6 Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh, Wajib Tahu!

Coba perhatikan WhatsApp atau handphone yang dimiliki, apakah ada kejanggalan? Mungkin saja ternyata WA sedang disadap dari jarak jauh. Lantas adakah cara mengetahui WA disadap jarak jauh?

Bisa saja pengguna salah menebak keanehan WA atau HP sebagai pembajakan. Untuk meyakinkan diri, lakukan cara-cara berikut untuk mengetahui benar tidaknya WA disadap. Berikut adalah caranya:

1. Periksa Perangkat Apa Saja yang Masuk ke WhatsApp

Cara mengetahui WA disadap jarak jauh yang pertama adalah periksa ada tidaknya perangkat tak dikenal yang masuk ke akun WA. Jika ada, kemungkinan WA memang sedang disadap dari oleh seseorang. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Buka aplikasi WA.
  • Klik ikon titik tiga di pojok atas aplikasi.
  • Buka menu opsi “perangkat tertaut”.
  • Lalu, perhatikan perangkat apa saja yang tertaut.
  • Jika ada salah satu atau lebih perangkat yang tidak pengguna kenal, maka WA kemungkinan memang sedang disadap.

2. Periksa Pesan Kode Verifikasi dari WhatsApp

Cara yang satu ini dengan memeriksa pesan yang masuk. Apakah ada pesan masuk yang berisi kode verifikasi dari WA. Kode verifikasi disebut juga kode OTP, dimana diperlukan untuk masuk ke WA dari perangkat yang baru.

Pos Terkait:  Aplikasi Edit Foto Menjadi Pengantin [Viral di Tiktok]

Jika ada pesan seperti ini, mungkin saja WA sedang disadap. Ada seseorang yang sedang mencoba masuk ke akun WA untuk disadap. Hati-hatilah saat menerima pesan kode verifikasi atau OTP ini.

3. Periksa Baterai yang Tiba-Tiba Jadi Cepat Habis

Cara berikutnya, dengan memperhatikan pemakaian baterai HP. Untuk melancarkan penyadapan, penyadap bisa saja menggunakan aplikasi sadap WhatsApp yang diinstal ke HP. Aplikasi tersebut akan berjalan di balik layar, sehingga menguras baterai HP lebih cepat.

Jika baterai HP tiba-tiba menjadi cepat terkuras habis juga mulai banyak hal yang aneh, berhati-hatilah. Karena bisa jadi WA memang tengah disadap oleh seseorang. Perhatikan pemakaian baterai dengan baik.

4. Periksa Pesan Terkirim atau Terbaca Tanpa Diketahui Pengguna

Yang paling banyak terjadi saat WA disadap adalah dimana ada pesan yang terkirim atau terbaca yang tidak diketahui. Periksa pesan yang baru-baru ini diterima dan terkirim. Perhatikan pesan WA dengan teliti.

Jika merasa belum mengirim pesan ataupun membaca pesan, WA kemungkinan sedang disadap. Tandanya, penyadap benar-benar secara terang-terangan memperlihatkan keberadaannya. Lebih berhati-hatilah dalam memeriksa pesan WA.

5. Periksa WhatsApp Sering Lag dan Lemot

Cara lainnya adalah memperhatikan aplikasi WA. Periksalah pergerakan WA. Jika WA tiba-tiba lag atau lemot saat digunakan, ini bisa menjadi peringatan adanya penyadapan pada WA.

Pos Terkait:  3 Cara Mencadangkan Kontak Ke Google Drive dengan Praktis

Karena biasanya penyadap akan memonitor semua kegiatan WA, sehingga aplikasi WA terbebani hingga membuat performa HP menurun. Waspadai WhatsApp yang tiba-tiba menjadi lag atau lemot. Apalagi jika ini sering terjadi.

6. Periksa Notifikasi Aneh yang Tiba-Tiba Muncul

Terakhir, periksa apakah ada notifikasi aneh yang tiba-tiba muncul di HP, khususnya baru-baru ini. Saat seseorang memasang aplikasi penyadap, akan ada notifikasi tertentu yang menandakan aplikasi sedang berjalan.

Mungkin ada notifikasi dari WA yang memberitahukan bahwa ada perangkat lain yang menggunakan WA. Jika terdapat notifikasi seperti itu, maka kemungkinan besar WA sedang disadap. Pastikan notifikasi yang diterima bukan notifikasi yang aneh-aneh.

Itulah cara mengetahui WA disadap jarak jauh. Pengguna bisa periksa apakah ada notifikasi aneh tertentu atau kinerja WA terganggu. Log panggilan atau pesan yang terasa tidak dilakukan maupun dibaca, sudah bisa menjadi bukti WA disadap.