close

Cara Jualan dan Promosi di Instagram, Pemula Wajib Coba!

Dengan mempromosikan barang, produk atau merek kamu di instagram tentunya akan menarik banyak audience yang susai dengan target pasar yang kamu tembak, dengan begitu penjualan pun akan semakin menngkat.

Dalam survei yang dilakukan oleh Instagram, sekitar 62% dari total 100% pengguna instagram cenderung lebih menyukai produk atau merek setelah ia melihatnya di stories instagram.

Nah, yang menjadi pertanyaannya ialah (Bagaimana cara promosi di instagram dengan interest yang tepat serta jangkawan audiens yang luas?)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan memberi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mulai jualan dan promosi di Instagram, cara ini sangat direkomendasikan bagi anda yang baru mau terjun merintis bisnis berbasis internet marketing ini.

Cara Promosi di Instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram memiliki visual yang lebih menarik dengan beragam fitur yang lebih lengkap ketimbang sosial media lainnya sehingga audience akan lebih tertarik terutama setelah melihat beberapa postingan yang dipublikasikan di di Story.

Inilah yang membuat engangement sosial media tersebut lebih tinggi dibandingkan sosial media lainnya. Perlu kamu ketahui, di tahun 2020 lalu, terdapat 75,3% bisnis di Amerika Serikat yang sudah menggunakan Instagram dengan 200 juta lebih pengguna yang mengunjungi Instagram bisnis setiap harinya.

Tentunya cara ini masih profitable hingga sekarang, bagi kamu yang baru mau berjualan di instagram, cara-cara berikut dapat kamu terapkan di akun instagram kalian.

Baca juga : 19 Usaha Franchise Dengan Modal Kecil

Mengubah akun biasa menjadi akun Bisnis

Instagram sendiri memiliki dua jenis akun, yaitu akun biasa dan akun bisnis. Tentunya kedua akun tersebut memiliki fitur yang berbeda dimana akun bisnis memiliki fitur yang lebih lengkap dari akun biasa.

Jika kamu ingin menggunakan instagram untuk keperluan menjual dan mempromosikan bisnis kamu, maka hal yang paling pertama diperhatikan ialah menentukan jenis akun yang akan digunakan.

Dalam hal ini saya menyarankan anda untuk menggunakan akun bisnis, dengan cara ini tentunya ada akan dapat mengelola akun secara profesional.

Dengan menggunakan akun bisnis memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi berupa traffic dan engagement antara pemilik akun dan audience. Bukan hanya itu saja, anda juga dapat membaca data demografi followers sampai keaktifan folowers instagram.

Lalu bagaimana cara mengubah akun Instagram biasa menjadi akun bisnis ?

Anda dapat melakukannya dengan cara ini :

  • Klik tombol “Settings” lalu pilih menu “Account”
  • Selanjutnya klik menu “Switch to Business Account”. Nanti Kamu akan dialihkan ke sebuah halaman di mana kamu harus memilih salah satu antara “Creator” dan “Business”. Dalam hal ini, jika tujuan kamu membuat akun instagram untuk keperluan promosi maka pilihlah yang Business.
  • Lalu pilih juga bidang atau kategori yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan seperti kesehatan, pendidikan, teknologi, dan lain sebagainya.
  • Dengan begitu, profil akun kamu sudah diubah menjadi Instagram bisnis. Selanjutnya tinggal mengelola dan mempromosikan produk kamu di Instagram.
Pos Terkait:  Pengertian Teknologi, Jenis-jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Lengkapi informasi di BIO Instagram

Agar kamu mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pastikan terlebih daulu bio akun kamu tidak kosong, sebisa mungkin isi dengan informasi sejelas mungkin. Ada beberapa teknik yang bisa kamu lalukan untuk memaksimalkan biodata akun kamu, yaitu:

  • Tak bisa dipungkiri bahwa username juga menjadi salah satu unsur yang dapat menarik kepercayaan audience. Oleh karena itu, gunakanlah username yang singkat, jelas, dan mudah diingat
  • Tambahkan kata kunci sesuai produk yang kamu tawarkan
  • Gunakan foto profil terbaikmu
  • Berikan deskripsi singkat
  • Gunakan emoji agar terlihat lebih menarik
  • Berikan kalimat Call to Action
  • Tambahkan link ke website kamu, atau link tokomu

Membuat konten yang berkualitas

Cara promosi di instagram yang paling utama ialah konten. Seperti yang kita ketahui dalam bisnis digital konten adalah raja, maka dari itu, kualitas konten menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh untuk menarik minat audience.

Saat mempublikasikan postingan kamu di instagram, Usahakan membuat konten yang eye-catching dan engaging, sehingga ketika postingan kamu muncul di explore calon pelanggan, mereka akan tertarik dengan produk kamu tawarkan.

Konten-konten tersebut dapat berupa single image, carousel, ataupun video, namun usahakan dibuat dengan kualitas yang jernih.

Selain itu, perhatikan juga di bagian tema feeds instagram kamu, kamu dapat menentukan tema yang menarik layaknya brand-brand besar dimana mereka menggunakan tema yang konsisten seperti memilih warna dasar yang dominan , menambahkan animasi, hingga menambahkan logo di bagian tertentu.

Menggunakan jasa rajakomen.com

Sebetulnya cara ini optional sih, namun untuk kamu yang baru merintis bisnis di instagram tidak ada salahnya untuk mencoba layanan dari rajakomen.com

Platform ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan komentator di seluruh indonesia dengan pemilik akun asli yang akan memberikan komentar terbaik (positif) mereka.

Pos Terkait:  23 Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Modal Kecil

rajakomen.com menawarkan jasa komentar untuk beragam media seperti Jasa komen instagram, facebook, playstore, youtube, tiktok, Google maps, Google my business dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, Rajakomen.com membantu pembisnis untuk meningkatkan Engagement Rate postingan mereka di media sosial termasuk postingan di Insragram.

Dengan meningkatnya Engagement Rate, maka akun anda juga akan semakin populer. Dampak kedepannya, anda akan mendapatkan banyak followers serta meningkatkan interaksi antara anda dengan audience.

Lalu Bagimana cara promosi di instagram dengan rajakomen.com ?

Untuk menggunakan jasa RajaKomen.com sebagai sarana marketing di Instagram, pastinya Anda harus sudah punya akun di Instagram terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa mendaftar ke RajaKomen.com sebagai Advertiser. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lalukan :

  1. Buka situs rajakomen.com
  2. lalu klik tombol “Daftar” untuk pengguna baru
  3. Selanjutnya pilih “Sebagai Advertiser” lalu klik tombol “Daftar Sekarang”
  4. Lengkapi form pendaftaran secara lengkap beserta Captcha-nya juga. Jika suda, klik tombol “Daftar Sekarang” yang ada dibawah Captcha.
  5. Secara otomatis sistem akan mengirimkan permintaan verifikasi ke email anda, periksa email, dan klik email dari RajaKomen, untuk memverifikasi pendaftaran anda.
  6. Setelah berhasil mendaftar dan memverivikasi email pendaftaran kamu di rajakomen, sekarang Anda bisa login ke dashboard advertiser untuk mulai menggunakan jasa rajakomen.
  7. Agar bisa membeli komentar, Anda harus “Setor Deposit” terlebih dahulu. Minimum deposit ialah Rp100.000,-
  8. Jika transaksi deposit berhasil, saldo akan terlihat di “Dompet Saya”.
  9. Sekarang, kamu bisa langsung membeli komentar dengan cara klik “Beli Komen”, dan pilih sosial media yang akan dikomentari.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kamu bisa membeli komentar untuk ditempatkan di postingan Feed instagram kamu, atau bahkan di Reel Instagram dengan tarif Rp2.000,- per komentar.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan layanan RajaKomen.com untuk membeli nonton dan komentar di Live IG dengan tarif Rp2.000 per nonton dan komentar.

Memberikan diskon sewaktu-waktu

Strategi memberikan diskon dengan syarat sering dilakukan oleh para pemilik produk. Sederhananya, jika mereka ingin mendapatkan diskon special pengguna diharuskan untuk memberikan love, melakukan share hingga tag temannya pada kolom komentar.

Tidak lupa, konsumen juga diharuskan untuk mem-follow sosial media yang dimiliki. Cara seperti ini sudah terbukti ampuh untuk mempromosikan produk kamu serta untuk meningkatkan follower dan engagement akun Instagram milikmu.

Share testimoni pelanggan

Dalam menjual produk kamu di sosial media, testimoni menjadi salah satu usur penting didalamnya karena testimoni bisa menjadi bukti yang paling bagus untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk kita.

Pos Terkait:  Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula di 2021

Agar tidak merusak tampilan feed Instagram kamu, maka upload testimoni sebaiknya dilakukan di IG story saja, kemudian masukan ke highlights Instagram sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Meski terlihat sepele, namun cara ini memiliki efek yang besar kedepannya. Karena sistem penjualan kita melalui sosial media bukan dengan sistem marketplace atau yang lainnya dengan keamanan pembayaran dengan rekening escrow.

Menggunakan Layanan Instagram ads

Nah, menurut saya ini adalah bagian terpenting dalam mempromosikan produk kamu di IG, yaitu dengan menggunakan Instagram Ads.

Dengan cara ini, memungkinkan produk anda di lihat oleh puluhan hingga ratusan pengguna. Jika barang kamu memiliki kualitas yang bagu serta memiliki visual yang keren, maka puluhan hingga ratusan pengguna tersebut akan menjadi calon followers kamu, menarik bukan!

Berhubung Instagram dan facebook dinaungi oleh orang yang sama, maka untuk bisa beriklan menggunakan layanan Instagram Ads, Anda diharuskan memiliki akun Facebook Ads Manager terlebih dahulu.

Untuk informasi lebih lengkapnya tentang cara beriklan di Instagram menggunakan instagram ads ini bisa Anda lihat pada ebook tutorial facebook ads untuk pemula.

Berikut linknya : Download Ebook by qwords.com

Endorsement

Cara yang terakhir untuk mempromosikan produk kamu di instagram ialah dengan melakukan Endorsement. Endorsement adalah teknik promosi di Instagram dengan cara memberikan produk kamu kepada influencer untuk dipromosikan.

Cara ini juga menjadi yang paling efektif dilakukan karena jangkauan produk kamu akan dilihat oleh semua folowers insfluenser yang kamu pilih. Barang yang diberikan kepada influencer ini sebagai pengganti uang cash.

Umumnya influencer yang dipilih harus sesuai dengan target market produk tersebut.

Sistemnya sangat sederhana, pemilik produk mengirimkan kepada influencer untuk di barter dengan promosi baik itu lewat post atau IG story.

Dari sisi influencer, ini bisa juga menjadi konten untuk mengisi feed Instagramnya agar lebih beragam dan menarik.