close

Pengertian Teknologi, Jenis-jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Teknologi Adalah – Kehadiran teknologi di era modern ini tentu saja membuat kegiatan apapun semakin mudah dijalankan. Namun tak banyak yang tahu tentang pengertian teknologi beserta esensi di dalamnya.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui hal tersebut agar tidak sekedar memahami dari permukaannya saja. Istilah teknologi tentu saja berkaitan erat dengan perkembangan zaman yang terjadi selama ini. Sehingga, teknologi mampu merambah ke berbagai bidang kehidupan.

Sejumlah bidang yang terjamah teknologi antara lain transportasi, pendidikan, produksi, informasi, medis, konstruksi, pertanian, komunikasi, pangan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tentang definisinya, kamu bisa membaca buku tentang teknologi.

Namun jika tak mau repot, kamu perlu menyimak penjabaran lengkapnya pada artikel di bawah ini. Artikel berikut ini akan memberi informasi mengenai definisi teknologi, beserta faktor-faktor pendukung di dalamnya.

Pengertian Teknologi

Pengertian teknologi secara harfiah adalah ilmu pengetahuan yang mengandung pembelajaran tentang keterampilan menciptakan alat, metode produksi, hingga ekstraksi material.

Tindakan ini dilakukan untuk memudahkan penyelesaian berbagai masalah dan pekerjaan manusia. Secara sederhana, definisi teknologi adalah segala jenis sarana dan prasarana yang dibuat oleh manusia untuk memproduksi benda-benda fungsional.

Sehingga, keberlangsungan hidup dan kenyamanan manusia tersebut terasa bisa lebih baik dari yang sebelumnya.

Istilah teknologi menurut asal kata, berasal dari bahasa Yunani yakni techno dan logia. Techno memiliki arti keahlian, sedangkan logia berarti pengetahuan. Sehingga, secara umum bisa diartikan sebagai sebuah keahlian atau pengetahuan untuk menciptakan benda-benda.

Pada mulanya, makna teknologi hanya diperuntukan untuk benda-benda yang ada wujudnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, makna tersebut meluas hingga ke benda-benda tak berwujud.

Lihat juga : Toleransi Adalah – Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Definisi teknologi juga memiliki versi lain menurut para ahli. Sejumlah ahli menjelaskan pendapatnya mengenai berbagai macam pengertian teknologi. Berikut ini makna teknologi menurut ahli yang perlu kamu ketahui.

Poerbahawadja Harahap

Menurut Poerbahawadja, pengertian teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang berfokus pada pengidentifikasian cara kerja di sektor teknik. Sehingga, makna ini sering dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang diterapkan pada pabrik maupun industri.

Naisbitt

Pengertian teknologi selanjutnya disampaikan oleh seorang pakar bernama Naisbitt. Menurutnya, teknologi memiliki arti yakni sebuah benda sekaligus objek berupa bahan dan wujud berbeda dengan manusia biasa.

Miarso

Definisi teknologi menurut Miarso adalah sebuah proses untuk meningkatkan nilai tambah suatu benda. Sehingga benda memiliki sisi menarik lainnya dengan penambahan inovasi dari berbagai pemikiran dan ide-ide.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian teknologi menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki dua arti. Definisi yang pertama yaitu suatu metode ilmiah untuk menggapai tujuan praktis atau bisa disebut dengan ilmu terapan.

Sedangkan pengertian selanjutnya yakni keseluruhan fasilitas yang digunakan untuk menyiapkan alat bagi manusia. Alat-alat tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan keberlangsungan dan kenyaman hidup manusia di dunia ini.

Read Bain

Pengertian teknologi menurut Read Bain, pada umumnya meliputi alat, mesin, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi, hingga komunikasi. Keseluruhan sarana tersebut memungkinkan manusia untuk memproduksinya.

Toynbee

Pakar berikutnya yang tak mau ketinggalan dalam menyampaikan gagasan tentang makna teknologi adalah Toynbee. Pria dengan nama panjang Arnold J Toynbee merupakan ahli sejarah dan ekonomi asal Britania Raya.

Definisi teknologi menurut ahli sejarah yang satu ini adalah sebuah karakteristik atau sifat dari kehadiran kemuliaan manusia. Sehingga hal tersebut dapat memberi makna bahwa manusia tidak bisa hidup untuk sekedar makan.

Pos Terkait:  Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Manusia hidup di dunia ini memerlukan segala hal dan kebutuhan lain, yang melebihi aktivitas makan minum. Toynbee juga mengungkapkan tentang pengertian teknologi, bahwa hal tersebut mampu menghidupkan konstituen non materi dari kehidupan manusia.

Tak hanya itu, menurut Toynbee juga menyatakan bahwa teknologi juga sanggup mengaktifkan perasaan dan pikiran manusia. Sehingga ide-ide, intuisi, hingga idealisme manusia tertuang dalam sebuah produk teknologi.

Fungsi Teknologi Secara Umum

Teknologi adalah

Teknologi terlahir ke dunia ini tentu saja untuk membantu kehidupan manusia. Sehingga, teknologi hadir dengan segenap kegunaan yang terdapat di dalamnya.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak sejumlah fungsi teknologi pada uraian di bawah ini.

Komunikasi Lebih Murah

Bidang komunikasi kini juga semakin mudah dengan penggunaan aplikasi berbasis online seperti Whatsapp, Line, BBM, dan masih banyak lagi. Hampir semua media komunikasi saat ini didukung oleh internet yang tentu saja biayanya lebih murah dibandingkan pulsa SMS.

Akses Informasi Lebih Cepat

Perkembangan internet yang gila-gilaan memunculkan banyak situs. Sehingga kamu bisa mudah menemukan informasi apapun yang kamu ingin ketahui. Informasi di dunia maya kini sangat tak terbatas jumlahnya, dan kamu berkesempatan untuk mengaksesnya dengan mudah.

Mudah Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Di bidang pendidikan pun teknologi memberikan sumbangsih yang besar. Karena untuk mendapatkan jurnal dari kampus luar negeri dalam rangka memenuhi referensi skripsi pun hanya perlu melakukan searching di dunia maya, atau mengontak perpustakaan setempat.

Perkembangan Pesat Industri Kreatif

Industri kreatif juga memiliki peluang untuk melebarkan sayapnya dengan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan munculnya bakat-bakat terpendam melalui situs Youtube. Seperti kita tahu, banyak selebriti berbakat yang ditemukan dari situs tersebut.

Maraknya Toko Online

Tak dapat dipungkiri bahwa belakangan ini online shop, e-commerce, hingga transportasi berbasis online semakin pesat perkembangannya. Adanya toko yang menjual barang dan jasa berbasis online tersebut, membuat ekonomi masyarakat membaik.

Manfaat Teknologi

Teknologi tak lepas dari segudang manfaat yang terkandung di dalamnya. Apakah kamu penasaran manfaat apa saja yang dapat kamu rasakan dengan kehadiran teknologi? Jika iya, kamu bisa melihat sejumlah manfaat teknologi yang dijabarkan pada poin-poin di bawah ini.

Memudahkan Manusia

Manfaat utama adanya teknologi tentu saja untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Sehingga, aktivitas manusia bisa diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini juga bermanfaat untuk menghemat waktu, biaya, serta tenaga.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Dengan adanya teknologi, kualitas pendidikan juga lebih baik dari yang sebelumnya. Teknologi yang dimasukan dalam pembelajaran di kelas, akan mencegah siswa tidak gaptek. Sehingga, siswa mampu melakukan keberlangsungan hidup sesuai perkembangan zaman dan teknologi.

Membantu Komunikasi

Komunikasi juga mendapatkan manfaat besar dengan kehadiran teknologi di tengah-tengah manusia. Jika kamu sedang berada di tempat yang jauh dari keluarga, kini tak lagi menjadi masalah.

Kamu tetap bisa berhubungan dengan keluarga yang jauh darimu dengan menggunakan teknologi video call. Meski saling berjauhan, teknologi komunikasi yang satu ini bisa membuatmu seolah-olah dengan keluarga.

Mempermudah Sistem Keuangan

Di bidang keuangan, muncul teknologi bernama ATM yang bisa digunakan untuk menarik uang tunai tanpa harus mengantre di bank. Selain itu, di era digital ini muncul teknologi mobile banking dan internet banking.

Kedua teknologi berbasis digital tersebut sangat berguna untuk berbagai macam transaksi keuangan, hanya dengan menggunakan smartphone. Sehingga kamu tak perlu jauh-jauh ke mesin ATM atau bank, untuk transfer sejumlah uang ketika berbelanja online.

Pos Terkait:  5 Cara Menambah Memori HP Agar Kinerja HP Tidak Terganggu

Menciptakan Alat Bantu

Bidang kesehatan juga tak mau ketinggalan dalam memanfaatkan kehadiran teknologi. Ada berbagai macam alat bantu yang diciptakan untuk memudahkan orang berkebutuhan khusus atau penderita masalah kesehatan.

Salah satunya yakni kursi roda yang bisa digunakan untuk memudahkan orang berkebutuhan khusus melakukan aktivitasnya. Selain itu, terdapat mesin penyinaran yang berperan penting dalam membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh penderita.

Munculnya wabah atau pandemi juga menjadi kesempatan robot perawat menunjukan keahliannya. Robot tersebut mampu menggantikan petugas medis dalam melakukan perawatan terhadap pasien.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah kematian petugas medis yang tertular virus dari si pasien. Selain itu, penggunaan robot perawat juga dinilai lebih efektif dan efisien dalam hal tenaga serta waktu.

Jenis-Jenis Teknologi

Tak berbeda jauh dengan ilmu pengetahuan yang lain, teknologi juga terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut ini jenis-jenis teknologi beserta penjelasannya, yang terdapat di dunia ini untuk kamu pahami

Teknologi Komunikasi

Jenis teknologi yang satu ini biasanya berupa sistem yang memanfaatkan sarana penunjang teknis untuk mentransfer informasi dari satu lokasi ke lainnya. Hal ini juga berlaku jika data yang dikirim berasal dari satu orang ke orang yang lainnya.

Komunikasi dihadirkan dengan berbagai macam tujuan, misalnya untuk menyampaikan pendapat. Selain itu, komunikasi juga memudahkan proses pertukaran informasi. Hal ini juga bisa memudahkan pengungkapan ekspresi emosi serta perasaan.

Contoh produk dari teknologi komunikasi antara lain telepon, komputer, email, faximile, dan alat komunikasi lainnya. Kamu bisa mudah menghubungi dengan teman atau keluarga yang jaraknya jauh.

Tak hanya itu, alat komunikasi juga memiliki peran penting di dalam sebuah perusahaan. Bagi perusahaan, alat komunikasi mampu menjadi jembatan yang tepat untuk mengalirkan informasi antar pihak yang terlibat.

Teknologi Informasi

Teknologi informasi berkaitan dengan sejumlah alat perangkat keras dan lunak yang berperan penting dalam proses penyimpanan informasi. Sehingga alat teknologi informasi digunakan untuk memudahkan penyampaian informasi.

Teknologi yang satu ini sangat dibutuhkan di dunia kerja untuk membantu penyelesaian berbagai macam tugas. Hal ini dikarenakan teknologi informasi mampu membantu proses transfer data dari dan ke berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Sejumlah pihak yang memiliki peran penting biasanya tim manajemen dan pengolah informasi. Karena proses transfer informasi diharapkan selesai dengan efektif dan efisien. Penerima informasi pun bisa dengan cepat dan tepat dapat menerima data sesuai yang diinginkan.

Sehingga informasi yang dikirim memiliki tingkat akurasi tinggi dan tidak membutuhkan waktu lama. Kegiatan ini pun bisa mempengaruhi pengambilan keputusan penting demi kemajuan perusahaan.

Teknologi Transportasi

Jenis teknologi ini memiliki hubungan erat dalam hal menunjang kegiatan pemindahan manusia atau benda dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Proses pemindahan ini biasanya menggunakan alat yang dinamakan kendaraan.

Kendaraan untuk mengangkut tersebut tentu saja perlu digerakkan oleh tenaga, bisa manusia ataupun mesin. Sehingga adanya transportasi memiliki nilai guna untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan aktivitasnya.

Dalam dunia bisnis, transportasi juga memiliki peran penting dalam menghubungkan berbagai lokasi penunjang produksi. Lokasi yang dimaksud antara lain sumber bahan baku, tempat produksi, pemasaran, hingga pemukiman.

Sehingga teknologi transportasi sangat dibutuhkan untuk pengolahan dan pengiriman barang serta jasa. Tanpa adanya transportasi, proses produksi akan mengalami hambatan.

Pos Terkait:  Begini Cara Chat WA Tanpa Save Nomor Terlebih Dahulu

Hal ini pun juga bisa berpengaruh pada pendapatan perusahaan. Tak heran jika, transportasi juga diberikan anggaran biaya tersendiri.

Teknologi Konstruksi

Dalam proses pembangunan struktur sebuah benda sangat diperlukan adanya teknologi konstruksi. Jenis teknologi yang satu ini mencakup segala prosedur dan peralatan canggih untuk membangun struktur.

Struktur yang dimaksud pada penjelasan di atas memiliki 2 jenis, yakni bangunan dan teknik berat. Konstruksi bangunan dibuat dengan menggunakan berbagai macam tindakan teknologi. Hal ini bertujuan agar bangunan dapat berdiri tegak sesuai standar keamanan.

Contoh teknologi konstruksi yakni traktor berat untuk meratakan tanah. Selain alat berat tersebut, ada juga software desain pada komputer untuk merancang struktur bangunan. Dengan adanya teknologi struktur, bangunan yang didirikan menjadi terlihat lebih keren.

Selain itu, teknologi struktur juga mampu mempercepat proses pembangunan. Ketepatan struktur bangunan juga bisa dicapai dengan bantuan teknologi. Sehingga, bangunan yang didirikan tidak diragukan lagi kekokohannya.

Teknologi Medis

Teknologi yang satu ini sangat diperlukan di dunia medis dan kesehatan. Kehadiran teknologi medis memiliki peranan penting dalam mempercepat kesembuhan pasien. Selain itu, penggunaan teknologi jenis ini juga berguna untuk mengurangi rasa sakit yang diderita pasien.

Untuk para pasien yang mengalami cedera atau kecelakaan, juga bisa cepat disembuhkan dengan teknologi medis. Jenis teknologi yang satu ini juga membantu perawatan pasien untuk mempercepat kesembuhannya.

Negara-negara maju sudah menerapkan teknologi medis untuk menangani berbagai masalah kesehatan pasien. Tak heran jika tingkat kesehatan orang-orang yang tinggal di negara maju termasuk tinggi.

Teknologi medis mampu melakukan diagnosa infeksi hingga meredakan penyakit ganas. Tak hanya itu, teknologi medis juga dimanfaatkan untuk menunjang penelitian. Seperti kita tahu bahwa penelitian tentang kesehatan manusia belakangan ini semakin digencarkan.

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Di Indonesia, teknologi mengalami perkembangan yang super pesat sejak masuknya internet. Teknologi yang satu ini mampu melebarkan sayapnya ke berbagai sektor. Hampir semua bidang kehidupan masyarakat Indonesia tak lepas dari internet.

Salah satu manfaat internet paling besar yakni pada bidang bisnis. Teknologi di dalam perusahaan berguna untuk berhubungan dengan pihak luar. Sehingga proses produksi, distribusi, dan lain sebagainya bisa berjalan jauh lebih mudah dan lancar.

Tak hanya itu, pemasaran digital oleh berbagai perusahaan juga sudah menjadi hal biasa. Pemasaran online dinilai mampu menjangkau konsumen lebih banyak, tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga dan waktu.

Di bidang transportasi juga semakin memudahkan masyarakat dengan kehadiran ojek online. Masyarakat tak perlu repot mencari transportasi jika ingin bepergian.

Semua alat transportasi untuk bepergian jauh misalnya kereta api dan pesawat terbang, juga bisa dipesan melalui online.

Pengertian teknologi tentu saja tak lepas dari era digital seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi begitu pesat sejak hadirnya internet, yang mampu memudahkan aliran komunikasi dan informasi.

Manusia pun semakin mudah menjalankan aktivitas di berbagai bidang. Teknologi mampu membuat segalanya semakin cepat dijalankan, misalnya transportasi dan alat digital lainnya. Informasi di atas perlu kamu simak agar lebih paham seputar makna teknologi.