bismillahirrahmanirrahim
Gambar bismillahirrahmanirrahim arab

Tulisan Arab Bismillah & Artinya Lengkap Dengan Kaligrafi

Diposting pada

Bismillahirrahmanirrahim – Tulisan arab bismillah ialah sebagai berikut:

( ).

Sebelum melakukan aktifitas sehari-hari tentunya setiap umat musli akan membaca kaliamat bissmillah ini, kalimat ini sering dibaca sebelum membuka segala aktivitas baik berupa ibadah maupun muamalah.

Kalimat ini merupakan do’a yang dibaca utuk mengharapkan adanya keberkahan serta keridhoan terhadap terhadap aktivitas yang akan dilakukan.

Lalu apa makna dan keutamaan membaca kalimat Bismillahirrahmannirrahiim ?

Pada artikel ini kami akan membahas tuntas namun singkat mengenai keutamaan dan makna dibalik kalimat bismillah ini.

Tulisan Arab Bismillah Dan Artinya

Tulisan Arab bismillahirrahmanirrahim
Tulisan Arab bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmannirrahiim atau dalam tulisan arabnya ( بسم الله الرحمن الرحيم ) memiliki arti sebagai berikut.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Lafadz bismillah ini terdapat sebanyak 114 kali dalam pembukaan setiap surat di al-Qur’an, hanya ada satu surat yang tidak terdapat kalimat bismillah yaitu surat at-taubah.

Hal tersebut dikarenakan dalam surat at-taubah ini merupakan surat yang diawali dengan seruan perang, sedangkan kalimat bismillah mengandung arti dan makna kasih sayang sehingga sangat tidak mungkin ketika sebuah peperangan dibuka dengan kasih saying.

Yang menjadi pertanyaannya ialah: “Mengapa kalimat bismillah terdapat 114 kali dalam Al-Qur’an, bukankan jika tidak terdapat kalimat bismillah dalam salah satu surat jumlahnya menjadi 113?”

Hal tersebut dikarenakan kalimat bismillah ini terdapat dalam surat An-Naml ayat 30.Dengan begitu jumlah kalimat bismillah dalam Al-Qur’an genap menjadi 114.

Baca juga: Jazakallahu Khairan: Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Arab

Makna Kalimat Bismillah

Para ulma tafsir mengkaji kalimat bismillah ini sehingga memberikan makna bismillah ke dalam 4 hal, diantara lain sebagai berikut:

  1. Pertama: Kata “Bi” dalam kalimat bismillah mengandung maksud “‘kekuasaan dan pertolongan”. Dengan begitu, orang yang mengucap kalimat bismillah akan paham bahwa segala sesuatu yang akan ia perbuat, semuanya atas dasar kekuasaan dan pertolongan dari Allah saw.
  2. Kedua: kalimat ini sangat erat kaitannya dengan kalimat tauhid yakni “la ilaha illa Allah”. Dengan demikian, kalimat ini menegaskan bahwa Allah adalah sebab yang paling utama dalam segala urusan.
  3. Ketiga: kalimat bismillah yang diucapkan oleh seorang Muslim adalah bentuk deklarasi pengagungan terhadap kekuasaan Allah SWT penguasa alam semesta.
  4. Keempat: kalimat bismillah mengandung kata yang merupakan salah satu sifat Allah yaitu “ar-rahman” dan “ar-rahim” yang dimana keduanya memberikan penegasan bahwa Allah adalah yang maha memberikan curahan rahmatnya di dunia serta di akhirat.

Keutamaan Membaca Bismillah

Gambar kaligrafi bismillah
Gambar kaligrafi bismillah

Ada banyak keutamaan, Faedah, atau keistimewaan membaca bismillah sebelum kita memulai segala sesuaitu, hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali hikmah yang didapat, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

Meningkatkan kencerdaskan akal

Dengan membaca lafat bismillah ternyata dapat meningkatkan kecerdasan akal kita loh. Selain itu, dengan membaca lafadz bismillah juga dapat membatumu untuk menghafal materi pembelajaran serta dapat lebih cepat memahami setiap pelajaran yang disampaikan oleh para guru, itulah mengapa sebelum memulai pelajaran kita dianjurkan untuk membaca do’a yang didalamnya pasti terdapat kalimat ini.

Dapat terhindar dari gangguan syetan

Seperti yang kita ketahui, Syaiton atau syetan merupakan musuh yang nyata bagi umat islam, hal tersebut karena setiap manusia tidak lepas dari gangguan syaiton/ setan untuk menjerumuskan kita agar masuk neraka. Dengan mengucap kalimat Bismillah, Insya Allah Gangguan-gangguan tersebut akan teratasi.

Membuat setan menjadi kecil

Imam Ahmad bin Hanbal dalam musnadnya meriwayatkan dari seseorang yang dibonceng oleh Nabi Muhammad SAW, ia berkata:

“Tunggangan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tergelincir, maka aku katakan: ‘Celaka setan.’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Janganlah engkau mengucapkan ‘celakalah setan.’ Karena jika engkau mengucapkannya, maka ia akan membesar dan berkata: ‘dengan kekuatanku, aku jatuhkan dia.’ Jika engkau mengucapkan bismillah, maka ia akan menjadi kecil hingga seperti seekor lalat.’”

(HR. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani).

Dapat menjadi pembuka rezeki

Dengan mengucapkan kalimat basmallah juga menjadi jalan untuk terbukanya pintu rezeki. Disisi lain juga menjadikan kita sebagai hamba allah yang Insya Allah penuh kemuliaan baik di dunia maupun akhirat.

Menyembuhkan segala macam jenis penyakit

Selain membuka pintu rezeki, dengan membaca kalimat lafadz allah juga bisa menjadi terapi untuk pengobatan segala jenis penyait. Meski begitu, kita kita juga harus berikhtiar melakukan pengobatan.

Mendapatkan pahala yang sangat besar

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al Qur’an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku (Nabi Muhammad) tidaklah mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

(H.R. At Tirmidzi)

Demikianlah pembahasan mengenai kalimat bismillah mulai dari tulisan arab dan latin hingga keutamaanya jika kita raji-rajin membaca kalimat ini sebagai pembuka aktivitas sehari-hari.


Gambar Gravatar
Sangat mengutamakan relevansi, sehingga kami ter-Obsesi untuk menyajikan informasi yang berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.