close

Kenapa Jaringan Indosat Lemot? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Indosat adalah salah satu provider penyedia jasa internet yang sudah digunakan oleh banyaknya masyarakat di Indonesia. Namun tak jarang, banyak yang mengeluhkan bahwa sinyal Indosat penuh tapi internet lemot, karena terasa lag dan buffering saat streaming.

Ternyata banyak faktor penyebabnya, tapi tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut ini:

Penyebab Jaringan Indosat Lemot

Banyak alasan penyebab jaringan Indosat menjadi lemot, beberapa diantaranya adalah karena masalah jaringan hingga ponsel yang mengalami gangguan. Cakupan sinyal yang kurang hingga cuaca yang buruk pun menjadi faktor utama. Simak penyebab lainnya dibawah ini:

Cara Mengatasi Sinyal Indosat yang Lemot

Setelah memahami penyebab utama sinyal Indosat penuh tapi internet lemot, tentu saja terdapat cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara-cara untuk mempercepat dan memperlancar koneksi jaringan yang dapat pengguna Indosat praktekkan:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara yang paling pertama cukup mudah, yaitu hanya dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel. Dengan ini, sinyal Indosat akan terkoneksi kembali dengan memulai jaringan IP baru. Metode ini cukup efektif untuk memulihkan jaringan yang lemot.

Pos Terkait:  0822 Kartu Apa dan Provider Apa? Cek Disini

Mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat membuat koneksi jaringan terputus dan tersambung kembali secara otomatis. Karena cara ini seperti “refresh” atau reset jaringan. Mengaktifkan mode pesawat pun memutus sambungan telepon dan jaringan yang terkoneksi internet.

2. Istirahatkan HP Sementara

Penggunaan HP yang terlalu lama dan secara menerus akan membuat HP terasa panas karena dampak peningkatan suhu CPU yang tinggi. Tak jarang, hal ini juga memberi dampak kepada jaringan Indosat yang akan menjadi terasa lemot.

Mendiamkan HP beberapa saat hingga suhu CPU menjadi dingin menjadi solusi terbaik. Hal ini, karena over battery temperature menjadi penyebab performa HP turun dan sinyal lemot. Berada di tempat dengan suhu stabil bisa menjadi opsi lain.

3. Setting Jaringan APN Indosat

Meski pengaturan jaringan sudah diatur secara otomatis oleh provider, namun terdapat cara untuk mengatur ulang tipe jaringan tersebut. Indosat memberikan APN default bernama indosatgprs, namun juga dapat menggunakan APN lain. Inilah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu settings atau setelan.
  • Pilih menu koneksi.
  • Pilih juga menu pengelola kartu SIM.
  • Ketuk dan pilih kartu SIM Indosat.
  • Masuk ke sub menu mode jaringan.
  • Lalu, ubah mode jaringannya menjadi LTE/3G 2G.
Pos Terkait:  0887 Kartu Apa dan Provider Apa? Cek Disini

4. Restart HP

Cara mudah lainnya yaitu dengan merestart HP untuk mengatasi sinyal Indosat yang lemot dan mengganggu. Sistem operasi perangkat yang memikul beban berlebih, dapat menyebabkan kinerja HP menjadi buruk. Hal ini, mempengaruhi kemampuan HP menangkap sinyal.

Peningkatan tinggi suhu HP menjadi penyebab kinerja HP menjadi lemot, karena aktivitas multitasking yang melebihi batas kemampuan sistem operasi HP. Merestart HP dan membersihkan memori internal secara berkala, bisa jadi opsi terbaik.

5. Hubungi Call Center Indosat

Solusi terakhir yang dapat dilakukan pengguna Indosat adalah dengan menghubungi call center Indosat. Trik ini ampuh untuk menyelesaikan permasalahan sinyal yang terganggu, jika sudah mengalami jalan buntu untuk memperbaikinya sendiri.

Pengguna dapat menghubungi customer service melalui nomor resminya yaitu 021-30003000 menggunakan telepon seluler. Dapat juga menggunakan cara lain dengan mention akun Twitter Indosat Ooredoo.

Demikian berbagai penyebab sinyal Indosat penuh tapi internet lemot dan beberapa cara mengatasinya yang dapat dipraktekkan oleh pengguna Indosat. Cara-cara diatas dapat disesuaikan dengan faktor penyebab jaringan menjadi lemot.