close

6 Aplikasi Pembersih Memori RAM Terbaik dan Gratis!

Salah satu penyebab memori HP Android menjadi penuh dan lemot adalah karena adanya file cache yang menumpuk. Namun untuk mengatasi masalah ini, kini telah hadir berbagai aplikasi pembersih memori. Hal ini karena tak semua tipe HP memiliki fitur pembersih bawaan.

Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk membersihkan file sampah, agar kinerja HP menjadi lancar tanpa lemot. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi terbaik untuk membersihkan memori RAM yang dapat diunduh di Playstore maupun App Store, diantaranya:

1. One Booster

Aplikasi yang mendapat rating 4,7 dari 5,0 dan menjadi aplikasi rekomendasi teratas di kategori pembersih memori adalah One Booster. Selain fitur utamanya, aplikasi ini juga memiliki fitur antivirus dan penghemat baterai yang dapat digunakan secara gratis.

Fitur pembersih sampah ini, membantu mengosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus file sampah dan cache yang memperlambat kinerja ponsel. Ada juga fitur pendingin CPU yang dapat mendinginkan suhu CPU ponsel, hanya dengan satu klik pada aplikasi.

2. Keep Clean

Keep Clean merupakan aplikasi untuk mengoptimalkan ponsel yang memiliki fitur lengkap seperti pembersih memori, antivirus, penghemat baterai dan keamanan. Aplikasi ini sudah 100 juta unduhan di Playstore dengan komentar yang terbantu dengan adanya Keep Clean.

Pos Terkait:  Cara Melacak Nomor WA yang Tidak Dikenal Agar Tidak Tertipu

Keep Clean juga dapat membooster game agar membebaskan latar belakang yang tak berguna untuk meningkatkan kerja ponsel saat bermain game. Aplikasi ini menyediakan keamanan Wifi, dengan memindai sambungan wifi tak berizin untuk menjaga keamanan ponsel.

3. Nox Cleaner

Nox Cleaner adalah salah satu aplikasi untuk membersihkan memori dan cache yang dapat mempercepat kinerja perangkat Android. Aplikasi ini, juga dapat menjaga keamanan ponsel dari virus, memperpanjang masa pakai baterai dan fitur-fitur ini berada dalam satu aplikasi.

Aplikasi ini dapat memanajemen foto dengan mengatur foto secara terorganisir dan dapat mengunci aplikasi-aplikasi lain dengan fitur App Locker. Selain manajemen foto, Nox Cleaner juga dapat memanajemen aplikasi lain yang tidak berguna dengan berdasarkan penggunaan.

4. AVG Cleaner

Aplikasi kelima adalah AVG Cleaner yang mendapat unduhan 50 juta kali di Playstore dengan berbagai tanggapan positif. Aplikasi pembersih memori ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang dapat dicoba para pengguna ponsel.

Selain membersihkan memori, AVG Cleaner juga dapat memindai virus dan menjaga keamanan ponsel dan privasi data-data yang pengguna miliki. Berbagai respon positif,  juga memenuhi komentar dalam aplikasi ini. Tentu saja, aplikasi ini aman dan legal.

Pos Terkait:  4 Cara Mengirimkan Aplikasi Lewat WA dengan Mudah dan Cepat

5. Files by Google

Aplikasi Files by Google ini merupakan file manager yang dikembangkan oleh Google. Namun tak hanya itu, aplikasi ini menyediakan fitur menarik lainnya. Fiturnya yaitu penghapus file sampah dan cache, mengirim dan menerima file secara offline.

Files by Google mengklaim aplikasinya 3-in-1 karena meskipun berukuran kecil, fitur-fitur utamanya dapat mengosongkan ruang dan membersihkan memori. Aplikasi ini pun dapat membagikan file dengan dengan cepat tanpa menunggu waktu lama.

6. Avast CleanUp & Boost

Aplikasi alternatif lainnya yaitu Avast, aplikasi pembersih sampah yang dapat membersihkan sampah, cache, dan data-data yang tak penting lainnya. Tak hanya itu, terdapat fitur untuk mengoptimalkan performa ponsel dengan menggunakan fitur Quick Boost.

Avast dapat mendeteksi aplikasi yang paling memakan ruang memori dan otomatis menampilkan notifikasi untuk menghapus aplikasi yang tak digunakan lagi. Fitur-fiturnya yang menarik ini dapat menjadi pilihan aplikasi pembersih terbaik.

Itulah kumpulan aplikasi pembersih memori terbaik untuk ponsel yang dapat diunduh di Playstore maupun App Store secara gratis. Beberapa rekomendasi aplikasi ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan ponsel agar semakin lancar dan anti lemot.