close

Cara Membuka Akun FB yang Terkunci Autentikasi Dua Faktor

Pengguna Facebook yang kesulitan mengakses akun, karena Facebook terkunci autentikasi dua faktor. Autentikasi dua faktor, sebenarnya merupakan sistem keamanan akun. Namun, seringkali mengalami kesulitan membuka akun sendiri.

Facebook autentikasi dua faktor, merupakan satu fitur keamanan kedua. Sistem ini terhubung dengan generator Google Authenticator dan SMS.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika pemilik akun lupa menyalin kode acak. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang dapat dilakukan berikut:

Baca juga: Cara Menambah 5000 Followers Gratis Tanpa Aplikasi

1. Kirim Kode Melalui SMS

Hal yang paling mudah dilakukan bila akun Facebook terkunci karena sistem autentikasi dua faktor yakni dengan meminta kode lain melalui SMS. Namun, pastikan bahwa nomor yang digunakan telah terintegrasi dengan autentikasi dua faktor ini. Untuk selebihnya, simak langkah berikut:

  • Login akun Facebook seperti biasa.
  • Abaikan kolom yang seharusnya untuk kode generator. Langsung lanjutkan untuk menekan tombol kirim kode.
  • Cek kotak masuk nomor yang telah terhubung. Jika tidak menemukan pesan masuk, konfirmasi ulang dengan memasukkan kembali nomor.
  • Akun akan segera terbuka kembali setelah menulis kode tersebut.

2. Setujui dari Perangkat Lain

Cara kedua ini adalah dengan memberikan persetujuan perangkat lain yang pernah digunakan untuk mengakses akun Facebook tersebut. Metode ini dinilai lebih mudah, pengguna hanya perlu mengakses Facebook menggunakan device yang pernah digunakan. Berikut langkahnya:

Pos Terkait:  Lupa Kata Sandi FB? Ini Solusi Paling Ampuh

3. Kirim Melalui Email

Cara kedua tidak bisa digunakan jika pengguna tidak pernah mengakses akun menggunakan device lain. Sementara nomor telepon juga tidak terintegrasi dengan akun Facebook.

Berikut ini bisa dilakukan untuk membuka Facebook terkunci autentikasi dua faktor. Pengguna dapat menggunakan cara ketiga ini dengan mengikuti langkah berikut:

  • Klik ‘Perlu cara lain untuk mengautentikasi?’. Opsi ini terdapat pada bagian kolom memasukkan kode generator.
  • Pilih dan klik di Dropdown pada samping opsi lainnya.
  • Klik ‘Dapatkan Bantuan Lainnya’, kemudian klik ‘selanjutnya’.
  • Ketik email aktif yang dapat digunakan untuk menerima pemulihan akun, kemudian klik selanjutnya.
  • Pengguna akan diperintahkan untuk mengunggah tanda pengenal yang harus dilakukan dengan mengambil gambar secara langsung, jika sudah maka klik selanjutnya.
  • Tunggu pesan yang akan masuk di email yang sudah dimasukkan. Biasanya proses berlangsung paling lama 48 jam.
  • Jika sudah dikirim, klik link yang disediakan. Kemudian ikuti panduan yang ditunjukkan.

4. Ajukan Banding

Pengguna dapat mengajukan banding jika tidak memiliki email aktif serta nomor belum terintegrasi dengan akun Facebook. Jika dua hal tersebut tidak dipenuhi, maka tim Facebook akan kesulitan menghubungi pengguna.

Maka, dengan menggunakan cara ini pengguna dapat mengajukan banding. Berikut ini adalah cara mudah untuk melakukan banding, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langsung saja pilih menu ‘Ada Masalah?’.
  • Klik pilihan ‘Tidak Ada Telepon’ lalu tekan tombol lanjutkan.
  • Pilih opsi ‘Hubungi Kami’.
  • Setelah itu, pengguna akan masuk ke bagian formulir banding. Isi formulir sesuai dengan panduan Facebook.
  • Unggah tanda pengenal pengguna sesuai dengan akun Facebook yang terblokir.
  • Klik ‘Kirim’ lalu tunggu sampai akun dipulihkan.
Pos Terkait:  Sound of Text WA yang Keren, Lucu dan Unik Buat Notifikasi

5. Buat Akun Facebook Baru

Cara terakhir ini dengan mendaftarkan akun Facebook baru. Pendaftaran akun baru ini dimungkinkan dapat mematikan autentikasi dua faktor dalam akun. Langkahnya sangat mudah, pertama pengguna melakukan pendaftaran akun Facebook seperti biasa.

Selanjutnya, masukkan nomor telepon yang sebelumnya digunakan autentikasi dua faktor. Terakhir, klik ‘Daftar’, sistem mematikan fitur keamanan di akun lama secara otomatis. Dengan cara ini, pengguna dapat memulihkan akun, serta bisa mengakses tanpa kode generator.

Itulah cara mudah membuka akun Facebook terkunci autentikasi dua faktor. Bila nomor telepon masih aktif, cara yang paling mudah adalah dengan meminta kode login. Namun, jika tidak ada email dan nomor aktif, dapat mengajukan banding dan ikuti panduan dari Facebook.