mengucapkan salam dengan suara yang dapat didengar dengan tujuan agar dapat didengar oleh orang yang akan kita beri salam.
  • Mengingat keutamaan mengucapkan salam ialah dengan memulai salam, maka ucapkanlah salam terlebih dahulu sebelum orang lain menjawab salam.
  • Mengucapkan salam dengan pelafalan kalimat yang benar dan sempurna doanya, yaitu “Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barakatuhu.”
  • lalu berjabat tangan.

Sementara iut, orang yang mendengar salam harus menjawab salam dengan mengucapkan kalimat “Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh”, Kalimat tersebut merupakan jawaban dari “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”.

Manfaat Mengucapkan Salam

Seperti yang kita ketahui, Kalimat salam memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Dengan begitu, kita akan memperoleh banyak manfaat ketika kita mengucapkannya kepada saudara se-iman dan se-islam kita.

Sebetulnya ada banyak sekali kandungan dan manfaat yang akan kita peroleh, namun jika saya menuangkan semuanya dalam tulisan ini, maka tidak akan ada habisnya.

Oleh karena itu, akan kami tuliskan beberapa saja. Adapun beberapa manfaat mengucapkan salam adalah sebagai berikut:

  1. Mempererat ikatan tali silaturahmi antar persaudaraan.
  2. Memperoleh pahala yang besar karena mendoakan sesama.
  3. Memperoleh keberkah dari Allah Swt.
  4. Pengobat hati atau Penawar penyakit hati, seperti keras hati, sombong, iri, dan dengki.
  5. Ketika di ucapkan, kalimat ini sebagai ucapan terima kasih sayang dan perhatian antar sesama umat islm.
  6. Mengingat (dzikr) Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.
Pos Terkait:  Tulisan Arab Jazakallahu Khairan dan Artinya

Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai tulisan arab salah dan beberapa poin pembahasan lainnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.