Contoh Reklame – Apa yang dimaksud dengan reklame..? Pertanyaan tersebut pasti pernah kalian jumpai dalam soal-saola ujian. Jika kamu belum mengetahui definisi, fungsi hingga jenis-jenis reklame, tentunya kamu akan kebingungan untuk menjawab soal tersebut.
Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini kita akan mengkaji materi mengenai Reklame mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi hingga contoh gambar reklame sebagai gambarannya. Berikut penjelasannya.
Pengertian Reklame
Apakah yang dimaksud dengan reklame..? Reklame adalah sebuah media yang umunya digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi secara singkat dan padat kepada publik secara terus menerus, baik melalui tulisan, gambar atau audio.
Reklame mengandung gambar yang mencolok terkait sebuah produk yang akan dipromosikan atau sebuah pesan layanan masyarakat yang ingin disampaikan.
Tujuan utama dari penggunaan reklame ialah sebagai media untuk menimbulkan reaksi dari banyak pihak atau juga mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan dalam reklame tersebut.
Panji berpendapat bahwa reklame merupakan setiap bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan guna untuk memperkenalkan suatu produk, barang atau jasa, dan lain halnya dengan cara menarik perhatian banyak orang.
Dengan penjelasan diatas, timbullah dua pertanyaan yang umum sekali dipertanyakan, yaitu mengenai ciri-ciri reklame serta fungsi dari reklame itu sendiri.
Definisi yang sudah dijelaskan diatas mungkin belum menggambarkan reklame ini secara spesifik, agar bisa mendapatkan jawaban dari dua pertanyaan tersebut, silahkan anda baca penjelasannya dibawah ini.
Baca juga : Contoh Gambar Ilustrasi, Fungsi dan Pengertian
Apa ciri ciri reklame yang baik ?
Dalam pembuatan reklame ini anda harus menerapkan beberapa ciri tertentu agar media tersebut bisa disebut sebagai reklame. Ciri-ciri dari reklame yang baik adalah sebagai berikut:
- Isi reklame harus padat, jelas namun ditulis secara singkat sehingga ketika akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat yang membacanya.
- Isi dalam reklame harus bersifat jujur, dengan kata lain produk atau hal lainnya yang akan disampaikan ke publik harus diinformasikan secara jujur serta bisa dibuktikan, sehingga akan memberikan sebuah gambaran kepuasan pada konsumen.
- Dilakukan secara berulang-ulang, tujuannya yaitu untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli barang yang dipromosikan atau semakin banyak masyarakat yang paham atas himbauan yang telah diinformasikan.
- Reklame juga harus mencolok dan menarik minat untuk membaca. Hal ini bisa anda lakukan dengan penerapan gambar yang unik, penebalan huruf, dan hal lainnya untuk mengundang perhatian orang.
- Untuk menarik perhatian banyak orang, bisa juga dibuat dengan berbentuk visual seperti papan iklan atau billboard.
Unsur-unsur reklame diatas harus terkandung dan dipenuhi jika Anda tertarik untuk membuatnya guna untuk mempromosikan produk anda,
Berikan kesan yang menarik dengan cara mengkombinasikan berbagai unsur desain grafis, serta ajakan yang mampu mengundang perhatian orang serta harus bisa memberikan informasi secara continue.
Lihat juga : Biaya Balik Nama Untuk Motor, Mobil dan Sertifikat Tanah
Apa tujuan dari reklame ?
Reklame memiliki banyak sekali fungsi seperti dalam dunia bisnis, yaitu:
- Dalam dunia bisnis, penggunaan reklame bisa sebagai media untuk mengajak calon konsumen untuk menggunakan layanan, produk atau, jasa sehingga mereka mau membeli produk tersebut yang sudah tertuang informasinya dalam reklame.
- Memberikan informasi kepada konsumen dengan jelas dan singkat mengenai produk atau jasa yang dipromosikan.
- Dapat dijadikan sebagai media untuk memberikan kesan baik terhadap calon konsumen mengenai suatu produk, brand atau jasa yang sesuai dengan informasi dalam reklame tersebut.
- Jika dapat memberikan Rasa puas kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang sudah di promosikan,
- Reklame juga dapat difungsikan sebagai media komunikasi antar para penjual denga konsumen.
Sedangkan fungsi reklame dalam gerakan sosial, yaitu:
- Sebagai media untuk mengajak masyarakat agar mau mengikuti atau menuruti aturan ataupun berupa peringatan atau himbauan.
- Dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya, peringatan, kejadian, atau informasi penting lainnya yang memang harus dimengerti. Contohnya adalah spanduk yang menggambarkan peringatan terkait larangan untuk tidak membuang sampah semarangan serta menjaga keamanan lingkungan, dan lain sebagainya.
Jenis-Jenis Reklame
Reklame memiliki banyak jenis yang sering dipakai untuk mempromosikan suatu barang atau jasa serta himbauan dan peringatan. Namun dalam artikel ini hanya akan kami bahas 10 jenis reklame saja. Berikut jenis-jenisnya.
Poster
Poster merupakan jenis reklame berupa selembaran kertas yang memuat tulisan dan beberapa unsur gambar dengan dibuat semenarik mungkin.
Umumnya penggunaan poster ini ditempatkan pada suatu bidang dengan cara ditempel, tempat-tempat umum yang banyak berlalu-lalang orang menjadi tempat yang strategis.
Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang telah dituangkan beberapa unsur gambar dan tulisan yang dengan dibuat menarik mungkin serta mengandung informasi yang jelas karena memiliki ukuran fisik yang besar.
Umumnya baliho ini ditempatkan di tempat umum serta menggunakan tiang besar dan kuat dimana baliho ini bersifat semi permanen.
Billboard
Billboard merupakan salah satu contoh reklame berisi yang dengan dikombinasikan dengan tulisan semenarik mungkin serta bersifat informatif dengan ukuran yang cenderung besar
Billboard ini umumnya ditempatkan pada atap-atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dan bersifat permanen.
Iklan
Iklan merupakan jenis reklame yang singkat dimana tujuannya untuk mempromosikan suatu barang atau jasa dalam bentuk visual yang ditayangkan pada media cetak dan juga media elektronik.
Banner
Banner juga merupakan salah satu jenis reklame, Banner memiliki bentuk yang cenderung portrait, banner biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT dan ditempatkan di depan toko hingga instansi dengan menggunakan penyangga agar bisa berdiri dengan tegak.
Spanduk
Spanduk adalah jenis reklame yang memuat informasi komersial dan non-komersial serta dibuat secara singkat, padat dan jelas menggunakan kain atau sejenisnya untuk dibentangkan diantara dua tiang di tempat yang ramai dikunjungi orang.
Brosur
Brosur merupakan jenis reklame yang dibuat pada selembar kertas dan dibuat semenarik mungkin serta mengandung informasi yang jelas dan terperinci.
berbeda dengan poster, brosur ini disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung dari tangan ke tangan agar dapat dibaca dan dipahami oleh calon konsumen.
Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang umumnya ditempatkan secara langsung pada kemasan sebua produk, embalase ini dibuat dengan tujuan sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
Kalender
Kalender merupakan pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik.
Kalender dalam bentuk media cetak ini dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan informasi yang dikombinasikan dengan tulisan dan gambar yang menarik sebagai reklame visual.
Leaflet
Leaflet adalah jenis reklame berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, Leaflet ini berisi informasi lengkap serta terperinci.
Penyampaiannya pun dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang ramai dikunjungi orang serta mudah untuk diambil orang-orang, bisa juga disebarkan luaskan atau diberikan langsung dari tangan-ke tangan kepada konsumen atau target pasar.
Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Reklame mulai dari definisi singkat, ciri-ciri reklame fungsi hingga jenis-jenis reklame. Semoga bermanfaat.