close

20 Prospek Usaha Perdagangan Yang Menguntungkan

Usaha Perdagangan – Usaha perdagangan bisa dikatakan menjadi salah satu bisnis yang tak pernah mati. Bisnis ini adalah yang paling menguntungkan dan menjanjikan untuk dikerjakan. Apalagi jika direncanakan dengan matang, bisnis ini bisa memberikan kesuksesan.

Bisnis dagang bukanlah hal yang baru. Ada banyak bisnis dagangan yang bisa dikerjakan untuk mencari keuntungan. Kamu bisa berdagang barang atau produk apapun, selama bisa memberikan keuntungan.

Usaha perdagangan merupakan jenis usaha dengan kegiatan utamanya yaitu membeli barang dan kemudian menjualnya kembali agar bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus mengubah kondisi barang tersebut.

Secara sistematis, semakin banyak dan laris produk yang kamu jual maka akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan. Dan keuntungan tersebut dihitung dari biaya distribusi dan operasional saat berbisnis.

Lihat juga : 23 Usaha Sampingan Dengan Modal kecil


Tips Memulai Usaha Perdagangan

Meskipun dinilai sebagai usaha yang menjanjikan dan menguntungkan, tetap saja usaha perdagangan membutuhkan strategi dalam memulainya agar hasilnya bisa maksimal. Bagi kamu yang masih pemula, tips memulai usaha dagang dibawah ini bisa membantu.

1. Pilih Sesuai Dengan Passion

Poin penting dalam memulai sebuah bisnis, apapun itu adalah pilih bisnis yang memang sesuai passion yang kamu miliki. Mengapa? ini akan membuat kamu akan jauh lebih semangat serta pekerjaan juga menjadi lebih mudah.

ketika bisnis yang dijalani penuh semangat, maka bukan hal yang tidak mungkin jika usaha perdagangan tersebut akan cepat sukses. Jadi, hindari memilih bidang bisnis yang tidak sesuai passion atau bahkan tidak kamu sukai yang malah menghambat kemajuan bisnismu.

2. Tentukan Visi dan Misi

Ingin berdagang yang baik dan juga menguntungkan? maka tentukan sedari awal visi dan misi usaha yang kamu bangun dan jadikan sebagai acuan. Bagaimana visi dan misi ini bisa didapatkan? kamu bisa mencoba memberikan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri.

Jika kamu bisa menjawab segala pertanyaan yang kamu berikan kepada diri sendiri, maka ini artinya kamu mengetahui jelas visi dan misi bisnismu kedepannya. Setelah itu, kamu akan mudah untuk bisa mencapai target-target yang diinginkan

3. Tentukan Keunikan Produk Yang Dijual

Karena bisnis yang akan dijalani adalah perdagangan, maka tentu saja kamu perlu memilih produk atau barang yang akan dijual. Pemilihan produk sangat krusial, karena ini yang akan menentukan keuntungan dan keberhasilan dalam berbisnis.

Saat memulai sebuah perdagangan, agar produk yang kamu jual bisa diterima baik oleh konsumen. Penting untuk memiliki produkunik dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Mengingat persaingan yang kini semakin ketat.

Dengan adanya keunikan dari produk, maka tak sulit untuk menarik hati pelanggan bahkan akan lebih mudah diingat

4. Berikan Harga Yang Bersahabat

Banyak pedagang pemula yang terkadang salah dalam memulai usaha perdagangan, karena ingin segera mendapatkan untung besar. Banyak dari mereka yang menjual barang dengan harga mahal. Cara ini sangatlah tidak dianjurkan.

Jika kamu masih pemula, usahakan untuk memberi harga bersahabat namun tetap bisa memberikan keuntungan.

Utamakan untuk berkenalan dan memperluas jaringan yang kamu miliki. Ini akan efektif untuk mengembangkan skala bisnis yang lebih besar lagi kedepannya.

5. Bekerja Secara Cerdas

Pedagang yang sukses tidak hanya bekerja keras saja, namun juga bekerja secara cerdas. Yang dimaksudkan disini adalah bekerja dengan memanfaatkan pikiran dan ilmu pengetahuan.

Orang yang bisa bekerja secara cerdas tentunya adalah orang yang pandai dalam menghitung resiko, memanfaatkan peluang dengan cepat, serta mampu menggunakan kemampuan tersebut agar bisa mencapai keuntungan yang diharapkan.

Karena itulah pentingnya bekerja cerdas, kamu bisa mendapatkannya dengan memperluas wawasan serta belajar dari orang yang berpengalaman. Sehingga banyak ilmu yang kemudian bisa kamu terapkan dalam bisnismu.

6. Jangan Lupakan Kreasi dan Inovasi

Jika ingin tetap sukses dalam bidang bisnis yang kamu jalani, maka jangan sampai melupakan kreasi dan inovasi dalam bisnis yang kamu kerjakan. Ini akan membuat kamu berbeda dari pesaing lainnya karena kamu memiliki keunikan tersendiri

Untuk bisa menemukan inovasi-inovasi menarik, kamu bisa melakukan analisa terlebih dahulu. Catat dengan rinci segala strategi yang ingin kamu raih dan tulis pula solusi untuk bisa melakukan inovasi tersebut.

Dengan begitu, kamu akan tetap kuat bersaing di ketatnya persaingan bisnis saat ini.

Lihat juga : 26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan


Jenis Usaha Perdagangan 2020

Saat ini usaha perdagangan sudah semakin beragam, ada banyak jenis dan macam perdagangan yang bisa kamu pilih dan kerjakan serta tentu saja menghasilkan keuntungan besar. Mulai dari bermodal kecil hingga besar, yang bisa kamu pilih dibawah ini.

1. Berjualan Makanan atau Kuliner

Sampai kapanpun bisnis berjualan makanan atau kuliner tidak akan pernah ada matinya. Hal ini karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk bisa bertahan hidup. Jadi tak heran jika bisnis kuliner ini akan tetap tumbuh dimanapun.

Pos Terkait:  Cara Jualan dan Promosi di Instagram, Pemula Wajib Coba!

Banyak jenis ragam usaha bidang kuliner yang bisa dilirik dan disesuaikan kapasitas maupun passion kamu dalam mengelola bisnis kuliner. Sama seperti bisnis lainnya, dibutuhkan pemilihan lokasi yang tepat dalam memulai bisnis ini

Karena setiap lokasi atau wilayah tentu akan berbeda pula karakter dan minat konsumennya. Jadi untuk membuka bisnis kuliner apa yang menguntungkan, lakukan analisa pasar terlebih dahulu

2. Berjualan Hasil Bumi atau Pertanian

Dari sekian banyak macam usaha perdagangan yang ada, jenis usaha yang memperjualbelikan hasil bumi merupakan yang paling konvensional dan terbukti memberikan keuntungan asal berkomitmen dalam menjalaninya

Namun mengingat konvensionalitasnya, usaha dagang yang satu ini memiliki sisi persaingan yang cukup ketat.

Karena itulah kualitas produk dan layanan, harga yang bersaing, serta kesungguhan dalam berbisnis menjadi kunci utama untuk tetap bertahan.

Jangan lupa untuk selalu peka dengan perkembangan teknologi yang ada, untuk melihat peluang usaha ini seiring perkembangan teknologi.

3. Bisnis Fashion

Sama halnya dengan bisnis makanan, , bidang fashion juga menjadi bisnis yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Mengingat pakaian juga menjadi kebutuhan bagi setiap manusia. Sehingga bisnis ini akan tetap mampu bertahan di ketatnya persaingan dunia bisnis

Bisnis fashion tidak akan pernah sepi peminat. Yang paling penting kamu mengetahui dan selalu trend tentang trend-trend fashion terkini sehingga tidak kehilangan konsumen. Kamu bisa membuka toko dengan lokasi strategis untuk menjaring lebih banyak lagi pelanggan.

4. Menjual Pulsa dan Kuota Internet

Di era pertumbuhan teknologi yang semakin canggih serta serba internet, kini kebutuhan akan pulsa dan kuota internet seakan sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan berjualan pulsa dan kuota internet.

Tak perlu khawatir dengan modal, karena berdagang pulsa tidak membutuhkan modal besar. Bahkan dengan modal kurang dari 1 juta rupiah, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. Bisnis ini mudah dan bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja melalui smartphone.

Usaha yang satu ini sangat menguntungkan dan layak ditekuni bagi kamu yang ingin mencoba keuntungan dalam bidang bisnis dagang

5. Berjualan Elektronik

Kebutuhan barang-barang elektronik juga tidak kalah penting, rasanya hampir semua kegiatan manusia saat ini terbantu dengan barang-barang elektronik. Sehingga permintaan akan barang elektronik cukup berkembang pesat saat ini.

Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk meraih keuntungan yang besar. Hanya saja modal yang dibutuhkan tentu cukup besar mengingat barang-barang elektronik bukanlah barang murah. Namun keuntungan yang didapatkan bukan main-main

Untuk berjualan barang-barang elektronik ini tentunya kamu membutuhkan lokasi yang strategis di tengah keramaian. Selain itu promosi yang tepat akan membuat brand atau bisnismu jadi lebih dikenal masyarakat.

6. Berjualan Gadget

Sama halnya dengan barang barang elektronik, rasanya manusia kini tak bisa terlepas dari smartphone atau gadget. Apalagi di zaman digital seperti saat ini, kebutuhan akan smartphone juga semakin meningkat dan menjadi kebutuhan pokok.

Apalagi perkembangan gadget saat ini terus mengalami perubahan seiring dengan bergantinya zaman. Sehingga kamu dapat memanfaatkan peluang ini menjadi bisnis yang menguntungkan

Namun sama seperti berjualan elektronik, modal yang harus kamu keluarkan tidaklah sedikit. Akan tetapi bisnis ini sangat menguntungkan dengan profit yang cukup besar yang bisa didapatkan.

7. Berjualan Sembako

Sembako (sembilan bahan pokok) menjadi bisnis yang paling tepat dan menjanjikan bagi kamu yang ingin berdagang. Bisnis ini bisa dikerjakan siappaun, baik yang masih pemula karena kamu tak perlu wajib memiliki kemampuan atau skill khusus.

Karena yang paling utama adalah modal, namun jika kamu tak memiliki modal yang besar maka bisa memulainya dari bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu

Nantinya jika sudah menguntungkan, barulah kamu bisa mengembangkannya dengan menjual berbagai jenis kebutuhan rumah tangga dengan lengkap. Kamu bahkan bisa membuka toko di rumah sendiri tanpa harus mencari lokasi lainnya untuk berjualan

8. Waralaba Franchise Minuman

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis waralaba franchise berbagai minuman cukup laris manis di pasaran. Bahkan tak hanya di kota besar saja, kini sudah merambah hingga ke kota-kota kecil lainnya.

Usaha dagang yang satu ini terbilang mudah dalam hal pengelolaannya, karena kamu yang masih pemula akan dipandu dan dibimbing oleh pemilik waralaba hingga nantinya bisa sendiri dalam menjalankan serta mengembangkan usaha.

Kamu hanya membutuhkan modal untuk memulainya, semua perlengkapan usaha akan disiapkan oleh pemilik franchise begitu pula dengan strategi pemasaran. Untuk bisa memiliki franchise seperti ini modal yang ditawarkan bervariasi mulai dari 3-10 juta rupiah

Pos Terkait:  10 Contoh Reklame Beserta Gambar dan Penjelasannya

9. Berjualan Makanan Ringan

Menjual makanan ringan juga menjadi bisnis berdagang yang direkomendasikan jika kamu hanya memiliki modal kecil dan ingin tetap berbisnis. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu jual, namun pilihlah makanan ringan yang memiliki banyak peminat.

Untuk memulainya, kamu bisa membeli barang atau produk seperti halnya menjadi reseller. Bisnis jual makanan ringan ini sangat jarang sepi pembeli. Sehingga kamu bisa menjadikan kesempatan ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untung besar.

Bisnis ini bisa dikerjakan di rumah saja, jika sudah besar dan memiliki modal yang cukup bukan tidak mungkin jika kamu bisa membuka toko khusus yang menjual berbagai macam makanan ringan

10. Berjualan Jasa Atau Layanan

Tingkat kesibukan masyarakat saat ini yang semakin padat, membuat berbagai aktivitas pribadi yang dulunya bisa dikerjakan seorang diri namun kini suda tidak sempat lagi. Inilah yang membuat banyak orang mencari penyedia jasa atau layanan yang bisa membantu

Karena itulah, bisnis jasa saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat karena tingginya peminat. Ada banyak bisnis jasa atau layanan yang bisa dicoba, mulai dari jasa laundry, cleaning service, jasa cuci motor atau mobil, jasa bimbingan belajar dan lainnya.

kamu harus pintar-pintar dalam memilih layanan jasa yang ingin kamu kembangkan. Lihat bagaimana kondisi pasar dan tentu saja sesuaikan dengan kemampuan serta modal yang kamu miliki.

11. Menjual Bahan Bangunan

Bukan hanya makanan saja yang dibutuhkan, bahan-bahan bangunan yang cukup dibutuhkan karena kebutuhan akan rumah dan bangunan akan terus menerus ada. Karena itu produk yang berkaitan dengan konstruksi tentu akan selalu didatangi konsumen.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun toko bahan bangunan yang menjual berbagai jenis bahan bangunan yang dibutuhkan. Seperti semen, pasir, paku, paralon air dan masih banyak lainnya.

Bisnis ini membutuhkan lokasi yang strategis dan terlihat banyak orang untuk bisa menjaring konsumen lebih banyak. Ditambah lagi dengan harga bersahabat serta pelayanan terbaik tentunya akan semakin membuat bisnis berkembang lebih pesat

12. Usaha Rental Atau Persewaan

Usaha perdagangan lainnya yang juga menjanjikan untuk dikerjakan saat ini adalah usaha rental atau persewaan. Saat ini sudah banyak usaha jasa rental yang terbilang menguntungkan dan menghasilkan profit lumayan besar meskipun dikerjakan di rumah.

Hal ini karena situasi sosial masyarakat saat ini yang tak semuanya dapat memiliki sarana lengkap untuk kebutuhannya. Karena itulah peluang bisnis rental atau jasa ini terbilang luas.

Misalnya saja, kamu ingin melangsungkan pernikahan yang mana pasti membutuhkan alat sound system. Dibandingkan membeli peralatan baru dengan biaya mahal dan hanya digunakan sementara. Akan lebih baik untuk menyewa dengan harga yang lebih murah.

13. Bisnis Dagang Berbasis Online

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini membuat banyak peluang atau ide yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Seperti misalnya berdagang secara online, ini menjadi bisnis yang cukup tumbuh subur di Indonesia saat ini

Kamu bisa berjualan apapun mulai dari produk kesehatan, pakaian, makanan, dan masih banyak lainnya. Bahkan kamu tak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa toko karena semuanya dilakukan secara online.

Bisnis online juga semakin berkembang pesat karena gaya hidup masyarakat saat ini yang menginginkan hal mudah dan praktis. Berbelanja online bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui gadget yang dimiliki.

14. Bisnis Kosmetik

Wanita dan kosmetik merupakan hal yang sulit dipisahkan, bahkan rasanya sangat jarang sekali wanita tidak menggunakan kosmetik saat ini. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu bisnis menguntungkan.

Tak perlu modal besar untuk bisa memulainya, kamu dapat menawarkan kosmetik dalam bentuk sampel saja sehingga modal yang dikeluarkan tidaklah besar. Untuk masalah tempat berjualan pun, kamu bisa membukanya sendiri di rumah atau berjualan secara online.

Kamu bisa memulainya dengan menjualnya ke beberapa teman, kerabat atau bahkan tetangga. Untuk semakin memperluas pasa, kamu bisa mengiklankan kosmetik yang kamu jual di beberapa situs belanja online maupun sosial media pribadi

15. Bisnis Aksesoris

Bagi sebagian orang, aksesoris mungkin menjadi pelengkap penampilan sehari hari. Sehingga tidak ada kata bosan saat membeli maupun menggunakan aksesoris, apalagi wanita.

Jadi menjual aksesoris juga bisa menjadi bisnis yang menarik dan mudah dijual, tidak seperti makanan yang memiliki kadaluarsa. Aksesoris bisa disimpan dalam waktu lama sekalipun. Selain itu ada banyak orang juga yang menggunakan atau mengoleksinya

Pos Terkait:  7 Cara Meningkatkan Visibilitas Online dengan Pemasaran Digital

Ada berbagai macam jenis aksesoris yang bisa kamu jual, mulai dari unik hingga mahal. Aksesoris akan tetap mempunyai pemintanya masing-masing, bahkan yang aneh dan unik sekalipun pasti akan ada yang menyukainya

16. Bisnis Air Minum Isi Ulang

Saat ini air minum isi ulang menjadi alternatif air minum yang lebih murah dibandingkan air kemasan galon. Selain itu hal ini juga lebih praktis dibandingkan memasak air sendiri di dapur.

Sehingga bisnis air air minum menjadi salah satu bisnis yang cukup berkembang pesat saat ini. Bisa dilihat sendiri saat ini bukanlah hal yang sulit untuk menemukan air minum isi ulang. Dan kamu bisa menjadikan peluang ini sebagai bisnis yang menguntungkan

Tak perlu takut akan kehabisan pelanggan, mengingat air minum akan selalu menjadi kebutuhan utama. Sehingga kamu tak akan kesulitan untuk mencari konsumen. yang terpenting jaga kualitas air minum yang kamu jual dan juga pelayanan kepada konsumen

17. Bisnis Hijab

Jumlah pengguna hijab yang ada di Indonesia semakin tinggi, bahkan ada banyak mode hijab yang selalu hadir setiap tahunnya. Ini bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha perdagangan yang baik untuk mendapat keuntungan.

Apalagi pengguna hijab saat ini bukan hanya ibu-ibu atau orang tua saja, kalangan anak muda sekalipun sudah banyak yang menggunakan hijab. Sehingga kamu bisa memiliki peluang yang cukup luas untuk menjadikannya sebagai sumber pendapatan

Jika kamu berencana untuk membuka usaha ini, selalu up to date tentang trend hijab terkini sehingga produk-produk yang kamu jual bisa lebih mudah terjual. Jika menjalankan usaha ini dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin jika bisnismu akan sukses.

18. Jualan Produk Digital

Di era canggih seperti saat ini, produk yang bisa diperdagangkan bukan hanya barang fisik saja. Melainkan banyak produk-produk digital yang bisa dijual belikan dan juga sangat menguntungkan jika ingin menjadikannya sebagai bisnis.

Pemilihan produk digital ini bisa disesuaikan dengan hobi atau minat yang kamu miliki. Misalnya saja, kamu memiliki hobi dalam bidang fotografi, kamu bisa menjual foto-foto yang kamu ambil. Atau kamu juga bisa menjual video atau editing video

Atau bisa juga bagi kamu yang hobi memasak, bisa membagikan tutorial video memasak atau video tutorial lain yang sesuai keahlian. Dan menariknya, kamu hanya membuat sekali saja namun bisa dijual hingga berkali-kali tanpa terbatas

19. Jualan Motor atau Mobil Bekas

Saat ini kendaraan bermotor bukanlah barang yang mewah lagi, bahkan umum rasanya jika masing-masing orang memiliki minimal 1 motor untuk kendaraan sehari-hari. Kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha menguntungkan yaitu berjualan kendaraan bekas

Meskipun terkadang penjualan otomotif menurun, dikarenakan perekonomian yang sedang lesu. Namun bukan berarti bisnis ini bukanlah usaha yang menguntungkan. Jika kamu tak memiliki modal yang cukup, kamu bisa bertindak sebagai broker

yaitu yang menghubungkan antara pihak penjual dan pembeli. Nantinya kamu bisa mengambil komisi dari penjualan mobil yang kamu lakukan. Kamu bisa mencari penjual atau pembeli melalui sosial media untuk memudahkan bisnismu.

20. Jualan Tiket Online dan Paket Travelling

Jika kamu cermati, akhir-akhir ini ada banyak agen-agen penjualan tiket yang menyebar di berbagai tempat. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya menjalankan bisnis tiket online ini. Bahkan banyak server atau induk penyedia tiket dan travel yang bisa diajak kerja sama.

Keuntungan yang didapatkan dari penjualan tiket pun sebenarnya tidak sedikit, kamu bisa mengambil hingga 10% dalam setiap penjualan tiket. Jika harga tiket yang kamu jual sekitar 500 ribu rupiah maka kamu bisa mengambil keuntungan hingga 50 ribu

Bisa dibayangkan sendiri berapa banyak keuntungan yang didapatkan jika kamu bisa menjual 10 tiket saja dalam sehari. Kamu bisa membuka jualan tiket di lokasi yang strategis. Bahkan bisa membukanya sendiri di rumah dan menjualnya ke teman atau kerabat.

Usaha perdagangan memang menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Karena bisnis ini lebih nyata dan juga cepat untuk mendapatkan uang. Apalagi jika barang yang diperjual belikan laris manis di pasaran dan lokasi kita cukup strategis

Karenanya, pemilihan barang yang akan dijual dalam usaha perdagangan ini perlu benar-benar diperhatikan. Sehingga kamu tidak kesulitan untuk menjual produk tersebut maupun memperluas pasar bisnismu.