barakallah fii umrik
Barakallah fii umrik artinya?

Barakallah Fii Umrik: Mendalami Makna, Pengucapan dan Artinya

Diposting pada

Barakallah Fii Umrik – Kita sering mendengar ucapan Barakallah Fii Umrik ini dari lisan setiap insan yang menganut agama islam ketika teman, saudara atau kerabatnya sedang memperingati hari ulang tahun.

Memberikan ucapan selamat ulang tahun ini memiliki pandangan yang beragam bagi setiap orang. Banyak dari kita yang senang saat teman-teman kita mengucapkan kalimat-kalimat selamat saat kita sedang ulang tahun, atau bahkan merayakan hari jadi dengan mengadakan pesta.

Disisi lain, jika kita mengingat bahwa ulang tahun merupakan hari dimana berkurangnya usia seseorang, maka banyak juga yang beranggapan bahwa mengucapkan selamat ulang tahun itu tidak diperbolehkan karena artinya sama saja seperti merayakan hari kedekatannya dengan kematian.

Lalu Bagaimana dengan kalimat Barakallah fii umriik? Apa pengucapan dan pelafalannya termasuk ke dalam perayaan atau hanya sebatas Doa saja?

Untuk itu, kita akan membahas mengenai kalimat barakallah fii umriik ini secara jelas disini. Jadi Baca dengan seksama supaya kamu tidak salah paham.

Baca juga ini: 60+ Ucapan selamat ulang tahun untuk suami, teman, anak dan diri sendiri

Arti Ulang Tahun Secara Umum

Sebelum itu, mari kita pahami arti ulang tahun dari pandangan umum. Secara harfiah, Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang yang dimana pada hari itu menandai bahwa dimulainya kehidupan didunia bagi seseorang setelah sebelumnya hidup di alam rahum.

Dengan kata lain, ulang tahun merupakan hari dimana pada tanggal yang sama ia telah memulai kehidupan pertamanya diluar rahim sang ibu.

dalam beberapa kebiasaan, mempertingati hari jadi seseorang biasanya dengan membuat sebuah pesta atau perayaan ulangtahun dengan dirayakan bersama teman-teman atau keluarga. Dalam perayaan tersebut biasanya orang yang bersangkutan akan diperlakukan dengan sangat istimewa.

Namun bagi beberapa umat didunia ternyata memiliki pandangan yang berbeda mengenai perayaan ulang tahun ini.

Seperti halnya kelompok umat Kristen yang memilih untuk menjauhkan diri dari perayaan ulang tahun Karena mereka percayai bahwa pakaian ulang tahun yang dipakai memiliki gambaran cahaya negatif pada kitab mereka karena hal tersebut berhubungan erat dengan sejarah tahayul, dan sihir.

Lalu bagaimana pandangan islam mengenai Perayaan Ulang tahu?

Arti Ulang Tahun Dalam Islam

Islam juga memiliki pandangan yang beda mengenai definisi perayaan ulang tahun ini, kamu juga akan menemukan perbedaan pendapat dari beberapa madzhab yang mendefinisikan makna dibalik perayaan ulang tahun.

Sebagian ulama mengatakan bahwa perayaan ulang tahun ini merupakan perbuatan dosa karena sifatnya bid’ah. Disisi lain ada sebagian ulama juga yang menyebutkan bahwa perayaan ulang tahun ini bersifat Mubah atau boleh dilakukan.

Kita semua sepakat bahwa perayaan ulang tahun merupakan kebudayaan yang terbawa dari bangsa luar terutama dari Eropa yang mayoritas bukan merupakan umat islam. Perayaan-perayaan seperti itulah yang tidak boleh dilakukan untuk memperingati hari kelahiran insan yang menganut agama islam.

Untuk itulah, jika kamu ingin mengadakan perayaan ulang tahun sebaiknya jangan semeriah dan semewar yang dilakukan oleh kaum non-muslim, kita bisa mengadakan hadiah, atau semacamnya untuk merayakan ulang tahun dan hal tersebut sudah jelas diperbolehkan bagi beberapa pendapat imam besar.

Selain itu, perayaan ulang tahun juga bisa dilakukan dengan mutaba’ah diri atau hanya dengan mengevaluasi diri untuk merenungkan sudah sebaik apa kita dan sudah sejauh mana amalan-amalan kita hingga saat ini.

Lantas apa kaitannya perayaan ulang tahun dengan kalimat Barakallah Fii Umrik, apa kalimat tersebut hanya sekedar Doa saja? Untuk mengkaji lebih jauh lagi mengenai kalimat tersebut bisa kamu baca rangkuman dibawah ini.

Tulisan Barakallah Fii Umrik dan Artinya

BARAKALLAH FII UMRIK
Tulisan Barakallah fii umrik

Jika diartikan secara bahasa, kalimat barokallah fii umrik memiliki arti “semoga mendapatkan berkah dari Allah Swt dalam usiamu”

Jadi kalimat tersebut memang merupakan kalimat untuk pengucapan rasa selamat dan terdapat sebuah doa didalamnya, makadari itu sebaiknya kta gunakan kaliamt tersebut dengan baik dan tidak menyelewengkannya.

Pengucapannya sendiri bisa diberikan kepada siapa saja yang sedang merasa bahagia seperti orang yang baru saja menikah, bayi yang baru lahir, atau orang yang sedang berulang tahun dan ia bahagia atas hari ulang tahunnya.

Tentunya dengan mengucapkan kalimat ini kepada orang-orang yang sedang berbahagia merupakan suatu hal yang baik karena didalam kalimat tersebut terdapat sebuah doa untuk meminta keberkahan kepada allah swt.

Penulisan barakallah fii umrik yang benar

Tulisan barakallah fii umrik dalam Bahasa arab ialah:

بارك الله في عمرك

Penulisan latinnya ialah:

Barakallah Fii Umrik

Sedangkan artinya ialah:

“Semoga mendapatkan berkah dari Allah Swt. dalam usiamu”

Selain diucapkan secara langsung, kamu juga bisa menuliskannya kedalam surat atau melalui sesan chat kepada orang yang dituju. Perlu diperhatikan bahwa penulisan barokallah kepada laki-laki dan perempuan keduanya sama yaitu “Barakallah” dan jangan diubah menjadi barakillah untuk perempuan karena huruf “ك” pada kata “Barakallah” itu tidak menunjukan isim.

Jadi jika kamu ingin menggunakan isim untuk membedakan pengucapan kalimat tersebut kepada perempuan dan laki laki ialah sebagai berikut:

  • Untuk laki-laki: (Barakallah fii umrika)
  • Untuk perempuan: (Barakallah fii umriki)

Lalu jika ada seseorang yang mengucapkan kalimat ini kepada kita, “bagaimana cara kita menjawab kalimat tersebut?”

Jawaban Barakallah Fii Umrik?

Yap, jika ada seseorang yang mengucapkan kaliat ini untuk memberikan rasa selamat, tentunya ada jawaban khusus yang bisa kita gunakan. Jawaban yang bisa kita gunakan ialah “wa fiikum barakallah” Kalimat wa fiikum barakallah ini memiliki arti (semoga Allah Swt. juga memberimu keberkahan).

Mengingat kalimat barakallah fii umrik merupakan sebuah doa, maka kita juga harus memberikan sebuah doa juga kepada orang tersebut. Layaknya seseorang yang mengucap salam maka kita juga harus mengucap balasan salam yang keduanya merupakan sebuah doa.

Ketika kamu menjawab doa mereka yang juga mendoakanmu, ada dua ganjaran yang akan didapatkan, yaitu:

  • Pahala karena saling mendoakan sesame muslim.
  • Mendapatkan pahala karena menjawaban doa tersebut.

Namun kebanyakan orang menghiraukan akan hal itu dan cenderung tidak mengetahui jawaban dari kalimat Barakalah ini. Semoga dengan mengajarkan amalan ringan ini kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. “Aamiin ya Robbal ‘alamin”.

Sebenarnya itu saja yang bisa saya sampaikan, namun tulisan ini masih terlalu pendek untuk dipublikasi. Jadi kami bagikan berikan beberapa doa yang bisa kamu baca untuk mengharap keberkahan umur.

Doa Ulang Tahun (Diberikan Keberkahan Umur)

Happy Birthday merupakan kalimat yang tidak ada gunanya, pasalnya jika diartikan kedalam bahasa indonesia jadinya seperti ini “Selamat ulang tahun” Tidak ada doa sama sekali didalamnya.

Jadi pengucapan barakallah fii umrik sudah sangat baik untuk diberikan kepada kerabat atau teman kita yang sedang ulang tahun. Disisi lain ternyata ada banyak sekali doa untuk mendoakan saudara atau teman kita atau bahkan untuk diri kita sendiri untuk meminta keberkahan umur.

Doa-doa yang bisa kamu baca untuk meminta keberkahan umur ialah:

Pertama:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ
وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Artinya:

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”


Kedua:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya:

“Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”


Demikianlah rangkuman mengenai definisi kalimat barakallah fii umrik yang bisa saya tuliskan disini. Semoga artikel ini bisa dipahami dengan mudah dan dapat bermafaat bagi kita semua.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.