26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Usaha Yang Menjanjikan – Siapa yang suntuk dengan rutinitas harian bekerja dikantor? Ingin lebih bebas tanpa pantauan si bos? Nah mungkin ini saatnya sobat resign dan beralih profesi menjadi entrepreuner. Jangan khawatir banyak kok jenis usaha yang menjanjikan di masa depan yang bisa kalian coba untuk pemula.

Kesempatan cuma dateng sekali, belum tentu datang kedua kalinya. Prinsip tersebut sudah menjadi pegangan teguh bagi para pengusaha sukses yang wajib juga kalian sematkan dalam hati sebagai calon pengusaha baru yang akan sukses di masa depan.

Usaha yang menjanjikan enggak melulu dengan modal besar lho, untuk pemula kalian bisa memulainya dengan modal kecil kok sob dan tentunya prospek kedepannya juga enggak kalah bagus kok!

Tips Memulai Usaha Yang Menjanjikan

Untuk memulainya kalian perlu memperhatikan beberapa hal penting supaya usaha kalian tak lekang oleh waktu alias bisa menjanjikan di masa depan. Nah makanya kalian bisa nih ikutin enam tips penting dalam memulai usaha dibawah ini, check it out!

1. Analisa Pasar

Analisa pasar dilakukan dengan cari peluang serta memperkirakan trend kebutuhan masyarakat masa kini dan masa depan, misalnya saja kalian akan memulai usaha bidang bisnis digital, mengingat belakangan ini semua aktivitas banyak dilakukan secara berbasis online ditambah dukungan pemerintah disektor perdagangan digital tentu ini contoh usaha yang menjanjikan di masa depan.

Tak lupa sebagai seorang calon pengusaha sukses kalian harus juga pandai menganalisa target pasar, karena percuma kan kalo kalian punya produk bagus tapi target pasar enggak tepat, jadinya produk kalian enggak lagu dan justru merugikan.

2. Jalankan Bisnis Yang disukai dan Kuasai

Penting sekali menentukan produk atau jasa yang akan kalian pilih sebagai usaha yang menjanjikan dan menghantarkan sobat menjadi pengusaha yang sukses.

Jadikan bidang usaha sebagai teman yang nyaman, sesuai passion sobat pastinya sehingga kalian enggak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen nantinya bahkan saat diterjang badan topan sekaligus. Sebaiknya focus untuk menjalankan usaha dalam bidang yang dikuasai juga, cari peluang dalam bidang tersebut. Jangan lupa perhitungkan keuntungan ya!

3. Belajar dari Orang Berpengalaman

Sebelum usaha kalian sukses dan melejit pesat secara konsisten, pastilah sobat akan mengalami jatuh bangun kedua momentum ini bukan untuk dirayakan atau membuat kalian frustasi jadikanlah setiap pengalaman sebagai pembelajaran dan evaluasi.

Alangkah baiknya kalian selalu belajar dan konsultasi dari para pengusaha senior yang telah sukses dalam bidang usaha yang sesuai kalian tekuni, jadi jangan cuma belajar teori aja kalian perlu mencari mentor dan panutan bisnis hal ini penting untuk membangun jiwa wirausaha yang kuat dan mendapatkan arahan bisnis yang baik dan benar tentunya!

4. Organisir Diri

Dalam memulai bisnis bukan hanya peluang dan keuntungan yang difikirkan tapi kemantapan hati juga lho guys, jangan sampai kalian setengah hati dalam memulai usaha, fikirkan baik-baik resiko yang akan kalian hadapi. Alih-alih sukses, malah usaha kalian berhenti ditengah jalan, ngeri bukan?

Selanjutnya mulailah membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha. Hal terpenting saat akan memulai usaha lainnya adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovatif, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah kalian rintis.

5. Tengok Kompetitor dan Mental Baja

Perlu kalian ketahui dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi, jangan lupa lihat siapa kompetitor kalian kemudian pelajari teknis bisnisnya supaya kalian bisa bersaing dengan sehat. Jangan menutup diri dengan keunggulan pesaing, sikapi dengan positif dan berfikir bagaimana sobat bisa menjadi lebih unggul.

Nah saat kalian telah memiliki produk yang dirasa lebih unggul namun hal ini belum tentu bisa diterima oleh konsumen lho sob! Siapkan mental baja, jangan pernah putus asa saat kalian terjatuh bahkan bangkrut ingatlah apa yang sudah diperjuangkan, semua sudah ada digenggaman.

6. Action

Setelah kelima tips diatas kalian pahami maka saatnya kalian untuk action, tidaklah mudah untuk memutuskan memulai suatu usaha atau bisnis mengingat resiko yang akan kalian hadapi nantinya dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Namun jika sobat tidak memulainya, kapan kalian akan tahu sampai mana kemampuan kalian dan samasaja menunda kesuksesan. Oleh karena itu mulailah melakakukan bisnis yang dinilai sebagai usaha yang menjanjikan. Ingat jika action tidak terjadi maka sukses tidak akan diraih!

Jenis Usaha Yang Paling Menjanjikan

Saat sobat telah mempelajari informasi peluang usaha yang menjanjikan biasanya kalian akan sedikit mengalami kebingungan karena pilihan yang begitu banyak, sehingga menentukan bisnis dan usaha apa yang cocok di masa depan alias jangka panjang tidaklah semudah memutuskan tali dengan gunting nih guys.

Namun hal ini lazim terjadi untuk pemula seperti kalian, sobat bisa memulai bisnis dengan modal kecil dari rumahan 2020 sesuai dnegan budjet modal yang kalian miliki.

Berikut informasi jenis usaha yang bisa kalian pilih mulai dari bisnis utama hingga bisnis sampingan untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga, worth it tentunya.

1. Dropship Produk

Siapa bilang usaha harus punya produk sendiri, enggak juga kali yaaa. Kalian yang enggak punya produk tapi pengen jualan bisa mencoba bisnis dengan sistem dropship. Bisnis ini juga sangat cocok untuk mahasiswa dan untuk rumah tangga didesa sekalipun.

Pos Terkait:  19 Usaha Franchise Dengan Modal Kecil

Misalnya kalian ingin menjual tas maka kalian wajib membuat toko dimarketplace kemudian cari supplier yang tepat upload foto produknya dan jual dietalase toko online dengan harga sedikit diatas supplier. Jadi dengan modal kecil atau cuma modal kuota aja kalian bisa jadi pebisnis. Sudah banyak kok pengusaha sukses berjualan dengan sistem ini.

2. Bisnis Makanan Instan

Saat ini 2020 sedang trend makanan instan yang beredar seperti dari batagor instan, cilok instan. Usaha ini bisa bisa dikatakan bisnis yang akan terus tumbuh dan menguntungkan. Pasalnya, makanan pasti dibutuhkan seiring pertambahan jumlah penduduk.

Jangan lupa dalam memulai usaha yang menjanjikan ini lakukan trial produk berulang hingga makanan yang kalian akan jual bisa menggoyang lidah dan bikin ketagihan nantinya serta mintalah pendapat teman atau keluarga untuk menilai hasil trial sobat masukkan yang didapatkan bisa menjadi acuan kalian untuk menghasilkan produk yang lebih sip lagi.

3. Kedai Juice

Tingginya kesadaran masyarakat akan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menunjang kesehatan plus aktivitas yang padat sehingga tak ada waktu untuk menyuplai sayur dan buah menjadikan peluang bagi kalian memulai usaha kedai juice.

Dengan modal kecil, dibawah 1 juta kalian bisa membuka usaha ini. Tips untuk usaha ini, belilah bahan baku sayur dan buah dari pasar induk yang terdekat dengan lokasi usaha.

Biasanya harga sayur dan buah disana jauh lebih murah. Awalnya kalian bisa menggunakan etalase kecil terlebih dahulu didepan rumah untuk melihat minat masyarakat akan produk sobat.

4. Healty Cathering

Usaha ini masih terbilang langka tapi menguntungkan, healty cathering adalah salah satu usaha dengan prospek yang baik di masa depan sebagai penyeimbang produk junk food dipasaran.

Trend peduli kesehatan membuat masyarakat dengan kesibukan tinggi terutama kalangan menengah keatas sangat care dengan apa yang dikonsumsinya, hal ini menjadikan peluang healty cathering harian banyak menarik konsumen.

Kalian bisa mempromosikan healty cathering dionline dan sistem pengantaran delivery order sehingga memudahkan konsumen dalam pembelian.

5. Produksi Produk Kesehatan (Herbal) Instan

Musim pandemik saat ini menjadikan manusia sangat rajin mengkonsumsi herbal untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit, namun mengkonsumsi secara langsung daun atau bagian lain dari tanaman secara langsung sangatlah dinilai tidak praktis dan menjadi problem bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, sobat bisa memproduksi produk herbal instan misalnya jahe instan, kunyit instan, wedang uwuh instan dan lain sebagainya sebagai ladang bisnis kalian, meskipun usaha ini terbilang masih langka tapi menguntungkan lho!

6. Franchise

Usaha yang menjanjikan namun membutuhkan modal cukup besar adalah franchise karena kalian harus membeli lisensi model waralaba yang kalian pilih.

Walaupun demikian keunggulan bisnis ini adalah kalian tak perlu repot memkirkan konsep bisnis karena semua sudah terkonseo oleh pihak franchisor.

Ada banyak franchise yang bisa sobat pilih maka pilihlah produk popular dan memiliki prospek baik dimasa mendatang, selain itu penting bagi kalian untuk menentukan lokasi strategis jika kalian telah lakukan hal ini maka bisa dipastikan bisnis kalian akan sukses.

7. Bisnis PL Impor

Bagi kaum hawa penampilan adalah sesuatu yang sangat wajib untuk selalu update, hal ini menjadikan bidang fashion sebagai usaha yang menjanjikan.

Enggak melulu menjual fashion baru kalian bisa usaha barang bekas. Tapi tipsnya adalah jual barang bekas impor. Mengapa harus impor? Karena barang impor memiliki beragam model dan selalu update walaupun bekas.

Kalian bisa membeli pakaian impor bekas, kemudian dijajakan secara online bisa dimarketplace atau toko online kalian diinstagram, jangan takut enggak laku guys, asal pemilihan bajunya beragam dan bersih pasti banyak kok peminatnya.

8. Bisnis Desain Grafis

Perkembangan teknologi internet membuat pekerjaan apapun dapat dilakukan secara online. Perusahaan kecil hingga besat sudah mulai mengembangkan web perusahaan demi menjangkau pasar digital yang mulai marak dan juga meningkatkan eksistensi menjadikan peluang usaha dibidang desain grafis menjadi primadona saat ini.

Tapi sayangnya enggak semua bisa mengembangkan sistem ini, nah ini saatnya kalian yang menguasai dan mahir bidang ini untuk turun tangan. Desain grafis dibutuhkan pada bidang iklan, website desain, pembuatan logo, banner, hingga UI pada sebuah aplikasi.

9. Bisnis Properti

Saat ini hingga mendatang penduduk semakin meningkat beriringan akan kebutuhan tempat tinggal sebagai prioritas utama bagi masyakarat, kalian bisa memanfaatkan ini sebagai peluang usaha yang menjajikan 2020.

Bisa dimulai dengan modal kecil yakni menjadi makelar rumah, jasa arsitektur. Kalau punya bujet berlebih, sekalian saja menjadi pengembang kecil-kecilan.

Tapi usahakan rumah dengan teknologi canggih alias smart home contohnya disematkan lampu bisa menyala sendiri saat malam hari sampai kelistrikannya bisa dikendalikan dari jarak jauh. Prospek yang bagus bukan?

10. Kerajinan Daur Ulang

Walaupun dulu dianggap sebelah mata, nyatanya kini sampah bisa menjadi barang yang tak ternilai harganya namun sayangnya pengolahan sampah di Indonesia masih sangat minim alasan tersebut dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi kalian untuk memulai bisnis ini.

Pos Terkait:  18 Jenis Usaha Jasa Mengutamakan di Era Milenial

Sampah bisa menjadi kerajinan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, misalnya sampah kemasan minuman sebagai totebag untuk mengurangi sampah plastik, selain mendapatkan keuntungan kalian juga ikut berkontribusi dalam mengurangi sampah yang kian hari kian membludak jumlahnya dan bahayanya banyaknya bencana alam diakibatkan oleh sampah.

11. Bisnis Pariwisata

Bisnis dalam bidang pariwisata tak pernah mati kalau kalian merasa hanya memiliki modal kecil kalian bisa manfaatkan wisata terdekat yang ada didaerah sobat terutama di desa untuk menjadi seorang tourguide atau bisnis oleh-oleh dan souvenir.

Namun sebaliknya, sobat bisa membangun penyewaan penginapan dengan model waralaba seperti OYO, Reddoorz yang kini sedang menjamur dan minati banyak wisatawan karena biaya sewa yang sangat ramah dikantong tentunya hal ini membutuhkan modal yang tidak sedikit ya, namun jika belum banyak pesaing maka dapat dipastikan kalian bisa menjadi pengusaha pariwisata yang sukses.

12. Budidaya Tanaman Buah

Berbeda dengan usaha lainnya, usaha budidaya tanaman buah ini masih terbilang langka tapi menguntungkan lho kalau kalian benar telaten dan sabar dalam menekuni bisnis bidang pertanian. Mengapa bisa begitu?

Yaps karena buah adalah salah satu kebutuhan pangan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, sehingga permintaannya terus meningkat namun tidak semua berkeinginan untuk menjalankan usaha ini, sehingga competitor bisnis masih sedikit namun prospek pasar sangat luas.

13. Kursus Online

Kalau kalian punya keterampilan dan pengetahuan khusus bisa lho menjadikan ini sebagai usaha yang menjanjikan, dengan membuka online course, kapan lagi bisa membuka usaha dan berbagi ilmu namun tanpa tatap muka alias online? Bisnis ini saat ini sedang menjamur seperti platform terkenal ruang guru.

Kalian bisa memberikan akses online dengan subjek pelajaran yang bervariasi mulai dari bahasa asing, softskills, hard skill (ms office, coreldraw) bahkan kelas memasak. Bisnis ini terbilang menguntungkan, tak perlu sewa tempat juga peluang yang masih cukup besar karena masih banyak orang diluar sana membutuhkan skill tertentu.

14. Bisnis Otomotif (Offline & Online)

Perkembangan otomotif yang sangat pesat di Indonesia, dapat dilihat dari jumlah kendaraan bermotor kian hari semakin merajalela membuka peluang usaha yang menjanjikan bagi sobat. Saat ini banyak bengkel yang menyuguhkan pelayanan offline kepada konsumen, terkadang ini merepotkan bagi sobat yang sibuk.

Kini saatnya kalian untuk menjajakan jasa pelayanan secara online alias home delivery jadi konsumen bisa berkonsultasi secara online permasalahan kendaraan dan jika membutuhkan perawatan khusus kalian hanya perlu duduk manis, jasa perawatan akan datang kerumah kalian praktis bukan?

15. Bisnis Kuliner Sesuai Trend

Usaha bidang kuliner selalu menjadi primadona bagi setiap pengusaha, mengingat peluang dan pasar yang terus meningkat. Tips dalam menjalankan usaha ini adalah jangan berbisnis makanan apa yang kalian suka melainkan kalian amati dulu trend dan target pasar yang akan sobat raih.

Contohnya kalian menjual bakso mercon, target pasarnya adalah remaja dan dewasa hal ini berkaitan dengan sifat konsumtif anak remaja dan cenderung suka dengan rasa pedas. Jika telah menerapkan ini dijamin usaha kuliner akan terus berkembang, jangn lupa pula untuk selalu berinovasi demi kemajuan perusahaan kalian ya sob!

16. Event Organizer

Dulu tak banyak yang menggunakan jasa event organizer, tapi siapa sangka kini jasa EO sangat dibutuhkan oleh banyak orang teutama yang ingin mendapatkan sesuatu secara cepat tanpa mau ribet urus tetek bengek konsumsi, konsep acara, kostum dan lainnya.

Enggak harus acara pernikahan, mulai dari event untuk acara outdoor hingga indoor dapat menjadi kalian sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Selain itu usaha ini kalian bisa manfaatkan sebagai sampingan usaha pada saat weekend jadi makin banyak deh pendapatan kalian.

17. Coffe Shop

Tak hanya bisnis kuliner yang menjamur, kedai coffe shop juga sedang trend saat ini. Bukan hanya sebagai tempat menikmati kopi dari macam daerah, coffe shop dijadikan tongkrongan yang asik untuk bertemu dan bercengkrama dengan teman dan kerabat bahkan tak sedikit memanfaatkan sebagai tempat belajar dan mengerjakan tugas.

Demi menarik perhatian dan memanjakan pengunjung, kalian bisa menambahkan beberapa fasilitas penunjang seperti Wifi, Full AC, dan konsep ruang yang menarik dibuat semenarik mungkin sehingga pengunjung betah berlama-lama. Jika sudah demikian? Pundi rupiah akan terus mengalir dan kesuksesan didepan mata.

18. Sosial Bisnis Influencer

Walaupun dianggap sebagai bisnis dengan modal kecil nan menguntungkan, influencer enggak terus disangkutpautkan dengan bisnis kok, dengan memanfaatkan social media kalian bisa memilih fokus produk yang akan perdalam atau bahkan bisa jadi semua macam produk kalian jajakan misalnya sepatu, baju, semilan.

Kalian bisa loh memanfaatkan usaha kalian ini juga sebagai ladang pahala dan amal dengan mempromosikan produk UMKM, donasi terhadap suatu bencana dan lainnya jadi bukan cuma uang dari hasil endorsement sekaligus membantu oranglain guys!

19. Usaha Souvenir Acara

Saat diundang ke acara pernikahan atau ulang tahun pulangnya kalian biasanya akan diberikan souvenir kan? Bisa berupa kipas, pulpen, sapu tangan dan lainnya. Coba deh kalian hitung aja berapa tamu yang datang dan dalam setahun berapa ribu orang yang ulang tahun atau mengadakan acara?

Pos Terkait:  Pengertian Teknologi, Jenis-jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Tentu hal ini menjadi usaha yang menjanjikan jika kalian tekuni. Tak banyak pengusaha bidang ini saat ini loh, yuk manfaatkan peluang ini terpenting dalam bisnis souvenir adalah kreatif dan harga yang pas dikantong supaya konsumen puas dengan hasil karya dan memesannya berulang bahkan ikut mempromosikan kepada rekannya.

20. Desain Uang Mahar

Berlatar belakang dari keinginan pasangan yang ingin pernikahannya terlihat unik termasuk maharnya mendorong kemunculan ide untuk usaha jasa uang mahar. Seperti bisnis scrap frame, usaha ini juga membutuhkan orang dengan keterampilan dalam membuat kerajinan dari kertas, kain, dan pernak-pernik lainnya.

Kreasi dari bahan-bahan tersebut digunakan untuk menghias uang mahar, lalu dimasukkan ke dalam sebuah bingkai agar terjaga kerapiannya. Uang yang digunakan pun tak mesti asli, justru kalian bisa berkreasi unik dengan uang mainan dengan melipatnya atau memotongnya sesuai dengan objek yang diinginkan.

21. Jasa Desain Interior

Saat ini, desain interior adalah salah satu jenis jasa yang paling dicari. Terutama, jasa ini digunakan untuk perkantoran dan toko yang jumlahnya kian menjamur. Hal penting sebagai modal utama dalam memulai usaha desain interior ini tenaga desainer dan kontraktor dan logistik yakni alat yang diperlukan untuk mendesain dan membangunsehingga membutuhkan modal yang cukup besar.

Walaupun demikian usaha bidang ini dianggap menguntungkan dan memiliki prospek yang baik kedepannya. Jadi jika kalian sudah fikirkan matang-matang dan memiliki passion di bidang interior pasti bisa sukses dengan bisnis ini!

22. Jasa Konsultasi Bisnis dan Keuangan

Semua usaha, baik yang sudah memiliki nama maupun yang baru dirintis, memerlukan strategi bisnis dan pengelolaan keuangan yang tepat untuk bisa berkembang dan maju. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak jarang ada perusahaan yang menggunakan jasa konsultasi bisnis. Hal ini menjadikan peluang bagian kalian yang ahli di bidang keuangan dan bisnis.

Inilah alasan mengapa pekerjaan sebagai konsultan perusahaan diincar oleh banyak orang. Tapi jangan dianggap mudah kalian perlu mengantongi gelar tertentu, pengalaman dan wawasan yang luas sehingga dapat memberikan ide dan solusi dengan akurasi tinggi.

23. Bisnis Penyewaan Peralatan Multimedia

Tren menjadi social media influencer seperti vlogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya membuat orang awam lebih akrab dengan dunia fotografi dan video.

Sehingga permintaan terhadap perlengkapan multimedia akan selalu ada di masa mendatang seiring besarnya pasar bisnis hiburan digital, sayangnya peralatan ini dianggap mahal bagi sebagai besar orang.

Sehingga alasan diatas bisa menjadi peluang usaha, kalian bisa menyewakan berbagai macam kamera beserta dengan perlengkapannya seperti tripod dan lensa anti air. Demi menjadi pengusaha sukses dibidang ini kalian perlu menggandeng komunitas dan para creator.

24. Bisnis Laundry

Sulitnya memiliki waktu luang bagi sebagai orang yang sibuk dengan pekerjaannya membuat mereka malas untuk melakukan pekerjaan harian, salah satunya mencuci. Usaha laundry bisa menjadi solusi atas permasalahan mereka lho guys.

Jika biasanya laundry baju memakan waktu 3-7 hari, namun coba deh kalian buka usaha laudry express karena tak sedikit orang yang membutuhkan jasa ini karena kebutuhan pakaian yang akan digunakan mendadak. Usaha ini masih langka tapi menguntungkan ya sob, karena hanya dengan menambahkan mesin dan tenaga 1-2 orang saja kalian sudah bisa mendapat keuntungan berlipat.

25. Bidang Hidroponik

Siapa bilang tinggal di desa kalian tidak bisa menjadi pengusaha sukses? Kalian bisa memulai bisnis bidang hidroponik lho, usaha yang menjanjikan nan mengasikkan apalagi kalian yang memiliki passion dibidang pertanian modern.

Mengingat berkurangnya lahan kian hari namun kebutuhan sayur terus meningkat maka kalian dapat memanfaatkan pekarangan, sistem hidroponik juga dianggap lebih higienis guys, jadi bersiapkah kalian kebanjiran hasil panen sayur hidroponik?? Jangan lupa pelajari sistem ini sebelumnya, kalian bisa lihat diyoutube atau mengikuti kursus pelatihan bercocok tanam hidroponik.

26. Budidaya Jamur Tiram

Usaha jamur tiram termasuk usaha yang menjanjikan. Pasalnya usaha ini dapat memberikan penghasilan harian, lagi pula usaha dapat dimulai dengan modal kecil, bahan yang mudah dan areal yang luar di desa. Supaya mahir membudidayakan jamur tiram sobat bisa belajar secara otodidak melalui internet atau dari buku dari perpustakaan.

Setelah panen jamur tiram, kalian bisa mengemasnya per seratus gram kemudian pasarkan ke toko sayuran atau pasar terdekat bahkan menjualnya secara langsung enggak perlu repot menjualnya via online shop dan lainnya sehingga usaha ini cocok juga sebagai alternatif usaha di desa.

Itulah 26 jenis usaha yang menjanjikan di masa depan, jadi usaha enggak melulu berbicara tentang modal nyatanya kalian bisa memulainya dengan modal kecil, juga bisa dilakukan di desa sekalipun. Silahkan kalian pilih bidang usaha apa yang cocok untuk kalian, semoga artikel ini bermanfaat.

Kunci suksesnya adalah telaten dan tekun. So sudah siapkah sobat menjadi pengusaha sukses?