close

5 Penyebab Sinyal Lemot di Berbagai Provider

Perlu diketahui bahwa sinyal lemot tidak hanya terjadi di daerah pedesaan atau pedalaman yang sulit dijangkau. Hal ini dapat terjadi karena adanya berbagai penyebab sinyal lemot.

Saat ini banyak provider yang menjanjikan sinyal yang kuat dan stabil. Ada beberapa hal penyebab sinyal menjadi lemot, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga: 4 Cara Mengunci Jaringan 4G di Semua Merek

1. Jaringan Provider Tidak Menjangkau Setiap Wilayah

Semua provider akan menjanjikan sinyal internet yang dimiliki kuat dan cepat dengan jaringan 4G. Namun, hal tersebut tidak sesuai dengan fakta.

Oleh karena itu, sebaiknya perlu mengetahui cara untuk bisa mengatasi jaringan 4G yang lemot agar stabil dan kuat kembali. Karena setiap provider memiliki jangkauan yang berbeda-beda pada tiap wilayah.

Apabila wilayah tersebut terlalu jauh menara sinyalnya dapat membuat sinyal menjadi lemot dan tidak stabil ketika digunakan. Pastikan sebelum memakai provider yang akan digunakan harus mengetahui wilayah jangkauannya.

2. Kuota Internet yang Dipakai Sudah Habis

Penyebab sinyal lemot yang selanjutnya yakni kuota internet yang dimiliki sudah habis. Pastikan sebelum memakai internet, terlebih dahulu cek provider yang digunakan harus memiliki kuota internet.

Hal tersebut mengakibatkan sinyal pada provider menjadi tidak stabil bahkan terasa lambat dan akan mengganggu aktivitas yang dilakukan. Agar sinyal kembali stabil dan tidak lemot ketika digunakan, sebelum memakai internet perlu mengecek dan mengisi kuota terlebih dahulu.

Pos Terkait:  4 Cara Cek No Tri: Metode Untuk Mengetahui Nomor Kartu Tri

Saat ini harga kuota internet terbilang cukup murah dan terjangkau serta terdapat jatah kuota untuk setiap wilayah. Sehingga tak perlu khawatir lagi jika tidak terjangkaunya wilayah tersebut.

3. Jaringan Pada Provider yang Sedang Down Sistem

Koneksi internet yang lemot juga bisa disebabkan oleh gangguan teknis dari provider tersebut. Bukan hal yang asing lagi jika provider mengalami gangguan.

Hal ini biasanya menjadi alasan umum mengapa sinyal menjadi lemot padahal sudah memakai jaringan 4G atau bahkan sudah upgrade hp yang digunakan. Apabila sinyal terasa lambat, bisa cek provider terlebih dahulu.

Kemudian pastikan apakah hal ini terjadi di salah satu aplikasi atau web saja atau ke semua layanan. Jika masih terasa lambat dan hanya muncul ketika mengakses salah satu aplikasi, cek kembali pada pengumuman resmi dari bahwa sedang mengalami gangguan.

4. APN Provider Belum Disetting Pada Handphone

Salah satu penyebab sinyal menjadi lemot adalah belum di setting APN pada handphone yang sedang dipakai. Akan tetapi, setiap APN provider berbeda-beda settingannya.

Oleh karena itu pada settingan APN provider perlu menyesuaikan ulang, agar bisa mendapatkan koneksi internet yang bagus dan stabil ketika digunakan. Setiap provider biasanya memberikan APN secara default berupa gprs, sehingga bisa menggunakan APN provider lain.

Pos Terkait:  Daftar Paket Internet Axis Unlimited 24 Jam

Selain itu, juga untuk mendapatkan sinyal yang bagus dan stabil. Cara pengaturan APN ini cukup bisa diandalkan ketika jaringan lemot, ketika sinyal kembali stabil akan memudahkan aktivitas yang butuh koneksi internet.

5. Terlalu Banyak Pengguna Provider Tersebut

Penyebab lain mengapa sinyal menjadi lemot adalah terlalu banyaknya pengguna provider tersebut di suatu wilayah tersebut. Maka secara tidak langsung, sesama pengguna akan berebut sinyal agar dapat menggunakannya dengan optimal.

Hal ini juga dikarenakan setiap operator masih membatasi kecepatan internet di setiap daerah. Cara tersebut juga merupakan bagian dari strategi bagi provider dalam mengatur pendistribusian sinyal di suatu tempat.

Demikian ulasan mengenai penyebab sinyal lemot pada provider yang sering terjadi baik di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan. Dari ulasan tersebut diharapkan bisa meminimalisir bahkan mencegah sebelum terjadinya sinyal menjadi lemot.