close

5 Cara Menambah Memori HP Agar Kinerja HP Tidak Terganggu

Memori HP yang penuh tentunya membuat kesal, karena jadi salah satu alasan kinerja HP menurun. Pekerjaan yang harusnya bisa cepat selesai menjadi lambat. Maka dari itu, hal ini bisa diatasi dengan cara menambah memori HP.

Cara yang akan diulas berikut ini, tentu saja tidak perlu membeli yang baru, sehingga tidak perlu buang-buang uang dan tabungan pun bisa diamankan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara yang bisa dilakukan:

Baca juga: Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan USB/Kabel Data Biasa

1. Bersihkan Cache

Pertama, pastikan cache bersih. Lakukan pembersihan cache atau history file dengan baik. Jangan biarkan cache menumpuk, agar kinerja handphone tetap optimal.

Selain untuk mengosongkan ruang, hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan data pribadi. Karena setelah cache dibersihkan, maka semua data browser yang dipilih akan terhapus.

2. Gunakan Fitur Adoptable Storage

Fitur Adoptable Storage yang ada pada Android Marshmallow mampu membuat memori eksternal HP menjadi memori internal. Fitur keluaran Google ini, mengantisipasi HP Android One yang biasanya mempunyai memori internal yang kecil.

Menariknya, fitur ini bisa mengubah memori eksternal menjadi internal tanpa harus melakukan rooting. Jadi, bisa menghindari kerugian yang ditimbulkan setelah melakukan root.

Pos Terkait:  Begini Cara Chat WA Tanpa Save Nomor Terlebih Dahulu

3. Manfaatkan Aplikasi Google Photos

Foto kenangan serta selfie pasti bertebaran di dalam HP. Saking banyaknya foto yang disimpan, pasti sering datang pemberitahuan memori internal HP yang penuh saat mengambil foto baru.

Cara ini harus digunakan pecinta foto. Cukup gunakan aplikasi Google Photos. Simpan foto di akun Gmail pengguna. Fotonya bisa dimuat dengan cepat juga ringan kuota data. Memori tambahan dapat, kuota data bebas sekarat.

4. Gunakan Aplikasi Google Drive

Google Drive menyediakan 15 GB ruang penyimpanan yang diberikan secara gratis. Bisa digunakan untuk menyimpan video, foto, sampai berbagai dokumen penting yang perlu disimpan.

Selain itu, file atau dokumen yang disimpan bisa dibagikan oleh pengguna kepada pengguna Gmail lain. Banyak format file yang bisa di simpan di sini dengan ruang penyimpanannya yang besar.

5. Gunakan Aplikasi Cloud Storage Lainnya

Cara menambah memori HP yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi cloud storage lainnya. Memori internal yang dimiliki bisa menjadi lebih luas dengan menyimpan data serta dokumen menggunakan aplikasi cloud storage lain.

Telah terbukti jika memakai aplikasi cloud storage bisa mengurangi beban di HP. Tidak hanya itu, file-file dapat diakses kapan saja, dan bahkan lewat komputer. Pilihlah aplikasi cloud storage yang dibutuhkan pengguna.

Pos Terkait:  Penyebab Kenapa Sinyal Wifi Lemah Padahal Dekat

6. Gunakan Flashdisk atau Harddisk Eksternal

Jika pengguna malas mencadangkan file serta dokumen, pengguna bisa memilih untuk menggunakan flashdisk atau harddisk. Tidak diperlukan aplikasi tambahan, untuk menggunakannya. Hanya saja, diperlukan flashdisk atau harddisk eksternal untuk menambah memori HP.

Perhatikan kualitasnya dulu sebelum pengguna menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal ini agar terhindar dari masalah. Pastikan juga aman dari virus yang membahayakan gadget.

7. Dengarkan Musik Streaming

File musik bisa jadi salah satu sebab memori internal HP jadi penuh. Namun, ada cara lain yang bisa jadi alternatif untuk mendengar musik tanpa menumpuk file unduhan musik, yaitu, dengarkan musik streaming.

Hanya perlu memutar musik melalui aplikasi streaming musik yang tersedia. Tidak perlu mengunduh musik. Yang diperlukan hanya jaringan internet yang bagus. Hal ini, tentu saja meringankan beban HP.

Itulah ulasan cara menambah memori HP yang bisa digunakan agar kinerja HP tidak terganggu. Menyimpan data baru tidak perlu repot-repot menghapus file lama. Cukup gunakan cara praktis, gratis, dan terpercaya di atas.