close

5 Aplikasi Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Kartu memori sering bermasalah saat dimasukkan ke HP seperti rusak atau error. Ini jelas membuat orang kesal dan memutuskan untuk tidak memakai kartu memori.

Kartu memori merupakan benda yang sangat penting, apalagi jika penyimpanan yang disediakan HP tidak terlalu banyak. Kartu memori memiliki banyak fungsi untuk menyimpan file-file penting, foto, maupun aplikasi yang diunduh di HP.

Jika kartu memori rusak, kini tidak perlu bingung karena sudah ada aplikasi memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Aplikasi-aplikasi itu juga menyediakan fitur yang beragam sesuai dengan keperluan, antara lain:

1. SD Card Fix Repair

Aplikasi memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat pertama adalah SD Card Fix Repair buatan MGStudio yang dirilis tahun 2020. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini tidak memakan ruang di HP karena hanya berukuran 4,93 MB.

Aplikasi ini bisa mengatasi dan mengelola data yang rusak di kartu memori HP. Selain itu, ada banyak fitur untuk mengatasi masalah di kartu memori serta dapat mengembalikan file penting yang terhapus.

Baca juga: Cara Melacak HP Hilang Dengan Nomor WA Secara Mudah

2. SD Card Test

SD card test adalah aplikasi memperbaiki kartu memori yang dibuat oleh Zoltan Pallagi. Aplikasi ini mulai dipasarkan tahun 2017 dan cukup banyak diminati, karena sudah diunduh lebih dari 1 juta di Google Play Store.

Pos Terkait:  Sistem Informasi : Pengertian Fungsi dan Tujuan

Selain memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformatnya, aplikasi ini menawarkan banyak fitur lain yang menguntungkan. Contohnya, mengukur speed kartu memori saat menyimpan, serta mengatur speed penyimpanan internal dan pengaturan lain.

3. SD Fix: KitKat Writable MicroSD

Aplikasi ini adalah aplikasi memperbaiki kartu memori buatan NextApp.inc. yang dirilis tahun 2014. SD Fix bisa memperbaiki memori eksternal dan internal di HP. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh Android 4.4.

Selain itu, SD Fix membutuhkan akses root untuk digunakan. Jadi, sebaiknya bagi yang tidak paham cara mengakses root memakai aplikasi lain saja. Hal ini, untuk menghindari kartu memori terformat karena menggunakan SD Fix.

4. MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard, juga bisa menjadi pilihan tepat untuk memperbaiki kartu memori yang rusak. Namun, aplikasi ini baru dapat diakses melalui laptop atau komputer. Jika ingin memakai HP, pengguna bisa menyambungkannya lewat kabel data.

Setelah tersambung, masuk ke aplikasi dan pilih opsi check file system. Kemudian, klik pilihan check error untuk mendeteksi dan mengatasi kartu memori yang error atau rusak. Aplikasi ini bisa diunduh di Microsoft Store.

5. SanDisk Memory Zone

SanDisk Memory Zone adalah aplikasi memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat buatan Western Digital Corporation yang dirilis tahun 2011. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 5 juta pengguna dan terus mengupdate sistemnya.

Pos Terkait:  Syarat dan Cara Memverifikasi WA yang Perlu Kamu Tahu

SanDisk Memory Zone memiliki ukuran aplikasi yang lumayan sebesar 39,85 MB. Namun, aplikasi ini menyediakan banyak fitur di dalamnya seperti fitur untuk mengatur file, mencadangkan file, membersihkan kartu memori, dan lain-lain.

Jika tidak ingin kehilangan file penting, salah satu dari 5 aplikasi memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat di atas bisa diunduh. Setelah itu, kartu memori dengan mudah bisa diperbaiki dan digunakan kembali.

Dengan mengunduh aplikasi di atas, tidak perlu membeli kartu memori baru hanya untuk menyimpan data. Beberapa aplikasi juga sudah mempunyai fitur lain yang sangat membantu untuk kedepannya.