close

Penyebab Kenapa Sinyal Wifi Lemah Padahal Dekat

Pernahkah mengalami sinyal WiFi lemah padahal dekat? Perlu diketahui bahwa bisa saja hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, namun banyak yang tidak menyadarinya. Salah satu faktor pemicunya adalah pengguna yang terlalu banyak.

Di zaman yang serba canggih ini, koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan terpenting. Dengan adanya koneksi internet yang baik, maka komunikasi dengan pengguna lainnya terjalin dengan baik pula.  Begitu juga sebaliknya.

Artikel kali ini akan mengulas tentang penyebab mengapa sinyal WiFi menjadi lemah padahal ada di dekat pengguna. Tidak hanya itu, berikut juga akan memberikan cara-cara mengatasinya, diantaranya:

Baca juga: Ketahui Cara Kerja IoT (Internet of Things) dan Unsur-unsurnya

Kenapa Sinyal Wifi Lemah Padahal Dekat?

Dari banyaknya faktor yang menjadi pemicu sinyal WiFi lemah padahal dekat dengan pengguna, salah satunya adalah karena pengguna itu sendiri. Pengguna yang terlalu banyak ternyata menyebabkan sinyal melemah.

Lantas apa saja faktor penyebab lainnya? Berikut beberapa penyebab sinyal wifi yang lemah padahal dekat:

  • Router terlalu jauh. Router merupakan sebuah alat yang memiliki peran penting dalam menghadirkan koneksi internet dalam suatu ruangan. Apabila router yang ada jaraknya terlalu jauh, maka dapat menghambat kelancaran sinyal internet pada WiFi.
  • Posisi router terlalu rendah. Posisi terbaik saat meletakkan router adalah dengan tidak meletakkannya terlalu rendah. Apabila router terlalu rendah, nantinya menyebabkan sinyal WiFi menjadi lemah meskipun dekat dengan pemiliknya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, letakkanlah pada posisi yang stabil.
  • Router di ruangan tertutup. Ketika posisi router berada pada ruangan yang tertutup, nantinya akan mempengaruhi kelancaran sinyal WiFi.  Hal ini dikarenakan sinyal tersebut terhalang oleh tembok-tembok dalam bangunan. Dengan ini, sinyal WiFi akan terganggu.
  • Adanya interferensi jaringan. Interferensi jaringan menjadi salah satu penyebab sinyal WiFi lemah padahal dekat dalam kelancaran koneksi. Ketika terdapat perangkat lain yang menggunakan jaringan dengan frekuensi yang sama, maka nantinya akan mengalami kemacetan.
  • Ukuran unduhan terlalu besar. Faktor unduhan yang terlalu besar juga mempengaruhi konektivitas sinyal WiFi. Semakin besar file yang diunduh, maka akan semakin lemot jaringannya. Kebanyakan, pengguna yang mengunduh file berukuran besar tidak merasakan bahwa sinyal melemah.
  • Terputusnya kabel LAN. Terputusnya kabel LAN biasanya disebabkan oleh kabel yang sudah tua, kualitas memburuk, bahkan bisa saja digigit oleh hewan seperti tikus. Apabila kabel LAN mengalami berbagai permasalahan di atas, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal WiFi.
  • Adanya koneksi internet yang bermasalah. Penyebab lain sinyal WiFi lemah padahal dekat adalah berasal dari internet itu sendiri. Permasalahan ini, bisa saja disebabkan oleh kabel jaringan yang terkena petir sehingga memutus sinyal elektriknya.
Pos Terkait:  Cara Membajak WA dengan Chrome di Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Sinyal Wifi yang Lemah Padahal Dekat dengan Pengguna

Apabila terdapat suatu permasalahan, pastinya ada juga cara mengatasi atau solusinya. Disini, akan diulas beberapa cara mengatasi permasalahan di atas. Apa saja caranya? Berikut uraiannya:

Baca juga: Kenapa Jaringan Indosat Lemot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

  • Menggunakan router versi terbaru. Biasanya, router yang ketinggalan zaman akan membuat sinyal WiFi menjadi lemah. Untuk mengatasi hal tersebut, perlulah mengganti router yang lama ke yang terbaru. Router dengan tipe N merupakan versi terbaru sekaligus tercepat.
  • Memindahkan posisi router. Untuk mengatasi sinyal yang lemah, router dapat dipindahkan pada posisi yang benar. Posisi yang benar bisa diletakkan pada ruang tamu atau ruangan yang minim penghalang. Dengan ini, nantinya sinyal pada WiFi akan lancar.
  • Menjauhkan router dari perangkat elektronik. Perangkat elektronik seperti TV, Microwave, speaker, Radio, dan lainnya ternyata menjadi salah satu pemicu melemahnya sinyal pada WiFi. Untuk itu, demi menghindari melemahnya sinyal WiFi, perlulah menjauhkan router dari segala macam jenis alat elektronik.
  • Melakukan kontrol bandwidth. Terdapat beberapa penyedia layanan internet yang memberikan batas wajar dalam pemakaiannya. Jika sudah mencapai batas wajar, nantinya sinyal akan melemah. Oleh karena itu, perlu melakukan pengontrolan. Dengan mengontrol bandwidth tersebut, maka koneksi akan stabil kembali.
  • Mengganti password WiFi. Semakin banyak pengguna dalam satu router, biasanya akan membuat sinyal WiFi lemah padahal dekat dengan pengguna itu sendiri. Ketika banyak pengguna yang menggunakan satu router yang sama, membuat router bekerja lebih keras.
  • Menggunakan aplikasi penguat sinyal. Cara terakhir untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah padahal dekat adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Cara kerja aplikasinya adalah dengan melakukan speed test kecepatan WiFi yang digunakan.
Pos Terkait:  2 Cara Aktivasi Microsoft Office 2019 Mudah dan Praktis

Itulah beberapa penyebab dari sinyal WiFi lemah padahal dekat dan juga cara mengatasinya. Oleh karenanya, dapat membantu permasalahan pembaca terkait melemahnya sinyal WiFi.