close

19 Usaha Franchise Dengan Modal Kecil

Usaha Franchise Modal Kecil – Pernahkah kamu mendengar usaha franchise atau waralaba? Jenis usaha ini patut dipertimbangkan jika kamu menginginkan bisnis yang mudah dikerjakan dan menguntungkan meskipun kamu masih pemula.

Bisnis waralaba ini dianggap menjadi jenis bisnis yang paling aman, hal ini karena kamu tak perlu memulai semua dari nol ataupun mengajukan izin usaha. Produk hingga strategi pemasaran dan penjualan telah disiapkan pemilik bisnis.

Dan yang kamu butuhkan hanyalah modal untuk bisa mengerjakan dan melanjutkannya. Akan tetapi perlu pengenalan lebih lanjut mengenai bisnis franchise sebelum kamu memulainya.

Lihat juga : 20 Prospek Usaha Perdagangan Yang Menguntungkan


Apa Itu Franchise

franchise adalah

Meskipun menjadi salah satu bisnis yang cukup menjamur di Indonesia, masih banyak orang yang belum memahami mengenai bisnis yang satu ini.

Franchise adalah metode membuka bisnis menggunakan nama, merk dagang hingga produk dari bisnis yang telah berjalan. Seperti misalnya McDonalds, Pizza Hut, Circle K, Indomaret, dan waralaba yang sukses lainnya

Jika dibandingkan ketika kamu akan memulai bisnis sendiri, membuka usaha waralaba memiliki aturan, sistem serta keterampilan yang berbeda dalam mengelolanya. Prinsip usaha ini memperluas dan mendistribusikan barang/jasa menggunakan lisensi dagang.

Jadi, semisal kamu membayar biaya awal serta royalti kepada pemilik merek dagang dan ingin menggunakannya.

Maka sistem waralaba dan hak penjualan produk bisa kamu dapatkan. Bahkan kamu mendapatkan dukungan dari pemilik merek dagang tersebut.

Lihat juga : 18 Jenis Usaha Jasa Mengutamakan di Era Milenial


Tips Memulai Usaha Franchise

Meskipun aman dan menguntungkan, namun masih banyak orang yang terkadang gagal dalam mengerjakannya. Jika kamu berniat untuk memulai usaha franchise, kamu bisa mengikuti tips sukses di bawah ini.

1. Pilih Bisnis Yang Sesuai Dengan Minat

Memilih bisnis sama halnya ketika menggeluti sebuah hobi, saat kamu tak menyukai bisnis tersebut maka tidak bisa berjalan dengan maksimal. Karena itulah akan lebih baik mengerjakan bisnis yang sesuai dengan minat dan kesukaan yang kamu miliki.

Bisnis franchise saat ini cukup beraneka ragam, mulai dari bidang kafe, restoran, salon, minimarket, hingga masih banyak lainnya. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu sebanyak mungkin untuk bisa mendapatkan bisnis yang memang sesuai skill dan kemauan.

2. Lakukan Pengecekan Pada Bisnis Franchise Yang Akan Dipilih

Sudah memilih bisnis franchise apa yang ingin kamu kerjakan? Maka kini saatnya melakukan pengecekan pada bisnis tersebut.

Pada tahap ini, kamu harus benar-benar memilih dengan hati-hati. Mengingat saat ini banyak penipuan berkedok bisnis franchise. Karena itulah cari informasi sebanyak mungkin, tidak hanya sekedar kata-kata akan tetapi disertai dengan bukti.

Pastikan reputasi dari franchise yang kamu pilih sehingga bisnis bisa berjalan baik dan juga nyaman. Kamu juga bisa membandingkan beberapa franchise yang sejenis sehingga bisa memilih yang terbaik.

Lihat juga : 26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

3. Tetapkan Goal Dan Memiliki Perencanaan Bisnis

Meskipun dalam franchise ini kamu akan mengikuti sistem yang diberikan pemilik franchise, namun tak ada salahnya untuk melakukan modifikasi dan memberikan sentuhan sedikit dari gaya yang kamu miliki

Tentukan goal yang ingin dicapai dalam bisnis ini. Tentu saja modifikasi dilakukan dengan beberapa kali uji coba, menambahkan hal yang menarik ataupun mengurangi hal yang dirasa tidak perlu

Tak menutup kemungkinan bisnis yang kamu pegang bisa melebihi dari franchise lain yang menggunakan merek sama. Namun kamu harus mengkonsultasikan ide-idemu terlebih dahulu kepada pemilik franchise

4. Siapkan Modal Yang Cukup

Modal menjadi hal penting lainnya yang harus dipersiapkan bagi kamu yang ingin mengerjakan bisnis franchise.

Bahkan terkadang dana yang dibutuhkan cukup besar. Beberapa franchise biasanya sudah menetapkan seberapa besar modal yang dibutuhkan.

Besar modal tersebut sudah mencakup seluruh kebutuhan awal yang digunakan untuk membangun usaha. Karena itulah ini menjadi kemudahan tersendiri bagi kamu yang masih pemula dalam menjalankan bisnis

Untuk masalah modal, kamu bisa menyelesaikannya dengan kondisi finansial saat ini. Ada banyak pilihan franchise yang bisa dikerjakan sesuai modal yang kamu miliki.

5. Pilih Lokasi Strategis

Ini menjadi tips penting lainnya ketika berencana membuka usaha franchise yang sukses. Meskipun merk yang kamu bawa sudha terkenal di masyarakat, namun jika ditempatkan di lokasi yang tidak sesuai maka sama saja.

Ini akan menghambat pendapatan yang masuk bahkan bukan tidak mungkin jika bisa tak bisa berkembang. Karena itu untuk mendapatkan hasil optimal, pilih lokasi yang strategis, misalnya berada di tengah-tengah keramaian

Ini adalah cara yang cukup efektif untuk menjaring konsumen lebih banyak dan memperluas cakupan bisnis franchise yang kamu kerjakan

6. Buat Strategi Pemasaran Yang Tepat Sasaran

Franchise adalah bisnis yang sangat membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Karena itulah kamu mungkin bis amelakukan uji coba pada beberapa sistem pemasaran. Bisa dari menggunakan brosur atau digital marketing.

Pos Terkait:  Cara Jualan dan Promosi di Instagram, Pemula Wajib Coba!

Lakukan uji coba pada strategi pemasaran yang dipilih sebelum benar-benar menjalankan bisnis tersebut sehingga kamu tidak mengalami kerugian di masa yang akan datang. Memilih sistem pemasaran juga harus disesuaikan skill dan kemauan franchise tersebut

Meskipun terkadang kan ada pelatihan sebelum memulai bisnis, namun tak ada salahnya untuk belajar lebih banyak lagi sebagai modal dalam memulai franchise

7. Selalu Tingkatkan Layanan Konsumen

Bagaimanapun, konsumen adalah raja. Jadi, apapun bisnis yang kamu miliki juga harus berdasarkan pada konsumen. Bukan hanya dari sisi produknya saja, namun layanan apapun yang kamu berikan juga harus difokuskan kepada konsumen

Tak harus dengan selalu menawarkan promos, diskon, maupun voucher besar-besaran. Kamu juga harus memberikan pelayanan dan sambutan yang terbaik saat konsumen berkunjung ataupun sedang memilih produk-produk yang kami miliki.

Dengan begitu konsumen pun akan senang dan juga akan setia dengan produk atau layanan yang kamu berikan.

Lihat juga : 23 Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Modal Kecil


Jenis Usaha Franchise Paling Laris

Saat ini ada banyak pilihan usaha franchise yang cukup dikenal oleh masyarakat, baik dengan modal kecil atau besar. Bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial dan minat yang kamu miliki.

1. JNE – Jasa Pengiriman Barang

Usaha pengiriman barang yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Bisa dilihat jika saat ini sudah ada ratusan agen resmi JNE yang tersebar di berbagai kota-kota di Indonesia.

Meskipun begitu peluang menjadi mitra atau agen resmi masih terbuka lebar dan tetap menjanjikan. Kuncinya adalah memilih lokasi yang strategis. Untuk modal awal yang perlu disediakan sebesar 5.5 juta rupiah yang digunakan mengurus perjanjian serta dana promosi.

Kemudian kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar 10 juta rupiah sebagai jaminan. Namun dana ini nantinya akan dikembalikan saat masa kontrak yang disepakati telah selesai

2. Indomaret

Siapa yang tidak mengenal bisnis waralaba yang satu ini? Usaha franchise ini masih sangat yang menguntungkan untuk dikerjakan. Bahkan kehadiran toko waralaba ini sangat sering kamu jumpai mulai dari kota besar hingga pelosok kota kecil sekalipun.

Banyak orang yang memilih bisnis waralaba ini karena Indomaret menyediakan berbagai kebutuhan sehari hari dengan lengkap. Sehingga pasti tidak akan pernah kehabisan konsumen.

Bagi kamu yang ingin mencoba franchise indomaret ini, kamu bisa menyiapkan modal 300-400 juta rupiah. Modal tersebut adalah dana minimal yang harus kamu miliki. Selain itu kamu juga harus bisa memenuhi berbagai persyaratan dan ketentuan dari pihak franchise.

3. Kebab Baba Rafi

Bisnis makanan dan minuman memang tak pernah ada matinya, termasuk dalam bisnis franchise. Salah satu brand ternama yang memiliki gerai di berbagai kota di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi.

Bisnis franchise makanan ini adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Hingga kini Baba Rafi sudah memiliki lebih dari 1300 gerai yang tersebar di 3 negara yaitu Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Sebagai pionir dari bisnis kebab, Baba Rafi menawarkan kerjasama dengan modal awal 75 juta rupiah. Namun dengan keuntungan puluhan juta yang bisa didapatkan setiap bulan. Bisnis ini tampaknya cukup menguntungkan dan menjanjikan

4. Sabana Fried Chicken

Rasanya yang terbilang hampir mirip seperti KFC membuatnya memiliki penggemar tersendiri. Apalagi harga ayam gorengnya yang bisa dikatakan lebih murah, hanya dengan 15 ribu rupiah saja kamu bisa mendapatkan paket ayam dengan nasi

Kegemaran masyarakat Indonesia dengan ayam goreng tidak akan pernah ada habisnya. Jadi bisnis makanan ini akan sangat menguntungkan apalagi jika kamu bisa memilih lokasi yang strategis

Bisnis franchise ini membutuhkan modal sekitar 16.7 juta rupiah dan selama 3 bulan pihak franchise nantinya akan memantau serta membimbing usaha yang kamu kerjakan.

Jika kamu sukses dalam menjalankan bisnis ini, bukan tidak mungkin jika kamu bisa mengantongi hingga 20 juta rupiah sebagai keuntungan setiap bulannya

5. Kkuldak

Bisnis franchise yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya anak muda. Gerai makanan asal Korea ini sudah berdiri sejak 28 tahun silam dan telah memiliki sekitar 200 gerai yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

hadirnya Kkuldak di Indonesia tak terlepas dari masyarakat Indonesia yang banyak menggemari budaya korea termasuk kulinernya. Di Indonesia sendiri, dibutuhkan modal yang besar untuk bisa mendapatkan izin franchise usaha ini.

Sekitar 350 juta rupiah untuk semi counter dan hingga 1 miliar rupiah jika sudah berbentuk restoran. Namun jika kamu berhasil menjual hingga 200 cup setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 7 juta rupiah per harinya

6. KFC

Siapa yang tidak mengenal ayam goreng KFC? salah satu restoran fast food ini menjadi favorit tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Rasa ayam gorengnya yang lezat memang berhasil membuat siapapun menjadi pelanggan setianya

Pos Terkait:  26 Prospek Usaha Yang Menjanjikan di Masa Depan

Jadi jika kamu berniat memiliki franchise KFC, tak perlu takut untuk kehilangan pelanggan. Bisa dilihat sendiri setiap harinya berapa banyak pengunjung yang memenuhi gerai KFC. Hanya saja modal yang dibutuhkan cukup besar.

Selain itu kamu pun harus memenuhi persyaratan yang berlaku berdasarkan jenis lokasi. Selain pemilihan lokasi yang strategis, luas lokasi yang digunakan harus memiliki luas 1.500 – 2500 m2 dan merupakan milik sendiri bukan menyewa.

7. Depo Air Minum Isi Ulang Biru

Air menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang utama, sehingga bisnis yang berkaitan dengan air minum bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan. Air minum isi ulang menjadi pilihan alternatif yang lebih murah dibandingkan membeli air galon kemasan

Jadi, tak heran jika banyak orang yang membeli air minum isi ulang. Dan saat ini bukanlah hal sulit untuk membeli Depo Air Minum Isi ulang, salah satunya yaitu merk Biru yang sudah terkenal akan kualitasnya

kamu bisa memiliki franchise non makanan ini sebagai bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika lokasi yang kamu pilih cukup strategis bisa mendatangkan konsumen lebih banyak lagi.

8. Kedai Kopi KULO

Daftar usaha franchise lainnya yang juga cukup menguntungkan adalah Kedai Kopi KULO. Kopi kekinian ini menjadi salah satu brand kopi yang cukup digemari kalangan anak muda. KULO menjual berbagai produk olahan kopi dan dikreasikan dengan bahan lain.

Jika ingin membuka franchise kedai kopi kekinian ini, kamu membutuhkan modal sekitar 140 juta rupiah. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan outlet maupun booth serta bahan-bahan dasar pembuatannya

Meskipun baru beroperasi di tahun 2017, namun kini KULO telah memiliki lebih dari 300 dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dengan harga kopi 12.000-27.000, bisa dibayangkan sendiri berapa omzet yang akan didapatkan per bulan

9. Khun Thai Tea

Sama seperti kopi kekinian, thai tea juga menjelma sebagai salah satu minuman yang banyak disukai masyarakat Indonesia satu ini. Bahkan sudah banyak brand-brand minuman thai tea di Indonesia termasuk Khun Thai Tea

Berawal dari gerobak kecil di Thailand, kini Khun Thai Tea telah memiliki pertumbuhan bisnis yang pesat di kawasan Asia termasuk Indonesia. Rasanya yang segar dan manis memang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis franchise minuman, peluang ini bisa kamu jadikan bisnis menguntungkan. dengan merogoh kocek minimal 15 juta rupiah. Khuna Thai Tea menawarkan 2 tipe yang franchise standar serta master franchise

10. Apotek K-24

Obat-obatan menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi setiap orang. Namun tak jarang, beberapa masyarakat tidak bisa mendapatkan akses apotek yang cukup baik apalagi yang buka hingga 24 jam.

Inilah yang menjadikan alasan mengapa Apotek K-24 telah berubah menjadi bisnis franchise di tahun 2005. Kini apotek ini telah membuka hingga 370 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Kamu yang tertarik menjalankan bisnis franchise apotek k-24 ini tentunya harus memiliki modal yang cukup besar sekitar 970 juta rupiah serta lokasi strategis yang akan dijadikan gerai nantinya.

Akan tetapi omzet yang bisa kamu dapatkan bisa mencapai hingga puluhan juta per bulannya.

11. Super Wash laundry

Kebutuhan masyarakat perkotaan akan jasa laundry sudah semakin tinggi yang membuat peluang usaha ini cukup menjanjikan dan berkembang pesat. Jika kamu berencana membuka usaha laundry tapi tak mengerti bagaimana memulainya

Maka membeli franchise laundry yang sudah terkenal dan berkualitas bisa menjadi alternatifnya. Ada banyak pilihan franchise laundry yang bisa kamu pilih. Salah satunya Super Wash Laundry yang sudah dibuka sejak tahun 2004.

Brand asal Jogja ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan kini telah tersebar 135 gerai jasa laundry ini di berbagai kota di Indonesia. Kamu hanya perlu memiliki lokasi strategis untuk membuka jasa ini sehingga bisa mendatangkan semakin banyak konsumen.

12. The Clean Bar Laundry Sneakers and Dry Goods

The Clean Bar Laundry Sneakers and Dry Goods adalah jasa laundry yang melayani khusus sepatu dan tas. Usaha ini terbilang sebagai salah satu usaha F&B yang sukses di kalangan masyarakat Indonesia.

mengingat sebagian besar masyarakat terkadang tak memiliki banyak waktu untuk merawat tas dan sepatu kesayangan. Konsumen hanya perlu datang dan menunggu cucian 25-30 menit saja. Setelah itu tas dan sepatu bisa kembali bersih seperti semula

Kamu bisa membuka franchise jasa cuci sepatu dan tas ini di kawasan tempat tinggalmu. Apalagi jika lokasi yang kamu miliki cukup strategis, usaha franchise modal kecil ini bisa berkembang sukses nantinya

13. Ayam Geprek Bensu

Salah satu kedai milik Artis Indonesia ini juga menjadi contoh bisnis franchise terlaris 2017 di Indonesia. Usaha yang berdiri sejak April 2017 silam ini, kini sudah memiliki 135 gerai yang tersebar di kota-kota di Indonesia.

Makanan ayam geprek kini juga menjadi salah satu makanan yang banyak dicari masyarakat Indonesia. Sehingga peluang franchise makanan ini juga cukup menjanjikan dikerjakan saat ini.

Pos Terkait:  Strategi : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis

kelebihan menjalankan bisnis ini adalah kamu tak perlu repot untuk mempromosikannya. Karena merek dagang Ayam Geprek Bensu ini sudah dikenal khalayak luas. Kamu yang ingin membeli franchise Ayam Geprek Bensu ini harus menyediakan modal sekitar 50 juta rupiah.

14. Aice Ice Cream

Aice adalah salah satu produk ice cream yang cukup populer dengan harga ice cream yang terjangkau. Aice berhasil menembus pasar kelas menengah sehingga bisa dinikmati siapa saja

Kamu bisa mendaftar sebagai mitra Aice dan menjadikannya sebagai usaha franchise modal kecil yang menguntungkan. untuk jumlah investasi terbilang sangat terjangkau dibandingkan franchise lainnya yaitu minimal 500 ribu rupiah.

Dengan biaya tersebut, kamu sudah mendapatkan pinjaman freezer dan juga beberapa produk Aice dengan berbagai varian rasa. Kamu juga bisa menentukan sendiri bagaimana strategi pemasaran untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi setiap bulannya

keuntungan lainnya yang membuat Aice cukup diminati oleh para pemula bisnis adalah kamu tak perlu lagi membayar biaya apapun selain dari biaya investasi awal. cukup menguntungkan bukan?

15. Raja Cendol

Raja Cendol (Randol) menawarkan menu minuman cendol tempo dulu yang kemudian dimodifikasi dengan berbagai rasa dan topping. Berdiri sejak tahun 2014, Randol kini telah membuka hingga lebih dari 800 gerai yang tersebar di Jabodetabek hingga Palangkaraya.

Jika kamu mencari usaha franchise dengan harga yang murah namun tetap menguntungkan, maka ini bisa jadi pilihan terbaik. Meskipun memiliki nama besar, paket kemitraan yang ditawarkan mulai dari 8 juta-20 juta rupiah tergantung paket yang dipilih

Untuk omset yang didapatkan, para mitra bisa meraih hingga 15-20 juta rupiah dalam sebulan. Cukup menguntungkan bukan?

16. Es Teler 77

Di tengah persaingan usaha franchise minuman yang cukup ketat saat ini karena banyak nama-nama brand baru yang bermunculan. Namun Es Teler 77 tetap menjadi bisnis yang berkembang pesat karena cita rasa minuman nusantara yang ditawarkannya.

Sudah berdiri sejak tahun 1987, brand Es Teler 77 sudah memiliki 200 cabang yang menyebar di kota-kota besar Indonesia hingga luar negeri.

Jika kamu berminat bekerja sama membeli franchise es teler 77 ini, maka setidaknya dana yang harus dipersiapkan adalah 85 juta rupiah dengan jangka waktu kontrak 5 tahun. Meskipun begitu, omset yang didapatkan cukup menguntungkan per bulannya.

17. Churros Delicio

jika sedang mencari bisnis franchise kuliner yang unik dan menarik banyak minat di pasaran, mungkin churros delicio ini bisa menjadi salah satu pilihan. Jajanan khas Spanyol ini hadir dengan berbagai varian rasa yang menarik perhatian konsumen

Brand Churros ini berdiri di Magelang, Jawa Tengah sejak tahun 2015 dan kini gerainya sudah ada di beberapa kota di Indonesia. Harga Churros yang dijual pun terjangkau, mulai dari 8.000-15.000 rupiah sehingga bisa menjangkau setiap kalangan

Mereka menawarkan 2 tipe paket franchise, dengan modal mulai dari 35 juta hingga 50 juta rupiah. Dengan dana tersebut, nantinya kamu sudah mendapatkan bahan baku, alat usaha, kursus bagi karyawan, hingga peralatan promosi

18. Chatime

Franchise minuman Chatime bukanlah hal yang baru, namun brand ini menjadi salah satu pemain lama yang cukup laris manis di pasaran. Di Indonesia sendiri, Chatime dikelola Grup Kawan Lama dan telah berdiri sejak tahun 2018

Hingga kini, terdapat sekitar 230 outlet chatime yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tentunya angka ini akan semakin meningkat melihat nilai waralaba chatime yang diprediksi menguntungkan.

Apalagi jika pemilihan lokasi tepat, bukan tidak mungkin jika mendorong kesuksesan dalam menyaring banyak konsumen

19. Kopi Janji Jiwa

Sama halnya seperti Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa juga menjadi salah satu brand kopi kekinian yang sudah berdiri sejak tahun 2018. Hingga kini Kopi Janji Jiwa sudah memiliki lebih dari 500 outlet yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Dan diprediksi, Kopi Janji Jiwa tetap akan bertahan di tahun 2020 mengingat tingginya tingkat pemesanan yang membuatnya tetap semakin populer. Jadi, bukankah sangat menguntungkan jika kamu memiliki franchise minuman kekinian yang satu ini?

Usaha franchise memang bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan mudah dikerjakan meskipun bagi pemula sekalipun. Hanya saja kamu perlu menyesuaikannya dengan minat dan budget yang dimiliki.

Sehingga usaha franchise yang kamu kerjakan bisa memberikan hasil optimal kedepannya. intinya, kamu harus pintar-pintar dalam memilih usaha franchise mana yang akan kamu beli.