close

Tulisan Arab La Tahzan Innallaha Ma’ana dan Artinya

La Tahzan Innallaha Ma’ana Arab – Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti mengalami malasah serta sering kali dihadapkan dengan cobaan hidup. Dengan cobaan yang ringan hingga cobaan terberat sering kali membuat seseorang merasa terpuruk.

Mengingat cobaan tersebut diberikan oleh Allah SWT untuk menguji hambanya, maka seseorang yang sedang mendapatkan ujian harus sabar dan ikhlas salam menghadapinya, dengan begitu ia akan mendapatkan kebaikan untuk dirinya sendiri serta dapat menambah pahala.

Terkadang dengan ujian yang berat juga akan membuat seseorang sangat terputuk, hingga satu-satunya hal yang bisa membuatnya tenang ialah dengan menangis. Sebenarnya setiap orang pasti akan menghadapi ujian, namun yang membedakannya ialah bagaimana cara ia menghadapi ujian tersebut.

Dalam menghadapi permasalahan dalam hidup sebagaiknya tetap tenang dan terus berprasangka baik kepada Allah SWT karena pada dasarnya Allah akan memberikan ujian kepada hambanya dengan tidak melampaui batas kemampuan hambanya itu sendiri.

Dengan hati yang tenang tentu kita akan terus berfikir jernih dan terus mengingat kepada Allah SWT serta hanya kepadanyalah kita meminta pertolongan. Seperti yang diucapkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabatnya Abu Bakar “Laa Tahzan, Innallaha Ma’ana” Kalimat ini menjadi salah satu penenang yang peling baik ketimbang menangis dan mengeluh.

Baca juga : Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Arab & Artinya

lalu apa arti dari kalimat Laa Tahzan, Innallaha Ma’ana?

Pos Terkait:  7 Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Sekeluarga

Dalam artikel ini kita akan membahas ini secara singkat, padat dan jelas. Jadi jangan lewatkan sepatah katapun agar tidak menimbulkan kekelirun.

Tulisan Arab

Kalimat Laa Tahzan, Innallaha Ma’ana ini jika ditulis dakam bahasa arab ialah sebagai berikut :

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا

Dan kalimat tersebut memiliki arti sebagai berikut : “janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”

Kalimat ini sangat berguna diucapkan kepada seseorang yang sedang mengalami kesusahan dan dirundung permasalahan.

Kalimta ini juga dapat digunakan sebagai kata ungkapan untuk menghibur hati seseorang agar dapat mengingatkan ketakwaan dirinya kepada Allah Swt.

Baca juga : Innallaha Ma’ashobirin: Tulisan Arab dan Artinya

La Tahzan Innallaha Ma’ana Artinya

Gambar la tahzan innallaha ma'ana

Seperti yang dijelaskan diatas, Tulisan La tahzan innallaha ma’ana dalam aksara Arab ialah sebagai berikut : (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

Kata-kata La Tahzan, Innallaha Ma’ana sendiri merupakan salah satu ungkapan yang akan kita temui di dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 40 yang mengandung arti “Janganlah Bersedih, Allah bersama kita”.

Arti dari kalimat La Tahzan, Innallaha Ma’ana terdiri dari beberapa kata dan disetiap kata memiliki arti atau maknanya sendiri,

Jika kalimat ini ditafsirkan per-kata, maka akan terjemahnya ialah sebagai berikut:

Tulisan Latin Tulisan Arab Artinya
La (لَا) jangan
Tahzan (تَحْزَنْ) bersedih
Innallaha (إِنَّ اللَّهَ) sesungguhnya Allah
Ma’ana (مَعَنَا) bersama kita
Pos Terkait:  Doa Untuk Orang Meninggal Sesuai Sunnah (Perempuan dan Laki-Laki)

Nah, dari setiap kata tersebut jika digabung maka akan tertulis “Laa Tahzan, Innallaha Ma’ana” atau yang artinya “Jangan bersedih, sesungguhnya allah bermsama kita”

Makna dan Penggunaan Kata

Kalimat ini juga bisa di artika “jangan bersedih, karena kasih sayang Allah sangat luas.” Karena sebanarnya bentuk cinta Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya adalah dengan memberikan ujian sehingga hamba-hamba-Nya selalu dekat dengan-Nya

Disisi lain, Allah SWT juga tidak akan memberikan ujian kepada seorang hamba di luar kemampuannya hambanya itu.

berikut ini beberapa contoh penggunaan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana.

  1. Kalimat ini dapat digunakan ketika Anda merasa putus supaya sehingga hati dan perasaan Anda tidak larut dalam kesedihan.
  2. kalimat ini juga dapat digunakan ketika seseorang merasa sedih karena ditinggalkan oleh seseorang yang ia cintai sehingga membuat hatinya sedih, agar tidak larut dalam kesedihan, maka kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana bisa digunakan
  3. Contoh terakhir ialah ketika kita dihantam dengan berbagai permasalahan yang cukup kompleks baik dengan orang terdekat atau bahkan dengan orang yang tidak kita kenal.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Dengan penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa ungkapan kalimat ini bukan hanya sedekar ucapan kalimat biasa saja, selain itu, kalimat ini terdapat di dalam Al-Qur’an yakni dalam surah At-Taubah Ayat 40.

Pos Terkait:  Tulisan Arab Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan Artinya

اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Srtinya: Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Nah itulah yang menjadi dasar bahawa ucapan ini merupakan kalimat yang baik karena bersumber dari Al-quran. Demikianlah penjelasan yang dapat kami rangkum dalam artikel ini, semoga bermanfaat.