close

Ketahui Cara Kerja IoT (Internet of Things) dan Unsur-unsurnya

Bagaimanakah cara kerja Internet of Things? Internet of Things atau sering disebut sebagai IoT yang saat ini sedang banyak diperbincangkan di beberapa kalangan. Serta kegunaannya dalam dunia yang sangat berpengaruh dalam berbagai bidang.

Internet of Things adalah teknologi yang bisa memungkinkan suatu objek untuk dapat mengirim data lewat koneksi tanpa bantuan dari komputer dan manusia. IoT sendiri sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang yang membuat beberapa bisnis sukses.

Cara Kerja IoT

Cara kerja Internet of Things mampu membuat teknologi canggih, dengan adanya 3 hal, yakni perangkat, konektivitas internet, dan cloud data center.

IoT sendiri bekerja dengan menghasilkan suatu interaksi antara mesin tanpa campur tangan manusia. Berikut cara kerjanya:

  • Dimulai dengan sensor yang ada pada perangkat IoT yang mengumpulkan data.
  • Dilanjutkan dengan bereaksi pada data yang sudah terkumpul.
  • Kemudian, sensor IoT akan mengenali beberapa perubahan, seperti temperatur, suara hingga sentuhan dan lain sebagainya.
  • Setelah itu, data yang sudah terkumpul akan dikirimkan menggunakan internet ke Cloud Data Center.
  • Kemudian akan terjadi pemrosesan data pada software IoT.
  • Selanjutnya dalam prosesnya, software Internet of Things atau IoT akan memproses data-data yang masuk.
  • Software IoT akan menentukan reaksi dari perangkat yang digunakan oleh pengguna.
  • Terakhir dilakukan eksekusi atau melakukan aksi sesuai dengan keputusan yang diambil oleh software, contohnya tampilan di smartphone yang menyajikan data suhu AC di kantor maupun di rumah.
Pos Terkait:  Sistem Informasi : Pengertian Fungsi dan Tujuan

Cara kerja IoT lebih tepatnya dengan memanfaatkan algoritma pemrograman yang diatur, sehingga menghubungkan mesin dengan mesin lainnya terhubung secara otomatis. Sedangkan manusia, hanya memantau dan mengawasi cara kerja IoT secara berkala.

Unsur-Unsur yang Ada dalam Internet Of Things

Internet of Things sama seperti perangkat lainnya, yang secara teknis memiliki komponen teknologi pendukung yang memungkinkan untuk bekerja secara maksimal. Lalu apa saja komponen pendukung yang membantu memaksimalkan cara kerja dari Internet of Things ini?

Pos Terkait:  Cara Membersihkan Memori Internal HP

Itulah unsur-unsur yang terdapat pada IoT, sehingga IoT dapat bekerja secara maksimal. Unsur-unsur di atas sangat berpengaruh terhadap pembuatan IoT, sehingga menciptakan teknologi canggih dan inovatif seperti salah satu contohnya yaitu sensor keamanan.

Jika dilihat dari cara kerja Internet of Things yang sederhana dan memiliki banyak manfaat yang membuat dunia teknologi canggih seperti sekarang. IoT membuktikan adanya kemajuan teknologi dari zaman ke zaman.