close

5 Cara Agar Status WA Tidak Pecah Saat di Upload

Cara agar status Wa tidak pecah pada saat mengupload foto atau video ke WhatsApp menjadi solusi ketika postingan tidak terlihat jelas. Kendala ini sering dialami saat foto atau video telah selesai di upload di status WhatsApp.

Kebanyakan dari pengguna WhatsApp tidak mengetahui bagaimana caranya agar foto atau video tetap utuh ketika di upload. Berikut ini merupakan beberapa solusi yang bisa dicoba agar status WhatsApp tidak pecah ketika di upload, diantaranya:

1. Gunakan Aplikasi Kompres Photo Puma

Anda bisa menggunakan aplikasi agar status wa tidak pecah, nama aplikasi tersebut ialah kompres photo puma. Aplikasi ini dapat diunduh langsung pada Google Play Store dan Apple App Store. Adapun langkah-langkah agar status pada WA tidak pecah adalah sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi Kompres Photo Puma sudah terdownload di perangkat.
  • Masukkan foto yang ingin yang ingin dijadikan status WA.
  • Kemudian, editlah  sesuai keinginan dengan menggunakan beberapa tools yang ada.
  • Setelah selesai, langsung bagikan foto yang telah diedit melalui aplikasi untuk menghindari gambar pecah pada saat di upload.

Sebagai informasi, Puma Image Compressor dapat digunakan untuk mengedit dimensi foto yang hendak di upload ke status WhatsApp. Selain dimensi opsi lain yang juga dapat diedit meliputi ukuran file, kualitas foto dan juga resolusi dari foto.

Pos Terkait:  Cara Membuat Sound of Text Bahasa Sunda di HP Tanpa Aplikasi!

2. Kecilkan dengan Lit Photo

Cara agar kualitas foto dan video status wa bagus saat di posting yang selanjutnya menggunakan aplikasi Lit Photo. Penggunaan aplikasi Lit Photo dapat dijadikan opsi untuk mengedit terlebih dahulu foto yang di upload nantinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Instal aplikasi Lit Photo.
  • Pada aplikasi pilih compress foto.
  • Pilih foto dan edit dan tetapkan size foto menjadi  149 kb.
  • Jika sudah klik selesai dan foto siap di upload ke status wa tanpa takut gambar pecah.

Perlu diketahui bahwa, aplikasi Lit Photo memiliki beberapa pilihan pengeditan lain selain kompres foto. Terdapat beberapa opsi untuk mengedit foto pada Lit Photo mulai dari kompres foto, resize atau merubah ukuran foto dan crop foto.

3. Video Panda

Berbeda dari foto, cara agar video status wa hd ketika diupload adalah dengan menggunakan aplikasi Video Panda. Aplikasi video compressor ini dapat diunduh langsung pada Google Playstore. Berikut ini adalah langkah agar video tidak pecah ketika di upload di status wa:

  • Buka aplikasi Video Panda yang telah diunduh.
  • Pilih video yang akan di edit dan klik next.
  • Selanjutnya pilih ukuran video yang akan dikompres, pilihannya mulai dari kecil, medium dan besar, namun yang paling cocok adalah medium.
  • Setelah itu klik compress dan tunggu video selesai.
Pos Terkait:  2 Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Gratis dengan Mudah

Setelah video selesai, tidak perlu khawatir akan keadaan video yang pecah setelah di upload karena telah diedit dengan Video Panda. Selain untuk mengkompres video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merubah resolusi yang ditampilkan pada video.

4. Crop Foto Sebelum di Posting

Cara agar status wa tidak buram ketika di upload selanjutnya adalah dengan melakukan crop atau memperkecil ukur foto. Memperkecil disini bukan ukuran file dari foto tersebut, melainkan ukuran gambar yang akan di upload saja yang diperkecil, berikut langkahnya:

Dengan melakukan crop pada foto, maka ukuran foto juga secara otomatis akan menyesuaikan terskala kan secara otomatis. Langkah ini dapat dilakukan untuk menghindari foto agar tidak pecah dan buram setelah di upload.

5.  Kirim ke Kontak Lain Lalu Share ke Status

Mengirim foto atau video ke kontak yang ada di WhatsApp dan kemudian membagikan langsung ke story adalah opsi terakhir. Berikut tahapannya:

  • Buka Aplikasi WhatsApp.
  • Kirim satu foto atau video yang akan dijadikan status ke teman.
  • Setelah terkirim klik dan tahan foto/video sampai muncul tanda titik tiga di kanan atas.
  • Klik titik tiga dan tekan share, lalu pilih aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya upload foto/video di status anda.
Pos Terkait:  5 Metode Pembayaran Netflix Termudah, Anti Ribet!

Cara ini sangat cocok dijadikan opsi terakhir, bilamana empat cara sebelumnya belum bisa digunakan. Dengan menggunakan cara ini, pengguna tidak perlu khawatir foto/video pecah setelah di upload.

Demikianlah beberapa cara agar status wa tidak pecah pada saat diupload dan dilihat oleh kontak. Solusi tersebut dihadirkan agar foto atau video yang di upload ke WhatsApp tetap utuh dengan keadaan resolusi yang tidak menurun dan terhindari dari foto/video pecah.