close

5 Cara Menghemat Baterai Iphone Agar Tidak Boros

Cara menghemat baterai Iphone bisa dilakukan dengan mudah, agar ponsel tidak terus menerus kehabisan baterai saat dipakai. Jika dibandingkan dengan Android, Iphone memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil yang menyebabkan baterainya cepat habis.

Masalah baterai Iphone yang cepat habis bisa dipengaruhi oleh beberapa hal dan bisa terjadi pada sistem operasi versi apapun. Meski menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna Iphone, untungnya ada beberapa cara ampuh berikut ini yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Lakukan Update Aplikasi

Apabila Iphone sudah di update ke versi Ios terbaru, maka aplikasi yang ada di dalamnya juga harus di update agar baterai tidak cepat habis. Setiap update yang dilakukan serta perubahan pada sistem operasi secara otomatis, akan membuat banyak perubahan lain.

Oleh karena itu, aplikasi juga harus di update untuk menyesuaikan dengan fitur-fitur terbaru yang ada pada sistem operasi. Dengan aplikasi yang terupdate, maka Iphone tidak akan bekerja terlalu keras dalam menyesuaikan kedua versi yang berbeda.

2. Pakai Charger Original

Kesehatan baterai adalah penyebab utama kondisi baterai yang cepat habis. Semakin sehat baterai, maka akan semakin lama durasi Iphone bertahan hidup. Sebaliknya, jika baterai kurang sehat maka daya bertahannya pun singkat.

Pos Terkait:  Cara Cek Spek Laptop di Windows 7, 8, 9, 10 dan 11 Terbaru

Cara agar baterai iphone awet bisa dilakukan dengan hanya memakai charger original secara konsisten. Pemakaian charger original sangat berpengaruh terhadap kesehatan baterai. Charger dari Iphone sudah dirancang khusus dengan output yang sesuai dengan baterai.

Jika charger diganti, belum tentu output charger tersebut sama dan cocok dengan baterai Iphone. Ketidaksesuaian itulah yang menjadi sebab baterai tidak sehat.

3. Cegah Terjadinya Suhu Ekstrim

Saat Iphone terasa panas dan suhu ponsel sangat tinggi, kemungkinan besar baterai akan cepat habis. Iphone dirancang untuk penggunaan pada suhu berkisar antara 16 hingga 22 derajat celcius.

Baca juga: Cara Membajak WA dengan Chrome di Android Tanpa Aplikasi

Jika suhu ponsel lebih dari itu, kemungkinan akan muncul beberapa masalah salah satunya adalah baterai yang cepat habis. Menghindari terjadinya suku ekstrim bisa dilakukan dengan cara melakukan update sistem operasi secara rutin.

Sistem operasi terbaru memiliki fitur-fitur baru dimana salah satunya dapat membantu menghemat baterai. Selain mengatasi masalah secara internal, Iphone juga harus dihindarkan dari penyebab eksternal seperti meletakkannya di dekat alat elektronik yang cepat panas.

4. Matikan Fitur Penyegaran di Belakang

Sistem Operasi Iphone dirancang untuk mampu memberikan perubahan pada aplikasi di latar belakang. Jadi semua aplikasi di dalam ponsel akan mendapatkan pembaruan secara otomatis meski tidak dibuka.

Pos Terkait:  3 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Sayangnya, ada beberapa aplikasi yang menghabiskan banyak baterai saat diperbarui kontennya. Aplikasi tersebut menjadi salah satu pelaku yang membuat baterai Iphone cepat habis.

Oleh karena itu, aplikasi harus di cek di menu Baterai untuk melihat mana yang terlalu banyak menghabiskan baterai. Matikan fitur “segarkan di latar” untuk aplikasi-aplikasi yang menghabiskan daya baterai.

5. Isi Daya 80% Saat Iphone Digunakan

Pada sistem operasi 13 keatas, Iphone memiliki fitur yang dapat secara otomatis memutus pengisian daya jika sudah mencapai 80 persen. Biasanya fitur ini akan secara otomatis aktif jika Iphone sedang digunakan saat diisi dayanya.

Fungsi dari pemutusan data tersebut adalah mencegah suhu terlalu panas yang dapat membuat baterai cepat habis. Jika Iphone masih menggunakan sistem operasi dibawah 13, maka hal ini bisa dilakukan secara manual.

Cabut pengisian daya saat Iphone sedang digunakan secara intens dapat membantu memelihara kesehatan baterai. Sangat mudah bukan?

Banyak hal yang bisa dilakukan agar baterai Iphone tetap sehat dan awet. Cara hemat baterai Iphone sangat beragam tergantung dari penyebab munculnya permasalahan tersebut. Selalu ada jalan keluar untuk setiap permasalahan baterai yang terjadi.