close

Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan USB/Kabel Data Biasa

Bagaimana cara menghubungkan HP ke TV dengan USB/kabel data biasa yang digunakan? Hal ini, seringkali dibutuhkan oleh berbagai kalangan karena menonton suatu hal akan lebih seru pada layar lebar contohnya TV.

Tidak hanya kegiatan menonton saja yang menarik apabila ditonton pada layar lebar, melainkan kegiatan belajar juga. Artikel ini akan membahas macam kabel USB, cara menyambungkannya ke TV, dan juga keuntungan menghubungkannya.

Baca juga: 6 Aplikasi Baterai Tahan 2 Hari di HP Android & iPhone

Macam-macam Kabel USB

Kabel USB adalah jenis label yang familiar digunakan saat ini apalagi zaman yang serba elektronik. Alat yang bisa digunakan pada berbagai perangkat seperti printer, scanner, keyboard, dan lainnya. Lantas apa saja macam-macamnya?

Baca juga: Kenapa VIU Tidak Bisa Dibuka? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Jika didasarkan pada versi abelnya, kabel USb dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Yakni tipe kabel USB 1.1, 2.0, 3.0, dan 3.1. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut:

  • Tipe pertama ini dirilis pada tahun 1988 dengan kecepatan up to 12 Mbps.
  • Tahun 2000 dirilis lah kabel tipe 2.0. Dengan kecepatan up to 480Mbps untuk HiSpeed Mode dan 12 Mbps untuk Full-Speed Mode.
  • Tipe yang ketiga baru dirilis pada 2008. Pada pangkal trisulanya terdapat huruf “SS” sebagai pembeda dari versi sebelumnya.
  • Tipe terakhir yakni 3.1 baru saja rilis tahun 2013. Kabel dengan kecepatan yang lebih tinggi, yakni 10 Gbps. Versi ini standar dengan Thunderbolt milik Apple.
Pos Terkait:  4 Cara Bobol Wifi Indihome Dengan Hp 100% berhasil

Namun jika didasarkan pada jenis kabelnya, kabel USB memiliki beberapa jenis, yakni Type-A, Type-B, dan Type-C. Berikut uraiannya:

  • Kabel tipe pertama berbentuk persegi panjang yang rata. Ukurannya pun ada yang makro maupun mikro.
  • Terdapat 3 ukuran yang dimiliki oleh kabel tipe kedua, Micros, Mini, dan Standar.
  • kabel tipe terakhir ini mampu menghantar tegangan hingga 2 arah.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan Kabel Data

Sebenarnya, terdapat banyak cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data atau USB biasa, namun banyak yang belum memahaminya. Yang perlu diperhatikan cukuplah kecocokan kabel dengan TV. Lantas seperti apa caranya? Berikut rangkumannya:

  • Pertama pengguna harus mengetahui terlebih dahulu apakah TV yang digunakan memiliki port untuk tempat memasukkan USB. Namun yang perlu diketahui adalah TV dan kabel yang digunakan harus cocok.
  • Setelah dipastikan ada dan cocok, masukkanlah kabel USB tersebut pada port TV tadi.
  • Untuk memastikan kabel USB telah terhubung dengan port TV, cobalah mengisi daya menggunakannya. Apabila terisi daya, maka berhasil, jika tidak berarti tidak berhasil.
  • Kemudian silahkan ambil remot TV yang dimiliki.
  • Klik tombol Source pada remot tersebut atau juga bisa mengklik tombol tanda Source langsung yang ada pada TV.
  • Pilihlah tombol “USB”, klik tombol tersebut.
  • Nah barulah setelah ini, HP sudah terhubung dengan TV.
Pos Terkait:  Cara Mengaktifkan USB Debugging Lewat PC dengan Mudah

Keuntungan Menghubungkan HP ke TV

Telah diketahui, bahwa kecanggihan teknologi sudah sangat menarik bagi para pengguna. Terlebih seperti menonton hiburan melalui HP. Namun menonton pun juga lebih seru apabila melalui TV. Lantas apa saja keuntungannya?

1. Layar Menjadi Lebih Lebar

Terlalu lama melihat layar ponsel mampu merusak kondisi mata. Mata menjadi tidak stabil dan berakibat fatal apabila diteruskan seperti itu. Oleh karena itu, ketika tontonan pada HP ditonton melalui TV, akan lebih baik.

2. Memanfaatkan TV yang Menganggur

Seiring bertambahnya zaman, semakin modis pula model-model HP yang ditawarkan sehingga. Hal ini menyebabkan jarang yang menonton suatu hal menggunakan TV. Oleh karena itu, dengan menghubungkannya pada TV akan lebih memuaskan bagi pengguna.

Begitulah penjelasan tentang cara menghubungkan HP ke TV dengan USB biasa dan juga macam-macam USB serta keuntungannya. Keuntungan yang didapatkan saat menghubungan HP ke TV tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, melainkan orang lain juga.