close

7 Aplikasi Penambah Memori di Smartphone, Wajib Coba!

Aplikasi penambah memori di smartphone sangat diperlukan untuk menambah ruang penyimpan. Hal ini dilakukan agar bisa mendownload berbagai aplikasi seperti game, sosial media dan aplikasi lainnya.

Meskipun pada smartphone sudah tersemat penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar, tapi dengan berbagai file dan aplikasi yang terdownload akan membuat memori penuh. Dengan bertambahnya penggunaan pada smartphone akan semakin tinggi pula kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.

Menambahkan aplikasi yang dapat meningkatkan memori menjadi solusi akan tetapi aplikasi semacam itu tidak memberi ruang tambahan melainkan membersihkan file sampah. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk menambah memori:

1. Google Drive

Google drive  adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh google. Aplikasi yang memudahkan pengguna smartphone untuk menyimpan data berupa dokumen, foto, dan video.

Aplikasi Google Drive sudah terpasang di smartphone saat membuat akun google. Untuk smartphone langsung mendapatkan kapasitas Google Drive secara gratis yaitu sebesar 15 GB.

Penyimpanan pada google drive relatif aman, karena secara berkala google memberikan notifikasi melalui email untuk pengaman akun. Sehingga, menjadikannya sebagai penyimpanan data paling populer.

File – file yang disimpan di Google Drive bisa diakses meskipun dalam keadaan offline. Hal ini dapat dilakukan dengan memindahkan beberapa file bisa menambah ruang penyimpanan.

Pos Terkait:  Download Kinemaster Pro Mod APK Full Unlock Unlimited

2. SD Maid

Rekomendasi aplikasi penambah memori yang selanjutnya adalah SD Maid. SD Maid adalah sebuah aplikasi yang dapat menghapus data yang tidak penting dari ruang penyimpanan internal maupun kartu memori.

Aplikasi ini terlebih dahulu melakukan scanning pada ruang penyimpanan. Kemudian mendeteksi file dan folder yang tidak penting dan masih tersimpan di perangkat, lalu menghapusnya.

3. Swapper

Dengan aplikasi ini dapat menambahkan ruang penyimpanan pada perangkat, dan swapper dapat diunduh di Google Play Store, serta gratis saat digunakan. Dengan mengaktifkan menu archive swap on boot untuk menukar file penyimpanan pada perangkat, lalu pilih SD Card Partition.

4. Dropbox

Tidak hanya berfungsi sebagai penambah kapasitas ruang penyimpanan, juga dapat mencadangkan beragam file pada Dropbox tanpa harus memakai banyak penyimpanan pada smartphone. Tentu ini memberikan solusi untuk penyimpanan yang tidak banyak akibat banyaknya file – file dan sistem aplikasi.

5. Gom Saver

Gom Saver merupakan aplikasi yang berfokus untuk menghemat ruang penyimpanan pada memori yang ada pada smartphone yang dapat diunduh melalui google play store. Aplikasi ini sangat cocok bagi smartphone yang mempunyai banyak kegunaan, namun minim ruang penyimpanan.

Pos Terkait:  8 Aplikasi Pinjaman Online Yang Aman dan Bunga Rendah

6. Link 2 SD

Aplikasi penambah memori di smartphone yang selanjutnya adalah Link 2 SD yang dapat menambahkan ruang penyimpanan memori internal menjadi lebih longgar. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat partisi sendiri.

Namun sayangnya, aplikasi hanya bisa digunakan untuk smartphone yang sudah melalui proses root. Menarik bukan aplikasinya?

7. Cloud Storage Box

Aplikasi Cloud Storage Box ini menawarkan ruang penyimpanan hingga 10 GB bagi yang mempunyai kapasitas memori internal kecil. Aplikasi ini bisa menyimpan berbagai file diantaranya dokumen, hasil download, foto, video hingga musik.

Itulah beberapa aplikasi penambah memori di Smartphone yang bisa untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah tanpa takut data yang tersimpan terhapus dan membahayakan.

Banyak yang menggunakan aplikasi tersebut untuk menambah ruang memori internal. Khususnya bagi yang ruang penyimpanan kecil tapi banyak aplikasi dan file yang penting.